Jumat, 11 Mei 2012

Black Box Jadi Kunci Pembuka Misteri Sukhoi Di Gunung Salak


Black Box Jadi Kunci Pembuka Misteri Sukhoi Di Gunung Salak

( foto:republika.co.id )
Jakarta Area Gunung Salak tidak masuk wilayah rute penerbangan. Biasanya, penerbang yang melakukan joy flight atau latihan dari Halim Perdanakusumah, akan menghindari kawasan itu.
“Pada dasarnya, semua gunung harus dihindari. Ada 2 lokasi kawasan untuk melakukan joy flight, yakni Pelabuhan Ratu dan Bogor Raya,” kata mantan KSAU Marsekal (Purn) Chappy Hakim saat dikonfirmasi, Jumat (11/5/2012).
Chappy menjelaskan, kasus Sukhoi ini menarik karena menimbulkan pertanyaan, mengapa pesawat dibawa ke area itu. Untuk mengetahui alasan pastinya cukup sulit.
“Kenapa ke Gunung Salak, kita enggak tahu. Kita tidak akan tahu apa penyebabnya. apalagi kalau meninggal semua. Hasil penyelidikan yang bisa didapat adalah most probable cause atau yang paling mendekati,” jelasnya.
Apalagi, kondisi Sukhoi ini hancur lebur atau total lost. Yang paling mungkin dengan melihat pada black box pesawat itu. Melalui kotak hitam itu bisa digambarkan apa yang terjadi.
“Bagaimana mendapatkan most probable cause? Itu bisa disimpulkan, terutama dari black box,” jelas Chappy yang sempat melihat-lihat kabin pesawat itu sebelum pesawat melakukan terbang promo dari Halim. (ndr/nrl)
Sumber:detiknews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar