Minggu, 03 Juni 2012

Banyak Seni dan Budaya Daerah Tenggelam dalam Era Globalisasi


Kota - Senin, 28 Mei 2012 07:25 WIB
Psikologi UMA Gelar Seni Budaya Tradisional Antar SMA se Sumut
Medan, (Analisa). Era globalisasi saat ini banyak seni dan budaya daerah yang tenggelam ditimpa budaya asing yang modren. Kepedulian untuk melestarikanseni dan budaya daerah harus terus digalakkan dan dilestarikan.
"Kita menyadari di era global ini banyak seni dan budaya yang tenggelam, sebab itu komitmen yang tinggi terhadap pelestarian dan rasa cinta terhadap seni dan budaya harus terus ditumbuh kembangkan kepada generasi muda," ungkap Rektor UMA diwakili Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ir Zulhery Noer MP didampingi Kabag Humas UMA, Ir Asmah Indrawati MSi dan unsur panitia pageleran kepada wartawan, Selasa (23/5) di kampus setempat Jalan Kolam Medan Estate.

Pernyataan itu disampaikannya terkait pelaksanaan Pagelaran Seni Budaya Tradisional Daerah Sumatera Utara UMA 2012 yang digelar 18 - 20 Juni 2012 di Kampus I UMA. Kegiatan untuk Tingkat SMA sederajat se Sumut itu dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi UMA. Zulhery mengatakan perlu penguatan nilai-nilai budaya agar generasi muda tidak melupakan budaya daerahnya sendiri. Bahkan dia berharap jangan sampai kesenian dan budaya daerah diklaim oleh negara lain.

Ibadah Sosial

Dia juga menilai seni tari daerah mengandung unsur ibadah sosial yang memiliki nilai positif, karena pakaian tradisional daerah yang sopan diharapkan mampu menjadikan generasi muda dan mahasiswa lebih menekuni seni dan budaya daerahnya. "Untuk itu, UMA siap menggali budaya daerah dan berharap lulusan SMA bisa mengolah, dan mendesain budaya daerah sendiri. Pagelaran ini diharapkan mampu mengolah kecerdasan emosi para mahasiswa dalam membuat kegiatan," jelasnya seraya memberikan apresiasi kepada mahasiswa Fakultas Psikologi UMA yang menggelar kegiatan tersebut.

Ketua panitia pelaksana Teguh Sanjoko mengatakan pendaftaran pagelaran seni budaya tradisional dimulai 11 Mei - 16 Juni 2012 di Sekretariat Fakultas Psikologi UMA dan salah satu radio swasta di Jalan l Cut Nyak Dien Medan. Didampingi sekretaris Niken Saraswati, bendahara Fitriani, panitia lainnya Ricky Kurniawan, Diah Tri Agustya, Mira Zahira,Uni Sri Hertawaty, Sunarman, M Fikri Joko Pratama dan Abdul Rahman,Teguh menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain, kompetisi tari kreasi tradisional daerah tingkat SMA sederajat, kompetisi peragaan busana tradisional daerah Sumut tingkat SMA sederajat kategori putra dan putri, kompetisi photografi on the spot untuk umum, bazar, pameran seni budaya dan pameran buku hemat. (twh)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar