Sabtu, 19 Mei 2012

Tim Rusia Punya 3 Hari Cari Flight Data Recorder Sukhoi


Tim Rusia Punya 3 Hari Cari Flight Data Recorder Sukhoi

19 May 2012 00:05
Newswire
Ilustrasi/Antara
BOGOR:  Tim SAR Rusia diberi batas waktu selama tiga hari untuk menyelesaikan tugasnya mencari Flight Data Recorder pesawat Sukhoi Superjet 100 yang mengalami kecelakaan di Gunung Salak, Bogor.
“Tim Rusia kita berikan batas waktu sampai tiga hari dari sekarang untuk menyelesaikan misi mereka mencari FDR. Kita akan kawal mereka hingga semua operasi selesai,” kata Komandan Korem 061/Suryakancana Kol Inf AM Putranto di Posko Evakuasi Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jabar, Jumat (18/5).
Dia mengatakan saat ini 10 orang anggota tim SAR (search and rescue) Rusia masih berada di Gunung Salak. Mereka naik ke gunung Jumat tadi sekitar pukul 06.00 WIB melalui jalur udara.
Tim SAR Rusia dikawal enam orang anggota dari Kopasus, Paskas dan TNI Polri.
“Selama mereka di sini mereka akan terus dikawal. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga mereka harus dalam pengawasan kami.”
Danrem menambahkan saat ini ke-16 orang anggota SAR Rusia dan Indonesia berada di lokasi jatuhnya pesawat. Namun, karena kondisi hujan sekitar pukul 14.30 WIB anggota diinstruksikan untuk menghentikan perjalanan dan beristirahat di sekitar helipad di puncak Gunung Salak.
Sementara satu heli Rusia jenis Bolco dan Superpuma masih disiagakan di sekitar lokasi helipad untuk menjemput kedua tim saat misi selesai.
Setelah operasi SAR gabungan secara resmi ditutup, di lokasi posko masih terdapat aktivitas anggota SAR baik dari Indonesia maupun Rusia.
Operasi SAR masih akan dilanjutkan oleh kewilayahan yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 061/Suryakancana.
Hingga hari ke-10 sebanyak 45 orang tim SAR masih disiagakan di lokasi jatuhnya pesawat. Tim akan ditarik bila SAR Rusia menyelesaikan misinya. (Antara/hl)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar