Senin, 05 Maret 2012

AGENDA BUDAYA JAWA TENGAH TAHUN 2012

SEPUR KLUTHUK JALADARA SOLO


Sepur Kluthuk Jaladara merupakan rangkaian lokomotif uap kuno dengan dua gerbong wisata. Lokomotifnya di buat oleh Maschinenbau Chemitz Jerman pada tahun 1896, sedangkan gerbongnya dibuat dengan bahan baku utama kayu jati pada tahun 1906. Kereta ini di bawa ke Solo pada tanggal 10 September 2009 setelah sebelumnya di ujicoba di Ambarawa. Sepur Kluthuk Jaladara mulai beroperasi pada tanggal 27 September 2009 setelah dioperasikan oleh Menhub.

KEGITAN BULAN MARET 2012 TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH DI SURAKARTA

9 Maret 2012; pkl. 19.00 wib – selesai di Teater Arena
PANGGUNG SASTRA INDONESIA JOGLO 12
‘Tahun-tahun Penjara’
Pembicara: Dewi Candraningrum (Solo) dan Nusya Kuswantin (Yogya)
Moderator: Indah Darmastuti (Surakarta)

Cerpenis: Anna Seleska APH (Solo), Edy Arif Tirtana (Jepara), Eko Triono (Cilacap), Febrie Hastiyanto (Slawi), Issatul Hani’ah (Demak), Kartika Catur Pelita (Jepara), Khoirul Maftuhah (Demak), M. Rifan Fajrin (Ambarawa), Naelur Rohmah (Demak), Ni Putu Dewi Kharisma Michellia (Yogya), Niken Kinanti (Pati), Nur Hadi (Jepara), Ramayda Akmal (Sleman), dan Sulung Pamanggih (Pemalang).

12-17 Maret 2012; pkl.: 08.30 wib - selesai
Galeri Seni Rupa, Pameran Seni Rupa
Keluarga Seni Murni 2007 ISI Solo

17 Maret 2012; pkl. 20.00 wib
Teater Arena
Pergelaran Teater Modern
‘Sumilir Angin ning Sak Pinggiring Kreteg’
Karya: Sri Sunarsih - sutradara: Didik Pandji
Kelompok Teater DONG SMA N 7 Surakarta

20 Maret 2012; pkl. 20.00 wib, Pendhapa Ageng
LESEHAN KERONCONG ASLI
Kegiatan rutin yang diselenggarakan pada tiap hari Selasa ke-3 di setiap bulannya, dengan menampilkan 2 kelompok dengan format pentas ‘bareng’ di satu pergelaran ini merupakan kegiatan yang digagas pada tahun 2005 dan hingga sekarang format ini masih dibertahankan oaleh Taman Budaya Jawa Tengah. Dan program ini sejalan dengan kebijakan pembinaan seni musik tradisional dalam hal ini Musik Keroncong Asli. Di selenggarakan di Pendhapa Ageng TBJT dengan penonton masyarakat umum.

Untuk format tampilan kelompok, secara umum masih seperti pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu setiap kelompok dipersilahkan:
— Untuk meluruskan pola pembinaan musik tradisi utamanya keroncong, dimohon untuk personal setiap kelompok yang tampil diisi oleh pemain dari daerah masing-masing.
— Untuk membawakan 8 lagu (masing-masing kelompok). (mohon judul lagu dan pengarang diisi dengan jelas)
— Untuk membawakan minimal 1 lagu baru karya kelompok dan atau karya orang lain yang belum pernah dipublikasikan dalam bentuk rekaman, serta membawakan jenis-jenis lagu keroncong seperti tercantum dalam daftar.
— Menyiapkan 1 lagu garapan Instrumentalia sebagai pembukaan, dan 1 (satu) lagu wajib sebagai penutupan ‘Rayuan Pulau Kelapa’ yang akan dinyanyikan secara bersamaan kedua kelompok --baik pemusik maupun penyanyi--.
— Pemandu acara/MC, dipersiapkan oleh penyelenggara dalam hal ini TBJT.

untuk bulan Maret tahun 2012 ini akan tampil dua kelompok seperti pada pergelaran biasanya, yaitu:
OK Adi Unggul Bhirawa Nada (AUB) Surakarta
pimp.: Dr. Anwar Hamdani SH., SE, MM., M.Hum
dan
OK Puspita Rama Pati
pimp.: Cuk Sudiyono, SH., dan Ady Sungkowo

21 Maret 2012; pkl.: 19.30 wib - selesai, Teater Arena
Pergelaran Teater Modern
'Garuklah Didadaku'
Kelompok Paroden Boasah dari Surakarta

22 Maret 2012; pkl.: 20.00 wib - selesai
Teater Arena
PANGGUNG SASTRA INDONESIA PENDHAPA 13
‘Dongeng tentang Batu’
Pembicara: Raudal Tanjung Banua (Yogya) dan Tjahjono Widijanto (Ngawi)
Moderator: Bandung Mawardi (Karanganyar)
Penyair: Alfiyan Harfi (Majenang), Asyari Muhammad (Jepara), Bahrul Ulum A. Malik (Kendal), Budiawan Dwi Santoso (Sukoharjo), Deska Setia Perdana (Pati), Gendut Pujiyanto (Solo), Habib A. Abdullah (Ungaran), Ilham Akbar (Cilacap), J. Btara Kawi (Cilacap), Khanif Ramadlani (Batang), Purnawan Andra (Magelang), Syaiful Mustaqim (Jepara), Widyanuari Eko Putra (Semarang), dan Yudhie Dusone Yarcho (Rembang).

23 – 25 Maret 2012; pkl.: 09.00 – selesai
Workshop Seni Teater

23 – 29 Maret 2012; pkl.: 09.00 – selesai
Galeri Seni Rupa
Pameran Seni Rupa
'Sillaturrahmi di Solo'
Kelompok Solo - Jakarta

24 Maret 2012; pkl.: 20.00 wib
Teater Arena
Pergelaran Teater Modern
‘The Tahta’ Karya/sutradara: Dukut Wahyu Nugroho
Kelompok teater Nglilir SMAN 1 Karanganyar

27-28 Maret 2012; pkl.: 08.30 wib - selesai
Di Wisma Seni
Temu Tenaga Teknis Kebudayaan

27 Maret 2012; pkl.: 20.00 wib
Teater Arena, ‘Solilokui Manusia 90 oC’
Karya/sutradara: Bersama
Kelompok Teater ESKA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Presiden SBY Kunjungi Museum Sangiran


Tanggal 16/2/2012, Presiden SBY datang berkunjung ke Museum Sangiran di Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen. Pada kunjungan itu, Presiden SBY disambut oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh, dan langsung menuju ruang seminar untuk mendengar paparan dari Mendikbud tentang rencana-rencana pengembangan museum Sangiran. Presiden SBY mengatakan kalau seluruh bangsa Indonesia pantas bangga, karena memiliki Sangiran yang telah menjadi bagian dari peradaban dunia sejak jutaan tahun yang lalu. Ada temuan-temuan yang menunjukkan Sangiran pernah menjadi pusat peradaban manusia di masa lampau. Melihat itu, Presiden mengajak anak muda untuk berwisata dan belajar dari museum.
"Mari kita ajak anak-anak kita dari semua tempat untuk berkunjung ke Sangiran ini. Kita ajak anak-anak untuk berwisata di museum yang nyaman dan apik ini. Lebih dari itu adalah mengajak anak-anak itu mengenali dan mempelajari peradaban nenek-moyang kita sendiri sejak jutaan tahun yang lalu," ujar Presiden SBY.  Sementara dalam paparannya, Mendikbud M Nuh menjelaskan Sangiran akan segera dilengkapi dengan tiga klaster untuk pendukung klaster utama di Krikilan. Tiga klaster baru itu berada di Desa Ngebung, Desa Bukuran, dan di Desa Dayu. Seluruh klaster baru tersebut masih berada di dalam areal situs daerah cagar budaya sangiran yang memiliki luas 56 km persegi.  Tiga situs yang akan dibangun akan mempunyai fungsi dan peran masing-masing dalam menjelaskan mengenai Sangiran sebagai pusat evolusi manusia purba, hewan purba, hingga perkembangan peradaban manusia dari dua juta tahun hingga 0,4 juta tahun lalu, dari temuan-temuan perkakas manusia purba yang ditemukan di situs Sangiran.  Atas paparan tersebut, Presiden SBY memberikan dukungan penuh. Bahkan dia berpesan khusus kepada Mendikbud agar tidak tanggung-tanggung dalam membangun fasilitas maupun upaya pengembangan lainnya di Sangiran, mengingat anggaran yang diberikan APBN untuk Kementrian tersebut juga semakin besar.  "Kita harus mampu menjawab misteri besar tentang evolusi. Kita juga harus mampu membuat peta besar dunia dari sini dengan mampu menjelaskan keterkaitan temuan-temuan disini dengan yang ada di tempat-tempat lain di dunia. Dan yang penting lagi adalah kita harus mampu menunjukkan ke mata dunia bahwa kita juga telah mempunyai peradaban sejak jutaan tahun lalu," ujar Presiden.



Ikuti Matta Fair & ITB Asia

Diberitahukan kepada seluruh Pelaku Usaha Pariwisata se Jateng (Hotel, BPW dan Daya Tarik Wisata/Obyek Wisata) bahwa Dinbudpar Prov. Jateng akan berpartisipasi pada kegiatan. Promosi Luar Negeri di event MATTA Fair pd tgl. 7 - 9 September 2012 di PWTC Kuala Lumpur Malaysia dan event ITB Asia pd tgl. 3 - 5 Oktober 2012 bertempat di Suntec Singapura, bergabung dlm booth Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI. Sehubungan dengan hal tsb, apabila Sdr berminat berpartisipasi pd event tsb dpt mengisi formulir keikutsertaan di Bid. Pemasaran Dinbudpar Prov. Jateng Cq. Seksi Promosi pd kesempatan pertama. Mengingat alokasi table dlm booth Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif sangat terbatas, pendaftaran diprioritaskan berdasarkan first come first served. Unt informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Suci Baskoro Wati, SS,M.Bus dan Haryadi di no telp. 024-3546001 Pesawat 118 dan no. fax 024-3557119.

DIALOG DALAM RANGKA MENDUKUNG PEREKONOMIAN JAWA TENGAH


Menurut rencana pada tanggal 27  Pebruari  2012 bertempat di Wisma Perdamaian Semarang akan diselenggarakan Dialog dengan Dunia Usaha dalam rangka mendukung perekonomian Jawa Tengah, sebagai narasumber adalah Bapak Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Bpk Dr. Sapta Nirwandar) diharapkan hasil dialog tersebut bisa menggugah dunia usaha di Jawa Tengah dalam mendukung penyelenggaraan Visit Jateng 2013.

Kapal Pesiar MS. Columbus berlabuh di Semarang

Kapal Pesiar MS. Collumbus berbendara Negara Bahamas sandar di Palabuhan Tanjanung Emas Semarang pada hari Senin, 13 Pebruari 2012 pada pukul 06.45 Wib. Kapal tersebut datang dari Benoa Bali dengan membawa penumpang sebanyak 286 orang dengan rincian sebagai berikut : 7 orang warga Negara Austria, 17 Orang Warga Negara Switzerland, 259 orang warga negara Germany, 1 orang warga Negara Indonesia, 2 orang warga negara Netherland. dari 286 wisatawan tersebut, 128 orang melakukan wisata di Borobodur, 31 orang ke Museum Kereta Api Ambarawa, 78 orang mengadakan City Tour di Kota Semarang, sedangkan 49 orang melakukan perjalanan sendiri ke Simpang Lima Semarang.

DIALOG INTERAKTIF BIDANG SEJARAH DAN PURBAKALA DI TVRI JAWA TENGAH


Bidang Kesejarahan dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan Dialog Interaktif tentang " Potensi Obyek Wisata Sejarah Jawa Tengah " di Studio TVRI Jawa Tengah pada hari Rabu tanggal 15 Pebruari 2012 pukul 16.00-17.00. Acara yang akan disisarkan secara langsung ini menghadirkan nara sumber Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Prof. Ir. Eko Budiharjo. M.Sc, dan Dr. Hj Rina Iriani Sri Ratnaningsih, M.Pd. akan hadir dalam dialaog tersebut para mahasiswa, pemandu wisata, duta wisata, organisasi pemuda, budayawan, sejarawan, dan perwakilan Dinbudpar se Jawa Tengah.

Kapal Pesiar MS. Seabourn Legend berlabuh di Semarang

Kapal Pesiar MS. Seabourn Legend berbendera Negara Bahamas sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari Kamis, 09 Pebrauri 2012 pada pukul 07.15 wib, kapal tersebut datang dari Singapura dengan membawa penumpang sebanyak 220 orang dan crew 170 orang, selama berada di Semarang sebanyak 117 wisatawan mengunjungi Borobudur dan 12  orang wisatawan mengunjungi kota Semarang sekitarnya sedangkan sebanyak 91 orang melakukan perjalanan sendiri ke simpang lima Semarang menggunakan sutle bus, dengan kedatangan kapal pesiar ini diharaanpkan akan membawa dampak positip saat penyelenggaraan visit Jawa Tengah 2013.

RENCANA KEDATANGAN CRUISE SHIP DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG

PEBRUARI 2012
NO.    TANGGAL                    NAMA KAPAL      PERUSAHAAN          CAPACITY
1.    10 Pebruari  2012           Seabourn  Spirit  Seabourn Cruise            212
2.    13 Pebruari 2012            Columbus           Hapag Lioyd Cruise        410
3    23 Pebruari 2012             Crystel Serenity   Cristal Cruise               1.080
4.    29 Pebruari  2012           Discovery            Voyages  of Discovery    710
MARET 2012
NO.    TANGGAL                    NAMA KAPAL      PERUSAHAAN          CAPACITY
1.    3 Maret 2012                 Silver Shadow      Silversea Cruise             388
2.    10 Maret 2012               Seven Seas VoyagerRegent Seven Seas    690
APRIL 2012
NO.    TANGGAL                    NAMA KAPAL      PERUSAHAAN           CAPACITY
1.    9 April 2012                   Azamara Quest    Azamara Club Cruise       716
2.    11 April 2012                  L’Austral                                              264
AGUSTUS 2012
NO.    TANGGAL                    NAMA KAPAL      PERUSAHAAN           CAPACITY
1.    12 Agustus 2012            Pasific Sun                                          1.486
SEPTEMBER 2012
NO,    TANGGAL                   NAMA KAPAL       PERUSAHAAN           CAPACITY
1.    15 September  2012      Pasific  Sun                                          1.486
OKTOBER 2012
NO.    TANGGAL                   NAMA KAPAL        PERUSAHAAN           CAPACITY
1.    29 Oktober 2012           Amsterdam           Holland America Line   1.440
2.    30/31 Oktober 2012       Orion II                                                 100
NOPEMBER 2012
NO.    TANGGAL                    NAMA KAPAL        PERUSAHAAN           CAPACITY
1.    24 Nopember      2012    Costa Neo Romantica                            1.578
DESEMBER 2012
NO.    TANGGAL                    NAMA KAPAL        PERUSAHAAN           CAPACITY
1.    14 Desember 2012          Seabourn Odyssey                                 450
2.    17 Desember 2012          Seven Seas Voyager                              690

GEBYAG CAH ANGON KABUPATEN KEBUMEN

Warga secara beramai-ramai mengarak binatang ternak mereka dan dikumpulkan  di pinggir pantai. Prosesi ini dilaksanakan tiap 12 Maulud, tahun ini jatuh pada tanggal 5 Pebruari 2012 dilaksanakan didesa Entak Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen, Puncak acara berupa pembakaran kandang bambu sebagai symbol menghilangkan sengkala. Acara lain dari kegiatan Cah angon adalah Tradisi Entak-Entik atau biasa disebut dengan Sangon Pesisiran  Entak inilah akhirnya menjadi nama sebuah Desa yaitu Desa Entak.

MONUMENT BAMBANG SUGENG KAB. TEMANGGUNG

Disebelah timur Terminal Bus Kota Temanggung terdapat sebuah bukit kecil. Disitulah berdiri tegak monument Bambang Sugeng, siapakah Bambang Sugeng ? Beliau adalah prajurit TNI, dengan pangkat terakhir mayor jendral, pernah ditugaskan di Temanggung memimpin pasukannya saat Agresi Militer I (1947) dan Agresi Militer II (1948). Ada sebait puisi yang ditulis Bambang Sugeng, dan hingga sekarang masih dapat disaksikan para pengunjung Di Monumen tersebut:” Aku rela, aku tak kecewa, gugur demi nusa bangsa”. Di monument ini terdapat pula batu prasasti yang ditulis tentara Jepang dengan tulisan huruf kanji berbunyi “Wampo Daiwa Daigetzu”, yang berarti “ seluruh dunia sekeluarga”.

WANA WISATA PENGGARON UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Kawasan Wana Wisata Penggaron yang menurut rencana akan dijadikan Taman Safari Jawa Tengah seluas 20 Ha, Terletak di wilayah administratif Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten semarang, sekitar 2 km arah Kota Ungaran atau sekitar 18 km arah Selatan Kota Semarang. Masyarakat sekitar Semarang biasa memanfaatkan Wana Wisata Penggaron ini untuk berbagai aktivitas. Mulai dari olah raga, jungle tracking, outbound training, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, hingga penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuan lainnya.

GEGER MENJANGAN KABUPATEN PURWOREJO


Geger Menjangan merupakan kawasan wisata alam, obyek utama yang banyak dinimkati pengunjung adalah keindahan Kota Purworejo dan Pantai Selatan dipandang dari ketinggian puncak bukit. Selain itu, kawasan Geger Menjangan masih menawarkan beberapa obyek rekreasi lainnya, yaitu taman permainan anak, kolam renang dan taman pemancingan. Suguhan yang lebih dikhususkan untuk kawula muda adalah arena minicross, dengan kontur tanah yang sangat menantang dan panjat tebing berketinggian 15 meter. Lokasi taman wisata Geger Menjangan terletak di timur laut Kota Purworejo. Masuk dalam wilayah Kelurahan Baledono Kabupaten Purworejo.

OBYEK WISATA KEDUNG PENGILON KAB. KENDAL


Kedung Pengilon yang berlokasi di Dusun Mijil Desa Jatirejo Kecamatan Ngampel Kab.Kendal. Dilokasi Kedung Pengilon ini terdapat air terjun kecil dengan ketinggian + 15 m, pada saat ini luas kedung sekitar  + 100 m². Untuk menuju lokasi Kedung Pengilon dapat melewati Bendung Kali Aji yang merupakan hulu sungai Blorong yang membelah  dua kecamatan Brangsong dan Kecamatan ngampel yang terhubung dengan sebuah jembatan tua peninggalan Belanda, dari lokasi tersebut kita bisa melihat ke arah utara, bentangan/hamparan sawah, terlebih pada malam hari, kilauan cahaya kota Kendal bisa terlihat.

DESA WISATA LEMBAH ASRI KAB. PURBALINGGA


Desa Wisata Lembah Asri merupakan sebagian kawasan yang memiliki karakter pegunungan dengan iklim yang sejuk, kawasan ini lebih dikenal dengan Agrowisata Serang
Didesa ini juga mempunyai ciri khas yang mampu memberikan citra keaslian, keunikan dan kenyamanan bagi para wisatawan karena dapat membeli dengan cara memetik langsung dari kebun. Desa Wisata Lembah Asri berada di lereng sebelah timur gunung Slamet tepatnya di Desa Serang Kecamatan Karangreja yang berjarak ± 25 Km dari pusat kota Purbalingga. Anda penasaran bawalah keluarga anda untuk berkunjung kedesa lembah asri

PANTAI JATIMALANAG PURWOREJO


Obyek pariwisata ini terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi yang berjarak +18 Km dari pusat Kota Purworejo. Obyek wisata Pantai Jatimalang merupakan obyek wisata alam dengan perpaduan antara hamparan rawa/ tambak dan keindahan Pantai Laut Selatan.
Menurut searah, pantai ini pada tahun 1942 pernah dijadikan sebagai tempat pendaratan kapal yang mengangkut tentara Jepang. Hal ini dapat dimungkinkan karena disamping daerahnya sepi, Pantai Jatimalang sangat mudah dijangkau dan tidak begitu jauh dari pemukiman.
Obyek wisata ini telah dilengkapi beberapa sarana prasarana seperti jalan hotmix sampai tepi pantai, bangunan gasebo, hiburan café, dan karaoke.

DESA WISATA KETENGER BATURADEN

Desa Ketenger Kecamatan Baturraden adalah desa wisata yang berfungsi sebagai penyangga utama obyek wisata Baturraden. Dengan potensi alamnya yang benar-benar diandalkan sebagai potensi wisata, seperti Curug Gede, Curug Kembar, Curug Kabayan. Di samping itu masih ada Rumah Putih, Jalan Kereta Tebu (Jawa: LORI), dan Wisata Pendidikan.
Dengan kesejukan alamnya dan pengairan yang baik, dua hal ini yang oleh masyarakat Desa Wisata Ketenger dimanfaatkan untuk menanam bunga potong dan kolam pancingan, sehingga itu semua bisa menambah daya tarik bagi wisatawan. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Ketenger dapat menikmati indahnya suasana malam hari dengan hiburan kesenian seperti Calung, Ebeg, Band/Orkes Melayu ataupun Genjring.

Borobudur


Candi Borobudur memiliki struktur dasar punden berundak, dengan enam pelataran berbentuk bujur sangkar, tiga pelataran berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya.

KEGIATAN TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH, JL. IR.SUTAMI SOLO


1. Pergelaran Lesehan Keroncong Asli pada tanggal 15 Nopember 2011 pukul 20.00wib di Pendhopo Agung

TAMAN BALEKAMBANG SURAKARTA


Taman yang terletak di Jl. Ahmad Yani ini dulu bernama Partinah Bosch, dibangun oleh kerabat Mangkunegara. Kemudian dinamakan Balekambang karena di taman tersebut terdapat sebuah kolam ikan dan kolam renang yang di tengahnya terdapat rumah istirahat yang nyaman, dikelilingi kebun bunga yang sangat indah.

PURO MANGKUNEGARAN


Puro Mangkunagaran dibangun pada tahun 1757, dua tahun setelah dilaksanakan Perundingan Gijanti yang isinya membagi pemerintahan Jawa menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kesunanan Surakarta.

KAMPUNG BATIK SEMARANG

Lokasi Kampung Batik Semarang tidak jauh dari Bundaran Bubakan, Semarang Tengah. Bagi yang belum tahu Bundaran Bubakan, bundaran ini cukup dekat dari pusat kota Semarang.

TAHURA NGARGOYOSO KARANGANYAR

Tahura Ngargoyoso berada di kaki Gunung Lawu dengan ketinggian ± 1.200 m dpl dan memiliki keanekaragaman flora dan fauna baik yang dilindungi Undang-undang maupun tidak dilindungi Undang-undang. Keanekaragaman flora dan fauna Tahura Ngargoyoso dapat dikembangkan sebagai media pendidikan maupun penelitian.

SUNAN BONANG

Sunan Bonang dilahirkan pada tahun 1465, dengan nama Raden Maulana Makdum Ibrahim. Dia adalah putra Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila. Sunan Bonang wafat pada tahun 1525 M.

SUNAN KUDUS

Ja'far Sodiq, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Kudus, adalah putera dari Raden Usman Haji yang bergelar dengan sebutan Sunan Ngudung di Jipang Panolan. Semasa hidupnya Sunan Kudus mengajarkan agama Islam disekitar daerah Kudus khususnya dan di Jawa Tengah pesisir utara pada umumnya. Beliau seorang tokoh Wali Songo yang merupakan ulama, guru besar agama yang telah mengajar serta menyiarkan agama Islam di daerah Kudus dan sekitarnya.

SUNAN KALIJOGO KABUPATEN DEMAK


Sunan Kalijogo merupakan seorang tokoh Wali Songo yang sangat lekat dengan Muslim di Pulau Jawa, kemampuannya memasukkan pengaruh Islam ke dalam tradisi Jawa. Makamnya berada di Kadilangu, Kab.Demak, Sekitar 1.5 Km jaraknya dari Masjid Agung Demak kearah Tenggara.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar