Senin, 14 Mei 2012

Hari Ini Kotak Hitam Diangkat dari Dasar Jurang


Hari Ini Kotak Hitam Diangkat dari Dasar Jurang

Stefanus Yugo Hindarto - Okezone
Senin, 14 Mei 2012 05:57 wib wib
ilustrasi (Foto:okezone)
ilustrasi (Foto:okezone)
JAKARTA- Keberadaan kotak hitam (Black Box) pesawat  Sukhoi Superjet 100 yang menabrak tebing Gunung Salak telah diketahui. Rencananya hari ini, Tim evakuasi akan segera mengevakuasi kotak hitam tersebut.

“Tim memang sudah ada di lokasi puing ekor pesawat, karena Black Box biasanya ada di ekor pesawat. Tim sudah ada di sekitar,” kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya Daryatmo kepadaOkezone, Minggu (13/5/2012).

Pernyataan Daryatmo ini sekaligus membantah informasi yang sebelumnya menyatakan Black Box sudah dievakuasi. “Tidak benar itu, tidak ada Black Box, kalau sudah ada pasti diberitahu,” kata Daryatmo

Menurut Daryatmo, kotak hitam tersebut berada di dasar jurang dengan medan yang sangat sulit. "Kemarin kita turun 100 meter, sekarang harus turun 300 meter, mudah-mudahan Senin pagi ini bisa diangkat," katanya.

Lebih lanjut Daryatmo mengatakan, tim gabungan yang terdiri dari KNKT dan tim investigasi Rusia, sudah melihat lokasi Black Box pada hari Minggu (13/5/2012). Sayangnya, evakuasi dihentikan, karena alasan medan yang berat dan lokasi yang tertutup kabut.

Untuk diketahui, Kotak hitam merupakan perangkat yang merekam data penerbangan dan perekam kokpit dalam pesawat terbang. Perangkat ini merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau Air Traffic Controller (ATC). Nama kotak hitam hanyalah istilah, kenyataannya kotak tersebut berwarna oranye. Keberadaan kotak hitam ini akan membantu penyelidikan atas penyebab kecelakaan pesawat.
(ugo)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar