Minggu, 20 Mei 2012

1 Akun Facebook senilai Rp 800 ribu


1 Akun Facebook senilai Rp 800 ribu
1 Akun Facebook senilai Rp 800 ribu
ilustrasi Facebook Shakira. merdeka.com/www.jeffbullas.com
 
17
Reporter: Idris Rusadi Putra
Proses penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) Facebook telah memenuhi harapan melahirkan jutawan. Tapi hanya pada diri Mark Zuckerberg sebagai orang terkaya di Amerika dalam bisnis informasi dan isi pemikiran manusia melalui server perusahaan.
Facebook kini telah resmi diperdagangkan di NASDAQ. Dari perdagangan kemarin, kini bisa dihitung nilai dari 900 juta akun pengguna Facebook yang berpotensi menjadi iklan. 
Salah seorang staff Forbes, Andy Greenberg menghitung, setiap akun Facebook rata-rata bernilai USD 91. Jika dihitung dengan kurs Rupiah, maka 1 akun Facebook setara senilai Rp 837.200. Nilai tersebut didasarkan atas potensi iklan yang ada di setiap akun Facebook.
"Bisnis periklanan seluruh Facebook bernilai USD 82,3 miliar. Jika dibagi sekitar 900 juta pengguna aktif, saya menghitung bahwa setiap nilai iklan dalam satu akun USD 91,44," ujar Andy Greenberg seperti dikutip dari Forbes, Sabtu (19/5).
Dia menuturkan, senator Al Franken mengingatkan bahwa layanan online seperti Google atau Facebook tidak terlalu peduli dan menghormati privasi pengguna. "Anda bukan klien mereka," katanya. "Anda adalah produk mereka," tambahnya.
Sebelumnya, setelah membuat sensasi pada pembukaan debutnya di lantai bursa, saham media jejaring sosial Facebook ditutup hanya menguat tipis.
Hingga penutupan Wall Street, Jumat (18/5) waktu setempat, saham Facebook finish di posisi USD 38,23 atau naik USD 0,23 atau 0,61 persen dari posisi harga penawaran USD 38.
Saham Facebook sendiri mulai diperdagangkan USD 42,05. Bahkan, 30 detik setelah resmi di rilis, 100 juta lembar saham Facebook diburu investor. Bahkan, saham Facebook sempat menyentuh level USD 45 setelah 10 menit diperdagangkan. 
Harga saham perusahaan milik Mark Zuckerberg sempat melonjak hingga 13 persen. Namun berangsur-angsur normal setelah dua jam dibuka. Situs jejaring sosial terpopuler di dunia ini berencana menjual lebih dari 421 juta lembar saham. IPO perusahaan jaringan sosial terbesar ini menargetkan untung USD 16 miliar.

[oer]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar