Selasa, 15 Mei 2012

Ratusan Anggota Polisi di Brebes Jalani Tes Urine


14 Mei 2012 | 16:17 wib
Antisipasi Pemakaian Narkoba
Ratusan Anggota Polisi di Brebes Jalani Tes Urine
 0
 
  5
BREBES, suaramerdeka.com - Ratusan anggota polisi di Jajaran Polres Brebes, Senin (14/5), menjalani tes urine. Pemeriksaan urine secara mendadak itu, dilaksanakan untuk mengantisipasi penyebaran dan pemakaian narkoba di kalangan penegak hukum.
Tes urine yang digelar di halaman Mapolres tersebut diikuti seluruh anggota, termasuk perwira. Bahkan, Kapolres Brebes AKBP Kif Aminanto SIK SH MH, Waka Polres Kompol Daniel Widya Muharam SIK MPA dan para Kepala Satuan (Kasat), juga ikut menjalani tes yang dilaksanakan Dokes Polres Brebes.
Kapolres juga langsung memantau anggotanya dalam menjalani tes tersebut. Selain polisi, para wartawan yang meliput kegiatan itu juga ikut menjalani tes. Mereka satu per satu menyerahkan sempel urine untuk diperiksa.
"Semua anggota yang ada di Mapolres mengikuti tes urine ini. Totalnya ada sekitar 250 personel, termasuk para perwira," ujar Kapolres Brebes, AKBP Kif Aminanto SIK SH MH usai kegiatan.
Dia mengatakan, giat tes urine anggota dilakukan secara mendadak, dan tidak ada pemberitahuan sama sekali. Itu dimaksudkan agar anggota tidak ada yang tahu dan tes berjalan apa adanya. Kegiatan tes urine itu memang sengaja digelar jajarannya, sehingga masyarakat tahu polisi juga menjalani tes, tidak hanya masyarakat.
Menurut dia, apabila dalam tes urine diketahui ada anggota yang positif, sempel urine akan dites lagi di laboraturium untuk memastikannya. Sebab, positif dalam tes kali ini belum tentu penyebabnya narkoba.
Jika hasil laboratorium diketahui positif, selanjutnya dites ulang untuk 6 bulan ke depan. Jika tetap positif, baru anggota yang terdeteksi itu akan dilakukan rehabilitasi. "Selain itu, sanksi juga akan kami jatuhkan," tandasnya.
( Bayu Setiawan / CN33 / JBSM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar