Jumat, 22 Juni 2012

Jelang Lebaran, Satlantas Brebes Siapkan Alat Rekayasa Lalu Lintas


Atasi Kemacetan dengan Pola 3:1

Jelang Lebaran, Satlantas Brebes Siapkan Alat Rekayasa Lalu Lintas

RABU, 20 JUNI 2012 15:48 WIB
 
LENSAINDONESIA.COM: Sedikitnya enam ribu barikade kayu dan bambu cone mulai dipersiapkan jajaran Satlantas Polres Brebes, Jawa Tengah. Peralatan rekayasa lalu lintas itu dipersiapkan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2012.
“Semua peralatan untuk arus mudik dan balik lebaran itu sudah kami siapkan,” kata Kasat Lantas Polres Brebes AKP Hary Ardianto SH SIK, disela-sela mengecek kesiapan ribuan barikade kayu dan bambu cone di halaman belakang Polres Brebes, Rabu (20/6/2012).
Dia menjeleskan, barikade dan bambu cone nantinya akan digunakan untuk pengaturan arus lalu lintas. Di antaranya, untuk menutup tempat perputaran kendaraan di marka jalan, pengamanan di pasar-pasar tumpah, pembatas jalan di sejumlah titik yang rawan kemacetan dan untuk penerapan pola 3:1.
Sedangkan papan penunjuk arah, dimaksudkan untuk lebih mempermudah pemudik mengetahui saat ada pengalihan jalur dan jalur alternatif mudik.
“Selain itu, dengan papan penunjuk arah yang besar akan mudah di baca. Sehingga, pemudik tidak perlu berhenti hanya untuk sekedar bertanya,” terangnya.
Khusus pola 3:1, nantinya akan diterapkan di beberapa titik. Yakni, mulai pos pasar Induk Brebes hingga Jembatan Pemali, pusat oleh-oleh di Desa Pesantunan, Pejagan dan Losari. Titik itu menjadi prioritas karena dinilai rawan kemacetan.
“Penerapan pola 3:1 ini kami disesuaikan dengan situasi di lapangan. Namun, peralatan yang dibutuhkan tetap dipersiapkan di tepi jalan,” tandasnya. @boy gunawan


Editor: Rudi
Rubrik : headline protonomi , JAWATENGAH , proOTONOMI , Terkini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar