Jumat, 13 Juli 2012

rpp ips smk


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                :  SMK N 2 TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester               :  XI/1
Standar Kompetensi          :  Memahami Struktur Sosial serta Berbagai  Faktor
Kode Kompetensi             :   5
Kompetensi Dasar            :   5.1.  Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur    sosial
Alokasi Waktu                 :  12 x 45 menit (6 x pertemuan)


1.      Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Menjelaskan definisi struktur sosial
1.2  Mengidentifikasikan struktur sosial
1.3  Mendeskripsikan fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial
2.    Materi Ajar
              
2.1  Pengertian dan ciri struktur sosial
2.2  Fungsi dan bentuk struktur sosial

            3.    Metoda Pembelajaran
             
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas

            4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3  Koran
4.4  Majalah
4.5  Kliping
4.6  Lingkungan sekita

5.      Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
         
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       Siswa ke  arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran










              5.2.    Kegiatan Inti    :
                                      
           5.2.1    Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan
                                     ciri-cirinya.
5.2.2        Berdiskusi kelas tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-
        bentuknya.
          
5.3.   Kegiatan Akhir  :

5.3.1        Memberikan kesimpulan.
5.3.2        Tanya Jawab
5.3.3        Memberikan pekerjaan rumah (PR)


              6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1.   Prosedur Penilaian     :  1.  Penilaian proses belajar
                                                  2.  Penilaian hasil belajar

6.2.   Jenis dan Bentuk Tes :  1. Tes lisan
                                                 2. Tes Tertulis : Essay


6.3.   Butir-butir Soal   :


E s s a y 

1.      Apakah yang dimaksud dengan struktur sosial
2.      Jelaskan ciri-ciri struktur sosial
3.      Jelaskan fungsi stuktur sosial
4.      Jelaskan mengapa penting untuk mempelajari struktur sosial

                   
      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


             Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                            Drs. Gede Yenu Yani

                    



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :  XI/1
Standar Kompetensi      :   Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
                                                        Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
Kode Kompetensi          :   5
Kompetensi Dasar         :   5.1.  Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial
Alokasi Waktu               :  12 x 45 menit (6 x pertemuan)


  1. Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Menjelaskan struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
1.2  Mendeskripsikan struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya

       2.    Materi Ajar
              
2.1  Pengertian dan ciri struktur sosial
2.2  Fungsi dan bentuk struktur sosial

        3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas


        4.    Sumber  Belajar
      
4.1   Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi/antropologi SLTA
4.3  Koran
4.4  Majalah
4.5  Kliping
4.6 Lingkungan sekita


5        Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       Siswa ke  arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran

              5.2.    Kegiatan Inti    :
                                      
           5.2.1     Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan
                                      ciri-cirinya.
                                           Berdiskusi kelas tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-
             bentuknya.
           
5.3       Kegiatan Akhir  :

5.3.1          Memberikan kesimpulan.
5.3.2                     Tanya Jawab
5.3.3      Memberikan tugas pekerjaan rumah (PR)


              6.    Penilaian Hasil Belajar
               
    1. Prosedur Penilaian     :  1.  Penilaian proses belajar
                                               2.  Penilaian hasil belajar

    1. Jenis dan Bentuk Tes :  1. Tes lisan
                                              2. Tes Tertulis : Essay


    1. Butir-butir Soal   :

E s s a y 
                            
                        1. Berikan Contoh fungsi kontrol ?
                        2. Kebudayaan Minangkabau menganut sistem kekerabatan apa ?
                        3. Apakah yang kalian ketahui tentang Sistem kekerabatan Patrilineal ?
                        4. Sebutkan macam-macam sistem kekerabatan yang ada di Indonesia ?
                        5. Berikan contoh fungsi pembelajaran ?











       Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


            Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Drs. Gede Yenu Yani





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :   XI/1
Standar Kompetensi      :   Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
                                                         Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
Kode Kompetensi          :   5
Kompetensi Dasar         :   5.1.  Menganalisis faktor penyebab konflik sosial
                                                    dalam masyarakat
Alokasi Waktu               :   8 x 45 menit (4 x pertemuan)


1.      Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Menjelaskan konflik sosial berdasarkan pengertiannya
1.2  Mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
1.3  Mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannnya
1.4  Menganalisis konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul

           2.    Materi Ajar
              
2.1  Pengertian konflik sosial
2.2  Faktor-faktor penyebab konflik sosial
2.3  Bentuk pengendalian konflik sosial
2.4  Dampak konflik sosial

            3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas


            4.    Sumber  Belajar
      
4.1 Buku-buku Sosiologi
4.2 Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3  Koran
4.4  Majalah
4.5  Kliping
4.6 Lingkungan sekitar


6        Kegiatan Pembelajaran

    5.1.  Kegiatan awal   :   
        
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       Siswa ke arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran



              5.2.    Kegiatan Inti    :
                                      
           5.2.1     Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan
                                      ciri-cirinya.
5.2.1        Berdiskusi kelas tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-
             bentuknya.
          
5.3.   Kegiatan Akhir  :

5.2.1        Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.2.2        Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.2.3        Informasi dan pemberian tugas


              6.    Penilaian Hasil Belajar
               
a.       Prosedur Penilaian     :  1.  Penilaian proses belajar
                                                     2.  Penilaian hasil belajar

b.      Jenis dan Bentuk Tes :  1. Tes lisan
                                                     2. Tes Tertulis : Essay


c.       Butir-butir Soal   :

E s s a y 

1.  Apakah yang kalian ketahui tentang Konflik ?
2.  Sebutkan macam-macam penyebab konflik ?
3.  Siapakah tokoh yang mengemukakan empat faktor penyebab konflik ?
4.  Sebutkan contoh konflik antar etnis ?
5.  Apakah yang dimaksud dengan komflik pribadi ?
6.  Apakah yang dimaksud dengan konflik in-group ?
7.   Apa dampak positif konflik ?
8  Menunjukan pihak ketiga untuk  memberikan nasihat, saran, dan pendapat     untuk  menyelesaikan konflik disebut juga ?
                        

     Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,





 Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                                Drs. Gede Yenu Yani




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :  XI/1
Standar Kompetensi       :  Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat 
                                           Multikultural
Kode Kompetensi          :  6
Kompetensi Dasar          :  6.1. Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam 
                                                  masyarakat  multikultural
Alokasi Waktu               :  6 x 45 menit (3 x pertemuan)


1.      Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Menjelaskan kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
1.2  Mendeskripsikan masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
1.3  Mendeskripsikan hubungan antara kelompok sosial dan masyarakat multikultural

2.        Materi Ajar
              
2.1  Pengertian kelompok sosial
2.2  Pengertian masyarakat multikultural
2.3  Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural

3.       Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas

4.       Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3  Koran/majalah
4.4  Kliping
4.5  Lingkungan sekita


5.      Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       siswa ke  arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran
           






             5.2.     Kegiatan Inti    :
                                      
           5.2.1     Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan
                                      ciri-cirinya.
                                           Mendiskusikan tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-
             bentuknya.
          
5.3.   Kegiatan Akhir  :

5.3.1        Memberikan kesimpulan.
5.3.2        Tanya Jawab
5.3.3        Memberikan Pekerjaan Rumah (PR)


        6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1. Prosedur Penilaian     :        1.  Penilaian proses belajar
                                                 2.  Penilaian hasil belajar

6.2. Jenis dan Bentuk Tes :        1. Tes lisan
                                                2. Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay


6.3.Butir-butir Soal   :

E s s a y  :

1. Apa yang dimaksud dengan Masyarakat multikultural ?
2. Apa yang dimaksud dengan kelompok sosial ?
3. Berikan contoh Indonesia merupakan masyarakat multikultural ?
4. Barack Obama yang mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat memiliki latar belakang keluarga yang terpengaruh oleh macam-macam budaya. Hal ini dimanfaatkannya untuk menarik simpati masyarakat dalam setiap kampanye. Bagaimanakah menurut pendapatmu tentang hal ini ?



      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Drs. Gede Yenu Yani





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :  XI/1
Standar Kompetensi      :  Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat  
                                          Multikultural
Kode Kompetensi          :  6
Kompetensi Dasar         :  6.2. Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial
                                                 dalam masyarakat multikultural
Alokasi Waktu               :  6 x 45 menit (3 x pertemuan)



  1.  Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Menjelaskan kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
1.2  Mendeskripsikan masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
1.3  Mendeskripsikan hubungan antara kelompok sosial dan masyarakat multikultural

      
       2.    Materi Ajar
              
2.1  Pengertian kelompok sosial
2.2  Pengertian masyarakat multikultural
2.3  Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
   
       3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas

        4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3  Koran/majalah
4.4  Kliping
4.5  Lingkungan sekitar


5.      Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       Siswa ke  arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran





             5.2.     Kegiatan Inti    :
                                      
           5.2.1    Menggali informasi tentang masyarakat multikultural menurut faktor-
                       Faktor penyebabnya.
                        5.2.2    Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan
                                     karakteristiknya.
          
5.3       Kegiatan Akhir  :

5.3.1        Memberikan kesimpulan.
5.3.2           Tanya Jawab
5.3.3    Memberikan tugas Pekerjaan Rumah (PR)


        6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1. Prosedur Penilaian     :         1.  Penilaian proses belajar
                                                 2.  Penilaian hasil belajar

6.2. Jenis dan Bentuk Tes :         1. Tes lisan
                                                 2. Tes Tertulis : Essay


6.3. Butir-butir Soal   :
Essay :

1          Jelaskan pengertian kelompok sosial
2.      Sebutkan macam – macam kelompok sosial
3.      Apa yang dimaksud dengan keluarga luas
4.      Sebutkan perbedaan antara kelompok teritorial dan kelompok sosial yang bersifat geneologis dan teritorial
5.      Jelaskan pengertian masyarakat mltikultural menurut J.S. Furnival
6.      Sebutkan Faktor – faktor penyebab masyarakat multikultural
7.      Mengapa kita perlu membentuk masyarakat multikultural
8.      Jelaskan perbedaan kelompok sosial dengan kerumunan
                            

      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M. Pd.                                                             Drs. Gede Yenu Yani



                    





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   (RPP)


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran                         :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                        :  XI/1
Standar Kompetensi      :  Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat              
                                           Multikultural
Kode Kompetensi          :   6
Kompetensi Dasar         :   6.3. Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok
                                                   sosial dalam masyarakat multikultural
Alokasi Waktu               :   8 x 45 menit (4 x pertemuan)


  1. Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Menjelaskan solidaritas mekanik dan solidaritas organik menurut Durkheim
1.2  Menjelaskan gemeinschaft dan gesselschaft menurut F. Tonnies
1.3  Menjelaskan kelompok primer dan kelompok sekunder menurut C.H Cooley dan E. Farris
1.4  Menjelaskan In-Group dan Out-Group menurut W.G Summer.

      
       2.    Materi Ajar
               
2.1  Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
2.2  Gemeinschaft dan gesselschaft
2.3  Kelompok primer dan kelompok sekunder
2.4  In-group dan Out-group.

       
      3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas


        4.    Sumber  Belajar
      
4.1.Buku-buku Sosiologi
4.2.Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3.Koran
4.4.Majalah
4.5.Kliping
4.6.Lingkungan sekita

      5.       Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       Siswa ke  arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran

             5.2.  Kegiatan Inti    :
                                      
                                             Berdiskusi dan pemberian tugas tentang kelompok-kelompok sosial dalam
             masyarakat Multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi.
                       
          
5.3  Kegiatan Akhir  :

5.3.1        Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.3.2        Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3        Informasi dan pemberian tugas


        6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1.Prosedur Penilaian     :         1.  Penilaian proses belajar
                                                 2.  Penilaian hasil belajar

6.2.Jenis dan Bentuk Tes :         1. Tes lisan
                                                 2. Tes Tertulis :Essay


6.3.Butir-butir Soal   :

E s s a y 
1        Jelaskan pengertian Solidaritas mekanik
2.      Jelaskan pengertian solidaritas Organik
3.      Jelaskan pengertian Gemeinschaft dan Gesellschaft
4.      Sebutkan cici – ciri masyarakat gemeinschafy
5.      Sebutkan contoh dari Gemeinschaft dan Gesellschaft
6.      Jelaskan perbedaan antara kelompok primer dengan kelompok sekunder
7.      Sebutkan contoh dari  kelompok primer dan kelompok sekunder
8.      Apa yang dimaksud dengan in-group feeling
9.      Sebutkan ciri – ciri dari in-grop
10.  Sebutkan contoh in-group feeling
                     
      

      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Drs. Gede Yenu Yani





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :  XI/1
Standar Kompetensi      :   Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode Kompetensi          :   7
Kompetensi Dasar         :   7.1. Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh
                                                    budaya asing,  dan hubungan antarbudaya
Alokasi Waktu               :   10 x 45 menit (5 x pertemuan)


  1. Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Menjelaskan budaya dan budaya lokal menurut pengertiannya
1.2  Menjelaskan budaya menurut unsur-unsurnya
1.3  Mengidentifikasi budaya lokal berdasarkan macam-macamnya.
1.4  Mengidentifikasi masuknya budaya asing melalui dampak yang ditimbulkannya
1.5  Mengidentifikasi budaya berdasarkan hubungan antarbudaya

       2.    Materi Ajar
              
2.1  Pengertian budaya dan budaya lokal
2.2  Unsur-unsur budaya
2.3  Macam-macam budaya lokal di Indonesia
2.4  Dampak masuknya budaya asing
2.5  Hubungan antarbudaya

        3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.3  Diskusi Kelas
3.4  Pemberian Tugas


        4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3   Koran
4.4   Majalah
4.5   Kliping
4.6  Lingkungan sekita


5        Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       Siswa ke  arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran

             
               5.2.  Kegiatan Inti    :
                                      
5.2.1        Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
5.2.2        Berdiskusi tentang mavcam-macam budaya lokal di Indonesia
5.2.3        Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
5.2.4        Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya


          
5.3            Kegiatan Akhir  :

5.3.1        Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.3.2   Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3     Informasi dan pemberian tugas


        6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1  Prosedur Penilaian     :         1.  Penilaian proses belajar
                                              2.  Penilaian hasil belajar

6.2  Jenis dan Bentuk Tes :         1. Tes lisan
                                              2. Tes Tertulis

6.3  Butir-butir Soal   :

E s s a y 
1.  Jelaskan pengertian budaya menurut para ahli
2.  Jelaskan pengertian budaya lokal 
3.  Sebutkan 7 unsur kebdayaan yang bersifat universal
4.  Sebutkan macam – macam budaya lokal
5.  Sebutkan contoh kesenian budaya lokal
6.  Sebutkan dan menjelaskan 7 unsur kebudayaan  masing –    masing siswa
7.  Sebutkan dampak positif dan negatif masuknya kebudayaan asing ke Indonesia
8.  Menjelaskan perbedaan sistem kepercayaan di Indodnesia sebelum datangnya pengaruh agama – agama besar dan sesudah datangnya pengaruh agama besar
9.  Jelaskan fungsi bahasa secara khusus
10.Menjelaskan pengertian Akulturasi, asimilasi, Sintetis dan penetrasi
                            


      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                                          Drs. Gede Yenu Yani

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGEERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :  XI/2
Standar Kompetensi       :   Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode Kompetensi          :   7
Kompetensi Dasar          :   7.2. Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya
                                                   yang ada dimasyarakat setempat dalam kaitannya
                                                   dengan budaya nasional
             Alokasi Waktu                :   8 x 45 menit (4 x pertemuan)


  1. Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Mengidentifikasi keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
1.2  Menganalisis keberagaman budaya berdasarkan manfaatnya
1.3  Mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat.

       2.    Materi Ajar
              
2.1  Faktor-faktor penyebab keragaman budaya
2.2  Manfaat keberagaman budaya
2.3  Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat


        3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas


        4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3  Koran
4.4  Majalah
4.5  Kliping
4.6  Lingkungan sekita


       5.     Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       Siswa ke  arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran

             


               5.2.  Kegiatan Inti    :
                                      
5.2.1        Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor
                                  Penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya
5.2.2        Tugas kelompok tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat
          
5.3   Kegiatan Akhir  :

5.3.1        Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.3.2        Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3    Informasi dan pemberian tugas


        6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1 Prosedur Penilaian     :         1.  Penilaian proses belajar
                                                2.  Penilaian hasil belajar

6.2 Jenis dan Bentuk Tes :         1. Tes lisan
                                                2. Tes tertulis


6.3 Butir-butir Soal   :

   E s s a y

 1. Sebutkan faktor - faktor penyebab kebudayaan
 2. Sebutkan perbedaan setiap suku yang ada di Indonesia
 3. Dari manakan nenek moyang bangsa Indonesia berasal
 4. Sebutkan manfaat keberagaman budaya Indonesia
 5. Menjelaskan mengapa sistem mata pencaharian masyarakat Indonesia berbeda – beda

      
                            



      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Drs. Gede Yenu Yani








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :  XI/2
Standar Kompetensi       :   Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode Kompetensi           :   7
Kompetensi Dasar          :   7.3. Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian
                                                   masalah akibat adanya keberagaman budaya
Alokasi Waktu                :   8 x 45 menit (4 x pertemuan)


1.Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Menjelaskan keberagaman budaya berdasarkan masalah-masalah yang muncul.
1.2  Mendeskripsikan integrasi nasional berdasarkan kepentingan dalam NKRI.
 1.3 Mengidentifikasi upaya menjaga keselarasan antarbudaya berdasarkan peran   pemerintah dan masyarakat

       2.    Materi Ajar
              
2.1   Masalah-nasalah yang muncul akibat keberagaman budaya
2.2   Pentingnya integrasi nasional
2.3   Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
2.4   Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya


        3.    Metoda Pembelajaran
               
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas


        4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3  Koran
4.4  Majalah
4.5  Kliping
4.6  Lingkungan sekita


5.    Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
         
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       siswa ke  arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran



               5.2.  Kegiatan Inti    :
                                      
5.2.1        Diskusi kelompok tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
5.2.2        Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI.
5.2.3        Diskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya.
          
5.3.  Kegiatan Akhir  :

5.3.1        Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.3.2        Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3        Informasi dan pemberian tugas


6.   Penilaian Hasil Belajar
              
6.1    Prosedur Penilaian     :         1.  Penilaian proses belajar
                                                2.  Penilaian hasil belajar

6.2   Jenis dan Bentuk Tes :         1.  Tes lisan
                                                2. Tes Tertulis : Essay


6.3  Butir-butir Soal   :

E s s a y

1. Jelaskan keragaman budaya yang muncul dalam kehidupan sehar – hari
2. Sebutkan faktor – faktor yang mempengaruhi integrasi nasional
3. Jelaskan pengertian integrasi nasional berdasarkan para ahli
4. Jelaskan peran pemerintah dalam memelihara integrasi nasional
5. Sebutkan perbedaan integrasi nasional Indonesia pada masa orde baru  dengan masa reformasi



      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,




            Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                         Drs. Gede Yenu Yani

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :  XI/2
Standar Kompetensi       :   Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode Kompetensi           :   7
Kompetensi Dasar          :   7.4. Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial
                                                   terhadap keberagaman budaya                                                             
Alokasi Waktu                :   6 x 45 menit (3 x pertemuan)


1.           Tujuan Pembelajaran
1.1.     Menunjukkan cara menghargai budaya orang lain dalam sikap hidup sehari-hari.
1.2.     Menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidupan sehari-hari.    


       2.    Materi Ajar
              
2.1   Menghargai budaya orang lain
2.2   Menjaga dan melestarikan budaya lokal


        3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1   Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas


        4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3  Koran
4.4  Majalah
4.5  Kliping
4.6  Lingkungan sekita


5        Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
     5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                   
                       siswa ke  arah materi pembelajaran
            5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran
             

               5.2.   Kegiatan Inti    :
                                      
5.2.1.      Simulasi tentang cara menghargai budaya orang lain.
5.2.2.      Bermain peran tentang cara menjaga dan melestarikan budaya lokal

5.3.  Kegiatan Akhir  :

5.3.1.      Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.3.2.      Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3.      Informasi dan pemberian tugas


        6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1.Prosedur Penilaian     :         1.  Penilaian proses belajar
                                                 2.  Penilaian hasil belajar

6.2.Jenis dan Bentuk Tes :         1. Tes lisan
                                                 2. Tes Tertulis : Essay


6.3.Butir-butir Soal   :

E s s a y

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan empati dan toleransi
2. Sebutkan contoh dari sikap empati dan toleransi
3. Jelaskan cara menghargai budaya orang lain
4. Sebutkan sikap yang harus kita miliki untuk menghargai kebudayaan orang lain
5. Jelaskan bagaimana cara menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidpan sehari – hari

                            

      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Drs. Gede Yenu Yani










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                        :  X/1
Standar Kompetensi     :   Memahami kehidupan sosial manusia
Kode Kompetensi          :  1
Kompetensi Dasar       :  1.1  Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
Alokasi Waktu             :  4 x 45 menit (2 x pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
                  
1.1  Menjelaskan interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
1.2  Menjelaskan proses sosial berdasarkan pengertiannya
1.3  Mengidentifikasi interaksi sosial menurut syarat-syaratnya
            
       2.    Materi Ajar
              
2.1  Pengertian interaksi sosial
2.2  Pengertian proses sosial
2.3  Pengertian syarat-syarat interaksi sosial

      3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1   Ceramah Bervariasi
3.2   Diskusi Kelas
3.3   Pemberian Tugas

      4.    Sumber  Belajar
      
4.1   Buku-buku Sosiologi
4.2   Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3   Koran/majalah
4.4   Kliping
4.5   Lingkungan sekitar


5.   Kegiatan Pembelajaran

5.1.   Kegiatan awal   :   
        
   5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                      siswa ke  arah materi pembelajaran
          5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran

5.2.    Kegiatan Inti    :
                                      
          5.2.1     Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
                        5.2.2     Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
                        5.2.3     Mendiskusikan tentang syarat-syarat interaksi sosial

5.3     Kegiatan Akhir   :

          5.3.1     Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
          5.3.2     Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
                        5.3.3     Informasi dan pemberian tugas


             6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1     Prosedur Penilaian     :  1.  Penilaian proses belajar
                                                 2.  Penilaian hasil belajar

6.2.Jenis dan Bentuk Tes :  1. Tes lisan
                                                 2. Tes Tertulis : Essay


6.3 Butir-butir Soal   :

E s s a y  :
                            
1.      Jelaskan pengertian interaksi sosial
2.      Jelaskan pengertian proses sosial
3.      Jelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
4.      Sebutkan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial
5.      Sebutkan 2 bentuk kontak sosial berdasarkan prosesnya
6.      Jelaskan 2 bentuk komunikasi sosial berdasarkan prosesnya
7.      Jelaskan pengertian sugesti dalam interaksi sosial
8.      Jelaskan pengertian identifikasi dalam interaksi sosial
9.      Jelaskan pengertian simpati dalam interaksi sosial
10.  Jelaskan pengertian imitasi dalam interaksi sosial                  
   
                    


      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                               Lena Ayu S, Pd.









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                        :  X/1
Standar Kompetensi     :   Memahami kehidupan sosial manusia
Kode Kompetensi        :   1
Kompetensi Dasar       :  1.2  Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses
                                                  pembentukan  kepribadian
Alokasi Waktu               :   4 x 45 menit (2 x pertemuan)


  1.  Tujuan Pembelajaran
                 
1.1    Menjelaskan sosialisasi berdasarkan pengertiannya
1.2    Mengidentifikasi sosialisasi berdasarkan media yang dilaluinya
1.3    Mendeskripsikan pembentukan kepribadian menurut faktor-faktor yang  mempengaruhinya
            
       2.    Materi Ajar
              
2.1  Pengertian sosialisasi
2.2  Media sosialisasi
2.3  Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian

        3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1   Ceramah Bervariasi
3.2   Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas

         4.    Sumber  Belajar
       
4.1  Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3  Koran
4.4  Majalah
4.5  Kliping
4.6  Lingkungan sekitar


5.     Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
    5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                   
                      Siswa ke  arah materi pembelajaran
           5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran


5.2.    Kegiatan Inti    :
                                      
           5.2.1     Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya.
                         5.2.2     Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilaluinya.
                         5.2.3     Berdiskusi kelas tentang pembentukan kepribadian menurut faktor-faktor 
                                      yang  mempengaruhinya
          
5.3       Kegiatan Akhir   :

  5.3.1.     Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
5.3.2.       Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3.       Informasi dan pemberian tugas

     6.               Penilaian Hasil Belajar
               
6.1. Prosedur Penilaian     :    1.  Penilaian proses belajar
                                                   2.  Penilaian hasil belajar

6.2.Jenis dan Bentuk Tes   1.  Tes lisan
                                                  2.  Tes Tertulis : Essay


6.3.Butir-butir Soal   :

E s s a y 
                            
1.      Jelaskan pengertian sosialisasi
2.      Sebutkan 3 tujuan sosialisasi
3.      Jelaskan pengertian media sosialisasi
4.      Sebutkan 4 contoh media sosialisasi
5.      Berikan contoh sosialisasi represif
6.      Berikan contoh sosialisasi partisipasif
7.      Jelaskan pengertian sosialisasi primer
8.      Jelaskan pengertian sosialisasi sekunder
9.      Jelaskan pengertian kepribadian
10.  Jelaskan hubungan antara sosialisasi dengan kepribadian
11.  Sebutkan 5 faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian
12.  Uraikan tahap-tahap perkembangan kepribadian menurut G.H. Mead
13.  Jelaskan hubungan antara kebudayaan dan kepribadian
14.  Uraikan ciri-ciri umum kepribadian orang Indonesia
15.  Temukan kelemahan dan kelebihan kepribadian orang Indonesia         


                   






      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Lena Ayu S, Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                        :  X/1
Standar Kompetensi     :  Memahami kehidupan sosial manusia
Kode Kompetensi        :  1
Kompetensi Dasar       :  1.3.  Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit (1 x pertemuan)


  1. Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Mengidentifikasi interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar.
1.2  Mengidentifikasi interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar.
            
       2.    Materi Ajar
              
2.1  Interaksi primer
2.2  Interaksi sekunder

       3.   Metoda Pembelajaran
              
3.1   Ceramah Bervariasi
3.2   Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas

       4.   Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sosiologi
4.2  Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3  Koran
4.4  Majalah
4.5  Kliping
4.6  Lingkungan sekitar


5        Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
    5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                   
                      Siswa ke  arah materi pembelajaran
           5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran









             5.2.    Kegiatan Inti    :
                                      
5.2.1         Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di  
              lingkungan sekitar.
5.2.2        Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan
Sekitar.

                                   
5.3.   Kegiatan Akhir   :

  5.3.1.     Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
5.3.2.       Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3.       Informasi dan pemberian tugas


       6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1.   Prosedur Penilaian     :  1.  Penilaian proses belajar
                                            2.  Penilaian hasil belajar

6.2.   Jenis dan Bentuk Tes :  1. Tes lisan
                                            2. Tes Tertulis : Essay


6.3.   Butir-butir Soal   :

   E s s a y  :

1.      Jelaskan pengertian interaksi primer
2.      Sebutkan 3 contoh interaksi primer
3.      Jelaskan pengertian interaksi sekunder
4.      Sebutkan 3 contoh interaksi sekunder
5.      Buatlah tabel perbandingan antara interaksi primer dan sekunder berdasarkan kelebihan dan kelemahannya

                            

      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Lena Ayu S, Pd.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran             :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                        :   X/1
Standar Kompetensi     :   Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kode Kompetensi        :   2

Kompetensi Dasar          :   2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme
                                                              dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang
                                                              ditimbulkannya di berbagai daerah
Alokasi Waktu                :  14 x 45 menit (7 x pertemuan)


  1.  Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat berdasarkan pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah.


       2.    Materi Ajar
              
2.1.  Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di Dunia Timur
2.2.  Masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui pembentukan kongsi dagang; perluasan kolonialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia Belanda; sistem tanam paksa; sistem politik pintu terbuka; dan politik Etis.
2.3   Dampak sosial, ekonomi, politik, dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat di Nusantara.
2.4   Perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan  di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Barat

        3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas


        4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sejarah SMA/SMK yang berkaitan dengan materi ajar
4.2  Peta dan Lukisan Sejarah Dunia
4.3  Gambar dan foto tokoh-tokoh peristiwa sejarah
4.4  Slide dan CD pembelajaran sejarah
4.5  Museum dan Perpustakaan


5.    Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
          5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                            Siswa ke  arah materi pembelajaran
                 5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran

       5.2.    Kegiatan Inti    :
5.2.1     Mendiskusikan latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di Dunia Timur;
5.2.2     Mencari sumber informasi tentang masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan; perluasan kolonialisme Barat serta terbentuknya
pemerintahan Hindia Belanda; Sistem Tanam Paksa; Sistem politik pintu ter Buka; dan Politik Etis.
5.2.3        Mengidentifikasi dampak sosial, ekonomi, politik dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme di Nusantara.
5.2.4        Berdiskusi kelas mengenai perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imeprialisme.
   

5.3.     Kegiatan Akhir

5.3.1        Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
5.3.2        Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3        Informasi dan pemberian tugas


              6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1     Prosedur Penilaian     :  1.  Penilaian proses belajar
                                                 2.  Penilaian hasil belajar

6.2     Jenis dan Bentuk Tes :  1. Tes lisan
                                                 2.  Tes Tertulis : Essay


6.3     Butir-butir Soal   :

E s s a y 
                            
1.      Sebutkan 3 faktor yang melatarbelakangi kedatangan orang-orang Eropa di
      Dunia Timur
2.      Jelaskan peranan kongsi dagang (VOC) dalam memperluas kolonialisme
dan imperialisme Belanda di Nusantara
3.      Sebutkan 3 faktor yang menyebabkan VOC bubar
4.      Jelaskan tujuan Gubernur Jenderal Daendels membangun sarana jalan dan
pelabuhan di Indonesia
5.      Jelaskan latar belakang diterapkannya sistem tanam paksa oleh pemerintah
Hindia Belanda
6.      Jelaskan tujuan sistem politik pintu terbuka yang diterapkan pemerintah
Hindia Belanda di Indonesia
7.      Jelaskan tujuan politik Etis yang diterapkan oleh pemerintah Hindia Belanda
8.      Sebutkan salah satu contoh dampak kolonialisme dan imperialisme terhadap kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat Indonesia






9.      Sebutkan 4 contoh perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Belanda di Nusantara!
10.  Sebutkan 4 contoh kerajaan di Nusantara yang melakukan perlawanan
11.   terhadap
kolonialisme dan imperialisme Belanda!



      Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Lena Ayu S, Pd.








































                                          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  


Nama Sekolah             :  SMK  N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                        :  X/1
Standar Kompetensi     :   Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kode Kompetensi        :  2
Kompetensi Dasar       :  2.2. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran
                                                 nasional, identitas nasional, identitas Indonesia
          dan pergerakan kebangsaan Indonesia
Alokasi Waktu             :  8 x 45 menit (4 x pertemuan)

  1.  Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Mengidentifikasi proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas nasional,  identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia sesuai dengan corak perjuangannya.

       2.    Materi Ajar
              
2.3.  Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional di Indonesia
(faktor internal dan faktor eksternal)
             2.2.  Perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional.
             2.3.  Bentuk dan strategi organisasi pergerakan nasional Indonesia.
             2.4.  Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan
                     Indonesia.
 
     
       3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas

        4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku Sejarah SMA/SMK yang berkaitan dengan materi ajar
4.2  Peta dan Lukisan Sejarah Dunia
4.3  Gambar dan foto tokoh-tokoh peristiwa sejarah
4.4  Slide dan CD pembelajaran sejarah
4.5  Museum dan Perpustakaan


5.    Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
    5.1.1.   Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                       siswa ke  arah materi pembelajaran
           5.1.2    Informasi tujuan pembelajaran


              5.2.    Kegiatan Inti    :
           5.2.1     Mendiskusikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pergerakan nasional
                        di Indonesia (faktor internal dan faktor eksternal)
5.2.2.      Mendiskusikan perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran
nasional.
5.2.3.      Menganalisis bentuk dan strategi organisasi pergerakan nasional Indonesia.
5.2.4.      Mendiskusikan gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia
       

5.3     Kegiatan Akhir
5.3.1       Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
5.3.2       Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3       Informasi dan pemberian tugas


              6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1   Prosedur Penilaian     :  1.  Penilaian proses belajar
                                           2.  Penilaian hasil belajar

6.2  Jenis dan Bentuk Tes :  1.   Tes lisan
                                          2.   Tes Tertulis  : Essay


6.3  Butir-butir Soal   :

E s s a y  :

1.      Sebutkan faktor internal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional Indonesia
2.      Sebutkan faktor eksternal yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional
3.      Jelaskan tujuan politik Etis yang diterapkan pemerintah Hindia Belanda
4.      Sebutkan contoh sekolah formal yang dididirikan Belanda di Indonesia
5.      Jelaskan tujuan pendidikan  di jaman kolonial Belanda
6.      Jelaskan latar belakang lahirnya Boedi Utomo
7.      Sebutkan tokoh pendiri Boedi Utomo
8.      Jelaskan tujuan Boedi Utomo
9.      Jelaskan Tujuan organisasi Sarekat Islam
10.  Jelaskan Tujuan organisasi Taman Siswa
11.  Jelaskan semboyan pendidikan Ki Hajar Dewantara
12.  Jelaskan bentuk dan strategi perjuangan organisasi pergerakan nasional Indonesia
13.  Sebutkan contoh organisasi pergerakan yang non-kooperasi
14.  Jelaskan latar belakang lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
15.  Jelaskan pengaruh Sa Ayu umpah Pemuda terhadap pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
16.  Mengapa dizaman sekarang ini para pemuda mulai kehilangan jati dirinya atau hilang rasa nasionalismenya
                        

       Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Lena Ayu S, Pd.











































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                        :  X/2
Standar Kompetensi     :  Memahami Permasalahan Ekonomi dalam
                                           Kaitannya dengan Kebutuhan Manusia, 
                                            Kelangkaan  dan Sistem Ekonomi
Kode Kompetensi        :   3
Kompetensi Dasar       :  3.1.  Mengidentifikasi kebutuhan manusia
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit (1 x pertemuan)




  1.  Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Mendeskripsikan kebutuhan manusia sesuai dengan pengertiannya.
1.2  Mengidentifikasi kebutuhan manusia sesuai dengan macamnya.
1.3  Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia sesuai dengan sifatnya.
            
       2.    Materi Ajar
             
2.1. Pengertian kebutuhan
2.2. Macam-macam kebutuhan.
2.3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.

        3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas

         4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku ekonomi
4.2  Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
4.3  CD Pembelajaran
4.4  Koran dan majalah ekonomi

5        Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Kegiatan awal   :   
        
    5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                      siswa ke  arah materi pembelajaran
           5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran



5.2.    Kegiatan Inti    :
                                      
5.2.1        Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan melalui berbagai sumber.         
5.2.2        Mendiskusikan secara kelompok  tentang bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah tempat tinggal siswa.
5.2.3        Mendiskusikan secara kelompok tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan di daerah tempat tinggal siswa
                                 
5.3       Kegiatan Akhir   :

  5.3.1.     Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
5.3.4.       Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.5.       Informasi dan pemberian tugas


       6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1.  Prosedur Penilaian     :  1. Penilaian proses belajar
                                           2. Penilaian hasil belajar

6.2.  Jenis dan Bentuk Tes :  1. Tes lisan
                                           2.Tes Tertulis : Essay

6.3.  Butir-butir Soal   :

        E s s a y  :

1.      Jelaskan pengertian kebutuhan dalam konteks ekonomi
2.      Uraikan jenis-jenis kebutuhan manusia
3.      Berikan 3 contoh jenis kebutuhan primer
4.      Berikan 3 contoh jenis kebutuhan sekunder
5.      Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
6.      Berikan contoh kebutuhan berdasarkan sifat dan wujudnya
                             
           
       Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Lena Ayu S, Pd.


                       




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran             :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :  X/2
Standar Kompetensi       :  Memahami Permasalahan Ekonomi dalam Kaitannya
                                           dengan Kebutuhan Manusia, Kelangkaan dan Sistem
                                           Ekonomi
Kode Kompetensi           :   3
Kompetensi Dasar           :  3.2. Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang
                                                   langka dan Kebutuhan manusia yang tidak
            terbatas
Alokasi Waktu                 :  4 x 45 menit (2 x pertemuan)


1.   Tujuan Pembelajaran
                 
1.1.Mengidentifikasi benda pemuas kebutuhan manusia sesuai dengan jenis dan kegunaannya.
1.2  Mendeskripsikan kelangkaan  sesuai dengan pengertiannya.
1.3  Mengidentifikasi kelangkaan sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya.
1.4  Mengidentifikasi biaya peluang sesuai dengan pengertiannya.
1.5  Menunjukkan contoh biaya peluang sesuai dengan penyebabnya.
            
     
       2.    Materi Ajar
              
Kebutuhan Manusia
2.1. Jenis-jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia.
2.2. Pengertian kelangkaan.
2.3. Faktor-faktor penyebab kelangkaan.
2.4. Pengertian biaya peluang.
2.5. Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.

        3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas
       
       4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku ekonomi
4.2  Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
4.3  CD Pembelajaran
4.4  Koran dan majalah ekonomi




5        Kegiatan Pembelajaran

              5.1.    Kegiatan awal   :   
        
    5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                      siswa ke  arah materi pembelajaran
           5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran

5.2.    Kegiatan Inti    :
                                      .         
6.2.1        Mendiskusikan secara kelompok  tentang jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia serta contoh-contohnya dari berbagai sumber.
6.2.2        Mendiskusikan secara kelompok tentang arti kelangkaan dan penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
5.2.3.      Mendiskusikan secara kelompok tentang kegiatan pemilihan pemuas kebutuhan untuk menemukan konsep biaya peluang
5.2.4.      Mendiskusikan secara kelompok tentang contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
                                 
6.3       Kegiatan Akhir   :

  5.3.1.   Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
5.3.2  Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3   Informasi dan pemberian tugas


              6.    Penilaian Hasil Belajar
               
6.1  Prosedur Penilaian     :  1.  Penilaian proses belajar
                                                     2.         Penilaian hasil belajar

6.2  Jenis dan Bentuk Tes :  1. Tes lisan
                                                     2. Tes Tertul :  Essay


















6.3  Butir-butir Soal   :

E s s a y :

1.      Sebutkan benda-benda pemuas kebutuhan manusia
2.      Jelaskan kegunaan benda-benda pemuas kebutuhan tersebut
3.      Jelaskan pengertian kelangkaan dalam konteks ekonomi
4.      Temukan faktor-faktor penyebab kelangkaan
5.      Jelaskan pengertian biaya peluang
6.      Berikan contoh biaya peluang sesuai dengan penyebabnya


       Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Lena Ayu S, Pd.


































                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  


Nama Sekolah             :  SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester              :  X/2
Standar Kompetensi      :  Memahami Permasalahan Ekonomi dalam Kaitannya
                                          dengan Kebutuhan Manusia, Kelangkaan dan Sistem
                                          Ekonomi
Kode Kompetensi          :   3
Kompetensi Dasar         :  3.3. Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu
tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
Alokasi Waktu               :  4 x 45 menit (2 x pertemuan)


  1. Tujuan Pembelajaran
                 
1.1  Mengidentifikasi barang dan jasa sesuai dengan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.
1.2   Mendeskripsikan sistem ekonomi sesuai dengan pengertiannya.
1.3   Mendeskripsikan sistem ekonomi sesuai dengan macamnya.
1.4  Mengidentifikasi sistem ekonomi sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonomi.

            
       2.    Materi Ajar 
              
Masalah Pokok Ekonomi :
2.1. Barang apa yang diproduksi
2.2. Bagaimana cara memproduksi
2.3. Untuk siapa barang diproduksi
             
              Sistem Ekonomi :
              2.4. Pengertian sistem ekonomi
              2.5. Macam-macam sistem ekonomi
              2.6. Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi
              2.7  Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut

        3.    Metoda Pembelajaran
              
3.1  Ceramah Bervariasi
3.2  Diskusi Kelas
3.3  Pemberian Tugas

         4.    Sumber  Belajar
      
4.1  Buku-buku ekonomi
4.2  Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
4.3  CD Pembelajaran
4.4  Koran dan majalah ekonomi
5.   Kegiatan Pembelajaran     

         5.1.   Kegiatan awal   :   
       
    5.1.1.  Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian                  
                      siswa ke  arah materi pembelajaran
           5.1.2   Informasi tujuan pembelajaran

   5.2.   Kegiatan Inti    :
                                      .         
5.2.1.      Mendiskusikan masalah pokok ekonomi: apa, bagaimana, dan untuk siapa
             barang dan jasa diproduksi.
5.2.2.      Mengidentifikasi barang dan jasa : apa dan bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi melalui studi lapangan pada produsen barang dan
Jasa.
5.2.3.      Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi: pengertian, macam,  kebaikan
            dan kelemahan.
5.2.4.      Mendiskusikan cara sistem ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi melalui contoh-contoh di berbagai negara.

                 5.3.  Kegiatan Akhir   :

  5.3.1.     Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
5.3.3         Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.4         Informasi dan pemberian tugas


            6.     Penilaian Hasil Belajar
               
6.1  Prosedur Penilaian     :  1.  Penilaian proses belajar
                                                        2.  Penilaian hasil belajar

6.2  Jenis dan Bentuk Tes :  1. Tes lisan
                                                        2. Tes Tertulis :Essay















6.3  Butir-butir Soal   :

E s s a y :

1.      Uraikan masalah pokok ekonomi
2.      Jelaskan pengertian sistem ekonomi
3.      Sebutkan bentuk-bentuk sistem ekonomi
4.      Buatlah tabel perbandingan sistem ekonomi berdasarkan kelebihan dan kelemahannya
5.      Uraikan bagaimana cara sistem ekonomi dalam memecahkan masalah
Ekonomi
6.      Mengapa dalam sistem ekonomi pasar lebih menguntungkan para pengusaha besar
7.      Sistem ekonomi apa yang paling cocok digunakan di Indonesia
8.      Sebutkan negara – negara yang menggunakan sistem ekonomi terpusat
9.      Untuk siapa barang dan jasa di produksi
10.  Apa yang harus dilakukan para pengusaha untuk mengatasi masalah ekonomi

     Tangerang,   Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL                                              Guru Mata Pelajaran,


                       


Drs. H. Ambiar M, Pd.                                                              Lena Ayu S, Pd.

1 komentar: