Rabu, 09 Mei 2012

Pencuri Uang Nasabah Bank Ditembak


SUARA PANTURA
09 Mei 2012
Pencuri Uang Nasabah Bank Ditembak
  • Pelaku Lain Dihajar Massa
 0
 
  0
TEGAL - Satu dari dua tersangka pencuri uang dengan sasaran nasabah bank di Kota Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Tegal, ditembak paha kaki kanannya oleh Unit Resmob Sat Reskrim Polres Tegal Kota, Selasa (8/5).
Tersangka yang ditembak adalah Sobirin (45), warga RT 6/RW 3, Kampung Saditan, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten Brebes. Dia ditembak setelah ditangkap di rumahnya Senin malam (7/5), Selasa pagi (8/5) berusaha kabur saat akan dimintai keterangan penyidik di Unit Reskrim Polsekta Sumurpanggang Polres Tegal Kota.
Kapolres Tegal Kota AKBP Haryadi Mukhtas SIK MSi melalui Wakapolres Kompol Nurul Hidayat mengatakan, tersangka ditangkap setelah dinyatakan sebagai buron atau masuk daftar pencarian orang (DPO) setelah terlibat sebagai pelaku kasus curat nasabah bank di toko ”Citra Etalase”, Jl Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, sekitar pukul 14.30, Kamis (22/3).
”Saat itu tersangka bersama rekannya Aruji Yunus (28) yang terlebih dahulu ditangkap. Dari keterangan Aruji inilah akhirnya kami memburu Sobirin sejak Maret lalu dan baru dapat ditangkap Senin malam (7/5),” terang Wakapolres Tegal Kota didampingi Kasat Reskrim AKP Heriyanto, Selasa (8/5).
Kasus pencurian dengan pemberatan (curat) yang dilakukan berawal ketika seorang nasabah bank BCA Brebes, Zaenal (30) warga Jl Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, mencairkan uang dari bank itu sebesar Rp 110 juta, sekitar pukul 13.00, Kamis (22/3).
Di Bagasi
Uang sebanyak itu, sebagian besar diletakkan di dalam bagasi di bawah jok sepeda motor Honda Vario hitam setrip silver G-2224-YE milik korban. Sisanya dibungkus tas kresek dan dimasukkan ke dalam saku jaket. Sobirin yang mengendarai Honda Kharisma hitam B-6480-BPA kemudian memboncengkan Aruji Yunus untuk membuntuti korban.
Sampai di Kota Tegal. Tepatnya saat korban berhenti di toko miliknya di toko ”Citra Etalase”, Jl Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, keduanya pun beraksi.
”Saya hanya menunggu di atas sepeda motor. Sedangkan Aruji yang mencongkel jok motor sasarannya (korban Zaenal-red),” ucap Sobirin.
Kepada penyidik, dua pelaku itu sudah sering melakukan tindak kejahatan serupa di sejumlah daerah. (D12-48)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar