Kamis, 10 Mei 2012

Mobil Tanpa Sopir Google Dapat Izin Jalan


foto
Mobil tanpa supir milik Google. REUTERS/Nevada Department of Motor Vehicles

Mobil Tanpa Sopir Google Dapat Izin Jalan

TEMPO.CO Nevada: Setelah melewati ujian berkendara 140.000 atau 225.297 kilometer mobil tanpa sopir milik Google akhirnya dinyatakan laik jalan. Adalah negara bagian Nevada, Amerika Serikat, yang mengizinkan mobil ini beredar di jalan-jalan raya. Departemen Kendaraan Bermotor (DMV) Nevada telah mengeluarkan lisensi ini Senin 7 Mei 2012. Tapi, syaratnya: ada dua orang di dalamnya: satu duduk pada bangku sopir dan lainnya di kursi penumpang.

Menggunakan perangkat lunak mengemudi cerdas, sensor jarak, dan data GPS (Gobal Positioning System), Google terbukti berhasil menciptakan mobil tanpa sopir. Dengan ketiga perangkat itu, Google bisa memindahkan mobil dari satu tempat ke tempat lain tanpa penyetir. Dari uji sejauh 225 ribu kilometer, mobil ini hanya menabrak sekali, yakni menubruk dari belakang sebuah mobil saat lampu merah.

"Pengujian mobil tanpa sopir ini masih berjalan," kata juru bicara DMV, Tom Jacobs, Selasa, 8 Mei 2012. Nevada sendiri telah mengubah peraturan mereka mengenai mobil tanpa sopir ini pada Maret yang lalu. Dalam jangka panjang, akan dikeluarkan surat izin kepada masyarakat untuk menggunakan mobil serupa.

Kata Jacobs, sistem mobil ini sudah berfungsi di bagian pedal gas, rem, dan kemudi. Meski bisa berjalan tanpa sentuhan sopir, mobil Google juga dapat beralih ke sistem manual. Caranya, injak pedal rem atau memutar setir. Teknologi manual ini untuk mengantisipasi bila sistem otomatis gagal berjalan dengan mulus.

Mobil Google yang beredar di Nevada ini memakai mobil berbahan bakar hibrida, bensin dan listrik. Mobil hibrida ini memakai jenis  Toyota Prius. Di atas mobil dipasang sensor dan kamera. Mobil ini memiliki ciri tersendiri: berwarna merah dan tergambar simbol tak terhingga. "Simbol infinity itu menunjukkan kalau mobil ini merupakan kendaraan masa depan," kata direktur DMV, Bruce Breslow.

Sejauh ini, kemampuan perjalanan mobil Google tanpa sopir telah diuji oleh pejabat DMV. Selain itu, Gubernur Nevada Brian Sandoval juga sudah menumpang mobil Google dari Kota Carson sampai Washoe Valley, sejauh 38 kilometer.

TIME TECHLAND | CORNILA DESYAN
A

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar