Kamis, 17 Mei 2012

Liburan, Jalur Pantura Brebes Merayap


17 Mei 2012 | 16:34 wib
Polisi Terapkan Pola 3-1
Liburan, Jalur Pantura Brebes Merayap
 0
 
  1

BREBES, suaramerdeka.com - 
Liburan hari besar Kenaikan Isa Almasih dan cuti bersama, menyebabkan volume kendaraan di jalur pantura Kota Brebes meningkat tajam. Akibatnya, arus lalu lintas di jalur pintu masuk wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu padat merayap. Antrean kendaraan mengular hingga lebih dari dua kilometer.
Untuk mengantisipasi antrean kendaraan yang lebih parah dan kemacetan, jajaran Satlantas Polres Brebes menerjunkan sejumlah personelnya. Bahkan, petugas juga menerapkan pola 3-1 di sejumlah titik agar lalu lintas lancar.
Pantaua suaramerdeka.com di lapangan, titik atrean kendaraan terjadi sebelum masuk Jembatan Sungai Pemali. Iring-iringan kendaraan yang merayap itu dari arah Jakarta menuju Tegal. Sedangkan arah sebaliknya lebih cenderung lancar. Antrean kendaraan yang didominasi kendaraan pribadi bernomor polisi Jakarta dan Bandung itu mengular dari Jembatan Sungai Pemali hingga Pertigaan Sawojajar, Desa Klampok, Kecamatan Wanasari.
Kondisi itu diperparah dengan rusaknya Jembatan Pemali. Selain aspal mengelupas, plat baja sebagai landasan jembatan banyak yang lepas dan mengangga. Hal itu menyebabkan kendaraan harus melaju pelan. Kerusakan tersebut sudah berulang kali terjadi. Meski sudah diperbaiki, tetapi plat baja kembali rusak akibat las pengikatnya lepas. Keadaan itu dikeluhkan pengguna jalan karena dinilai berbahaya.
"Setahu saya baru seminggu lalu diperbaiki, eh sekarang rusak lagi," keluh Handoko (34), pengendara sepeda motor asal Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Kamis (17/5).
Menurutnya, selain volume kendaraan meningkat karena liburan, penyebab merayapnya arus kendaraan karena Jembatan Pemali rusak lagi. Hal itu membuat kendaraan yang melintas harus pelan, sehingga terjadi antrean panjang. "Antreannya sudah sampai Klampok. Kalau seperti ini terus, kami warga sekitar yang terganggu," sambungnya.
Sementara itu, untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas dari arah Jakarta tersebut, Satlantas Polres Brebes menerapkan pola 3:1 di ruas Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari. Tepatnya, di pusat oleh-oleh Telur Asin. Yakni, 3 lajur untuk kendaraan dari arah barat dan satu lajur untuk kendaraan dari timur. Selain itu, sejumlah traffic light di perempatan Kota Brebes hanya dinyalakan untuk lampu kuningnya.
( Bayu Setiawan / CN27 / JBSM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar