Jumat, 04 Mei 2012

Waspadai AI, BKP Periksa Unggas di Sejumlah Pasar di Brebes


04 Mei 2012 | 12:34 wib
Waspadai AI, BKP Periksa Unggas di Sejumlah Pasar di Brebes
 0
 
  4

BREBES, suaramerdeka.com - Balai Karantina Pertanian (BKP) Semarang, Jumat (4/5), menerjunkan timnya ke Kabupaten Brebes. Mereka melakukan pemeriksaan puluhan ternak unggas yang diperjualbelikan di sejumlah pasar tradisional di Kota Bawang tersebut. Petugas juga mengambil sempel kotoran ternak untuk diperiksa di laboratorium.
Langkah itu dilakukan BKP Semarang sebagai upaya mewaspadai penyebaran flu burung atau avian influenza (AI) di wilayah Jawa Tengah. Mengingat, awal tahun ini di Brebes sempat ditemukan sejumlah ayam mati mendadak. Bahkan, dari hasil pemeriksaan ditemukan ternak yang positif terjangkit virus tersebut.
Petugas BKP Semarang, drh Wiwit Setiyowati menjelaskan, pemeriksaan dan pengambilan sempel ternak unggas itu, selain pencegahan rutin terhadap penyebaran virus flu burung, juga dalam upaya menyongsong program Jateng bebas flu burung.
Di wilayah Brebes, sedikitnya empat kecamatan yang menjadi sasaran pemeriksaan dan pengambilan sempel tersebut. Yakni, Kecamatan Brebes, Jatibarang, Wanasari dan Songgom. Lokasinya adalah ternak unggas di pasar tradisional. "Ada 71 sempel yang kami ambil dari empat kecamatan itu. Selain Brebes, kami juga melakukan kegiatan yang sama di kabupaten/ kota lainnya," terang dia.
Menurut dia, empat kecamatan itu dipilih menjadi sasaran dinilai sebagai titik paling rawan terhadap penyebaran virus flu burung. Acuan itu didapat dari Dinas Peternakan Pemkab Brebes. Di keempat kecamatan itu selama ini sering ditemukan kasus flu burung. Di samping itu, populasinya juga dinilai bisa mewakili satu wilayah kabupaten karena jumlahnya cukup besar.
"Tahun 2011 lalu, kami juga mengambil sempel di Brebes. Hasilnya, tidak ditemukan ternak yang terjangkit flu burung. Artinya, sejauh ini Brebes aman dari flu burung. Namun, kewaspadaan tetap dilakukan," ungkapnya.
( Bayu Setiawan / CN31 / JBSM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar