Kamis, 17 Mei 2012

Tim Asuransi Rusia Tinjau Lokasi Sukhoi Hari Ini


foto
Tim penyelamat menyiapkan kantong mayat yang berisi jasad korban jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet-100 di puncak Gunung Salak, Jawa Barat, Selasa (15/5). AP/Jefri Tarigan

Tim Asuransi Rusia Tinjau Lokasi Sukhoi Hari Ini

TEMPO.CO Jakarta: Konsultan Bisnis PT Trimarga Rekatama, Sunaryo, mengatakan tim asuransi Rusia akan meninjau lokasi kecelakaab pesawat Sukhoi Superjet 100. Saat ini sudah tiba di Indonesia tim asuransi Singapura yang ditunjuk Sukhoi.

"Tim asuransi dari Rusia (Sukhoi) akan datang besok pagi (Kamis) dan salah satu personelnya akan melihat lokasi kecelakaan," kata Sunaryo kepada Tempo di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Rabu 16 Mei 2012.

Dia menjelaskan Sukhoi menunjuk pihak asuransi yang bernama Claimair dari singapur. "Pihak Sukhoi (Rusia) datang untuk membicarakan proses asuransi oleh timnya dari Claimair dengan pihak Rusia," ujarnya.

Ganti rugi seperti itu juga diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara. Di dalam salah satu pasalnya, penumpang yang meninggal dunia mendapatkan ganti rugi Rp 1.250.000.000.

Menurut Sunaryo, tim Rusia akan membahas semua permasalahan asuransi, apa saja syarat-syarat klaim, dan peraturan yang dimiliki Indonesia akan disampaikan kepada tim Rusia, karena tim Rusia juga membawa pengacara. "PM No 77 termasuk dalam agenda yang akan dibahas oleh tim asuransi Rusia."

PT Trimarga Rekatama, agen penjualan pesawat Sukhoi Superjet 100, akan membuka pembicaraan dengan Rusia terkait dengan besaran klaim asuransi untuk tiap korban. Sebelumnya pihak Sukhoi menjanjikan asuransi senilai US$ 50 ribu atau setara Rp 450 juta untuk korban meninggal dunia.

"Menurut undang-undang di Indonesia ditetapkan Rp 1,2 miliar untuk korban meninggal dunia. Ini akan kami konfirmasi ke Sukhoi," ujarnya.

Sunaryo menjelaskan pihak Sukhoi akan memberikan ganti rugi kepada setiap keluarga penumpang pesawat nahas tersebut. Klaim asuransi akan dicairkan setelah proses identifikasi selesai.

AFRILIA SURYANIS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar