Sabtu, 05 Mei 2012

Motor Berbahan Bakar Urine Juara Dunia

Suara Merdeka

05 Mei 2012
Motor Berbahan Bakar Urine Juara Dunia
 0
 
  0
MALANG - Bermodalkan sinar matahari dan urine, dua siswa  SMU 10 Kota Malang berkibar di kancah internasional. Mereka berhasil menorehkan prestasinya dalam International Young Inventors Project Olympiade (YIPO) di Georgia, 27-29 April 2012. 

Keduanya berhasil menyisihkan 137 peserta dari seluruh dunia. Karya Nanda Novia Hari Saputra dan Nurul Inayah itu berupa photo electro system yang memanfaatkan sumber tenaga matahari dan urine yang diubah menjadi tenaga yang bisa menggerakkan motor sejauh 17 km dengan kecepatan 60 km/jam.

”Berbekal pengalaman pesingnya bau air kencing akibat buruknya sanitasi di asrama, saya berpikir bagaimana memanfaatkan urine menjadi sesuatu yang berguna” kata Nanda. 

Khusus untuk urine, Nurul menambahkan, tidak sembarangan urine yang bisa digunakan karena ada beberapa kriteria. 
”Warnanya yang tidak terlalu bening dan tidak terlalu pekat. Kalau terlalu kuning itu menunjukkan kandungan kadar gulanya lebih besar. Hal itu bisa menghambat proses elektrosis” katanya.
Hasil temuan itu sudah diujicobakan pada mobil remote control (mainan).  Dia berharap dukungan pemerintah untuk mengaplikasikan temuan tersebut pada mobil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar