Rabu, 09 Mei 2012

Honda Blade 110R, Ramuan Spesial Buat Hokky


Senin, 07 Mei 2012 16:52 WIB
Modif Honda Blade 110R, 2012 (Magelang)

Honda Blade 110R, Ramuan Spesial Buat Hokky

Perpindahan Hokky Krisdiyanto yang bertahun-tahun balap di jok Yamaha Jupiter Z ke Honda mengharuskan pembalap asal Muntilan, Jawa Tengah ini melakukan adaptasi. Solusinya, ada di Honda Blade milik Honda Tunas Jaya Federal Oil KYT IRC, tempatnya kini bernaung.

"Pembalap yang setting, semuanya disesuaikan dengan kemauan Hokky. Intinya agar lebih mudah adaptasi dari motor lamanya ke Honda Blade," buka Mosik Priyonggo dari Mototech Yogyakarta yang dipercaya menjadi pawang motor berkelir silver merah ini.

Paling pertama yang dilakukan adalah mengganti kaki-kaki dengan milik Jupiter Z. Sokbraker depan dicaplok lengkap dengan segitiga. Cirinya jadi jelas karena sepatbor depan Jupiter Z tetap dipasangkan pada motor ini.
"Komstir juga diubah. Sudut rake-nya lebih tegak tapi komstir di majukan," jelas pria yang akrab disapa Onggo ini. Sedang kaki-kaki belakang, dipercayakan pada swing arm Jupiter Z dan sokbraker YSS serta melakukan racik ulang rangka belakang.

Kabarnya untuk melakukan aksi ini, Honda Tunas Jaya sudah menghabiskan empat rangka sampai benar-benar ketemu riding position yang diinginkan Hokky. "Sekarang cukup segini dulu, nanti kalau mesinnya sudah lebih kencang baru dilakukan perubahan lanjutan," beber Hokky yang finish ke 5 di dua race MP2 OMR Honda Kemayoran bulan April lalu.
Itu urusan kaki-kaki. Sedang untuk mesin, Hokky punya request khusus. "Yang penting cepat melejit tapi atasnya enggak terlalu ketinggalan," bisik Onggo. "Susah gak tuh," canda penggemar celana pendek ini.

Untuk memenuhi kemauan Hokky, Onggo mengatur buka tutup klep Sonic beriameter 27 mm in dan 23 mm ex lewat kem berdurasi 270 derajat. Durasi klep masuk dan buang yang sengaja dibuat sama ini memiliki lift 9,4 mm. Efeknya, akselerasi tetap kuat tapi tidak terlalu kedodoran di putaran atas.
"Untuk OMR Honda di Kemayoran kemarin trek lurusnya tidak terlalu panjang. Penyesuaian hanya dari gear dan setting pengapian saja, intinya agar nafasnya sesuai panjang sirkuit," jelas Onggo yang pakai Federal Oil SAE 10W-30. "Mesin aman tanpa overheat," promonya. (motorplus-online.com)

 Data Modifikasi
CDI: Rextor Pro Drag
Per Klep: HTJ
Piston: Izumi
Knalpot: AHM
Footstep: Fifty Seven
Disk Brake: TDR
Sokbraker Belakang: YSS
 
Penulis : Popo | Teks Editor : KR15 | Foto : Popo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar