Selasa, 05 Juni 2012

Teknik Sepeda Motor


Teknik Sepeda Motor


Bookmark and Share Berita Otomotif dan Teknologi Terbaru


1. Komponen Utama Sepeda motor


Bagaikan manusia sepeda motor juga memiliki komponen-komponen dasar yang membangunnya sehingga menjadi sebuah sepeda motor yang dapat kita pergunakan sehari-hari. secara garis besar komponen-komponen sepeda motor terdiri atas :
1. Sistem Mesin
2. Sistem Kelistrikan
3. Rangka/ Body


masing-masing Komponen tersebut masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian.

1. Sistem mesin
Terdiri dari :

a. sistem tenaga mesin : 

1. Engine/ motor
2. Sistem Pelumasan
3. Sistem Pendinginan
4. Sistem bahan bakar
5. Sistem Pembuangan

b. Sistem Penggerak / Transmisi

1. Mekanisme Kopling
2. Mekanisme gear
3. Mekanisme transmisi
4. mekanisme Penggerak mula/ Sistem starter

2. Sistem kelistrikan
Mekanisme kelistrikan dipakai untuk menghasilkan daya pembakaran untuk proses kerja mesin dan untuk menunjang keamanan berkedara. jadi semua komponen yang berhubungan dengan energi listrik dikelompokkan menjadi satu bagian yaitu kelistrikan, dimana bagian kelistrikan tersebut terbagi menjadi :1. Kelompok Pengapian 2. Kelompok Pengisian 3. kelompok beban.

3. Rangka/ Body kendaraan
Terdiri dari beberapa komponen untuk menunjang sepeda motor agar dapat berjalan dan berbelok. Komponennya Terdiri dari :
a. Rangka
b. Kemudi
c. Suspensi
d. Roda
e. Rem
f. Tangki bahan bakar
g. Tempat duduk
h. Fender

Komponen utama mesin sepeda Motor

1. 
Kepala Silinder (Cylinder Head)
Kepala Silnder berfungsi sebagai Penutup lubang silinder pada blok silinder dan sebagai dudukan busi. kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder yang dilekatkan/dipisahkan dengan gasket/packing yang berfungsi agar tidak terjadi kebocoran kompresi sehingga tenaga yang dihasilkan motor cukup besar. Kepala Silinder biasanya terbuat dari bahan Aluminium Campuran yang ringan dan tahan karat serta tahan pada suhu yang cukup tinggi. Pada bagian samping kepala silinder biasanya terdapat sirip yang berfungsi untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.

2. Blok Silinder (Cylinder Block)
Silinder liner atau yang biasa kita sebut Boring dan Blok Silinder melekat Satu sama lain. Daya Sebuah motor Biasanya dinyatakan oleh besar kecilnya isi/ Volume Silinder suatu Motor.
3. Bak Engkol (Crankcase)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar