Sabtu, 14 Juli 2012

program mengajar


PROGRAM TAHUNAN


Satuan Pendidikan  :     SMK                                              Kelas/Semester   :     XI/1
Mata Pelajaran          :     IPS                                                Tahun Ajaran      :     2011/2012


Semester

Standar Kompetensi

Materi Pokok/Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu

Ket

I
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial 
1.1  Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2  Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat

9 JP

9 JP





Jumlah
18 JP

I
2. Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

2.1  Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.2  Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.3   Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
6 JP


6 JP


6 JP



Jumlah
36












                                                                                                                                        …………………………... 2011
Kepala Sekolah                                                                                                                          Mengetahui
                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran




 

NIP                                                                                                                                      NIP





















PROGRAM SEMESTER


Mata Pelajaran                 :IPS
Kelas                                 :XI
Semester                           :1
Tahun Ajaran                   :2011 – 2012
Standar Kompetensi        : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor
 penyebab konflik dan mobilitas sosial 

Bab.
Materi Pokok/Kompetensi Dasar
Jml
Jam
Bulan
Ket.
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Januari
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34

1
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan


20





´

´

´

´

´



















Persiapan penerimaan rapor




-  Struktur sosial diferensiasi dan stratifikasi soial
































Ulangan Harian 1































2.
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat


40









´

´






´

´

´












Konflik sosial































-  Diferensiasi sosial dan berbagai bentuk stratifikasi sosial di masyarakat
































Ulangan Harian 2































3.

Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial

30



















´

´

´

´

´







-    Hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.































Ulangan Harian 3


























X





Ulangan Harian 4































Latihan Ulangan Umum Semester 1































Jumlah
90

Keterangan:


:
On Job Training

:
Kegiatan tengah semester

:
Libur bulan Ramadan dan sesudah Idul Fitri

:
Latihan ulangan umum semester 1

:
Ulangan umum semester 1

:
Libur semester 1
                                                                                                                                       
                                                                                                                                        …………………………... 2011
Kepala Sekolah                                                                                                                          Mengetahui
                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran



 

NIP                                                                                                                                      NIP




RINCIAN MINGGU EFEKTIF


Satuan Pendidikan :                                                        SMK                     Kelas/Semester            :               XI/1
Mata Pelajaran     :  IPS                                                   Tahun Ajaran     :  2011/2012
                                                                                           


I.      Jumlah minggu dalam semester 1
No.
Bulan
Jumlah Minggu
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Januari
2
5
4
4
5
4
4

Total
28

II.     Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
No.
Kegiatan
Jumlah Minggu
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Kegiatan tengah semester
Libur bulan Ramadan dan sesudah hari raya Idul Fitri
Latihan ulangan umum semester 1
Ulangan umum semester 1
Persiapan penerimaan rapor
Libur semester 1
On Job Training
1
4
1
1
1
2
3

Total
13

III.    Jumlah minggu efektif dalam semester 1
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 28 minggu – 13 minggu
= 15 minggu efektif










               



                                                                                                                                       
                                                                                                                                        …………………………... 2011
Kepala Sekolah                                                                                                                          Mengetahui
                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran




 

NIP                                                                                                                                      NIP










                                                                                

PENGEMBANGAN SILABUS


Satuan Pendidikan  :  SMK
Mata Pelajaran         :  IPS
Standar Kompetensi               :  Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab
                                      konflik dan mobilitas sosial 
Kelas/Semester        :  XI/1
Tahun Ajaran           :  2011/2012




Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Strategi Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan
Metode
Pengalaman Belajar
1.1    Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2    Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat

1. Mendiskripsikan bentuk – bentu struktur sosial dalam fenomena kehidupan.
2. Faktor – faktor pembentuk ketidaksamaan sosial
3. Stratifikasi sosial adalah pembedaan-pembedaan status dan peranan sosial warga masyarakat yang bersifat hierarkis (bertingkat-tingkat).
4. Lembaga / Institusi merupakan pola terorganisasi dari kepercayaan dan perilaku yang dipusatkan pada kebutuhan dasar sosial. Institusi dibentuk untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu.
5. Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial dapat dibedakan dalam pelapisan sosial berdasarkan ekonomi, mata pencaharian, pendidikan, dan pelapisan sosial berdasarkan sosil politik.
6. Menganalisis Faktor Penyebab Konflik Sosial dalam Masyarakat.
7. Konflik Sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
8. struktur sosial dan mobilitas sosial.

- Ceramah
- Tanya jawab
- Penugasan
- Diskusi




Siswa mengetahui segala permasalahan yang berkaitan dengan struktur sosial dan berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
20 JP
(10 ´ pertemuan)






-  Bagan
-  Buku lain yang relevan
-  Buku LKS
-  Buku paket IPS XI


                                                                                                                                       

                                                                                                                                        …………………………... 2011
Kepala Sekolah                                                                                                                          Mengetahui
                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran


 

NIP                                                                                                                                      NIP
























PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

 

Satuan Pendidikan                :   SMK
Mata Pelajaran                       :   IPS
Standar Kompetensi             :   Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab
                                                                             konflik dan mobilitas sosial 
Kelas/Semester                      :   XI/1
Tahun Ajaran                         :   2011/2012


Kompe-
tensi Dasar
Materi  Pelajaran
Teknik Penilaian
Ranah Penilaian
Ket.
Jenis Tagihan
Bentuk Tagihan
Instrumen
K
P
A
1.1   Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2   Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat

1.     Mendiskripsikan bentuk – bentu struktur sosial dalam fenomena kehidupan.
2.     Faktor – faktor pembentuk ketidaksamaan sosial
3.     Stratifikasi sosial adalah pembedaan-pembedaan status dan peranan sosial warga masyarakat yang bersifat hierarkis (bertingkat-tingkat).
4.     Lembaga / Institusi merupakan pola terorganisasi dari kepercayaan dan perilaku yang dipusatkan pada kebutuhan dasar sosial. Institusi dibentuk untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu.
5.     Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial dapat dibedakan dalam pelapisan sosial berdasarkan ekonomi, mata pencaharian, pendidikan, dan pelapisan sosial berdasarkan sosil politik.
6.     Menganalisis Faktor Penyebab Konflik Sosial dalam Masyarakat.
7.     Konflik Sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
8.     struktur sosial dan mobilitas sosial.
Kuis








-Pilihan ganda
- Uraian








1.Integrasi dalam kehidupan masing – masing kelompok sosial, disebut integrasi pada tingkat …
a.  Mikro
b.  Makro
c.  Midi
d.  Menyeluruh
e.  Terbatas

2.Sebutkan pengaruh – pengaruh sosio kultural yang dapat mempengaruhi bentuk kepribadian atau nilai-nilaio kemanusiaan !

3.Jelaskan pengertian struktur sosial menurut kamus sosiologi dan kependudukan tulisan Hartini G. klasta Saputra !
V













V






















V


                                                                                                                                                        ……………………... 2011
Kepala Sekolah                                                                                                                          Mengetahui
                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran


 

NIP                                                                                                                                      NIP
















REKAYASA PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :   SMK
Mata Pelajaran                       :   IPS
Kelas/Semester                      :   XI/1
Materi Pokok                          :   Struktur Sosial Diferensiasi dan Stratifikasi Soaial
Metode                                   :   Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
Pertemuan                              :   1 s.d. 10

   I. Standar Kompetensi   :   Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial 
  II. Kompetensi Dasar    :
1.3   Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.4   Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
   III. Materi Pelajaran        :
1.     Mendiskripsikan bentuk – bentu struktur sosial dalam fenomena kehidupan.
2.     Faktor – faktor pembentuk ketidaksamaan sosial
3.     Stratifikasi sosial adalah pembedaan-pembedaan status dan peranan sosial warga masyarakat yang bersifat hierarkis (bertingkat-tingkat).
4.     Lembaga / Institusi merupakan pola terorganisasi dari kepercayaan dan perilaku yang dipusatkan pada kebutuhan dasar sosial. Institusi dibentuk untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu.
5.     Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial dapat dibedakan dalam pelapisan sosial berdasarkan ekonomi, mata pencaharian, pendidikan, dan pelapisan sosial berdasarkan sosil politik.
6.     Menganalisis Faktor Penyebab Konflik Sosial dalam Masyarakat.
7.     Konflik Sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
8.     struktur sosial dan mobilitas sosial.
IV.    Strategi Pembelajaran       :
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill yang Dikembangkan
I.    Pendahuluan
-   Motivasi      :   Dengan mempelajari struktur sosial diferensiasi dan stratifikasi sosial, siswa dapat mengetahui konflik yang terjadi di masyarakat.
-   Prasyarat    :   Mengetahui kasus-kasus konflik sosial.

II.   Kegiatan Inti
-   Guru            :   Memberikan penjelasan tentang semua yang berhubungan dengan struktur sosial diferensiasi dan stratifikasi sosial.
-   Siswa          :   Mendengarkan penjelasan guru, bertanya, memberikan pendapat, dan memberi komentar tentang materi yang diberikan guru serta mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

III.  Penutup          :   - Uji kompetensi lisan/tulisan
                                  - Penugasan,
                                  - Ulangan harian 1.
225 menit








900 menit













225 menit
Personal dan akademik








Personal dan akademik













Personal dan akademik




V.     Media Pembelajaran  :  

VI.    Penilaian                    :  
        A.     Jenis tagihan     :   Kuis, penugasan
        B.     Tindak Lanjut     :   -   Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
                                                -   Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
                                                -   Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII.   Sumber Bacaan          :   -   Buku IPS XI untuk SMK
                                                -   Buku LKS
                                                -   Buku yang relevan lainnya




                                                                                                                                            ……………………... 2011
Kepala Sekolah                                                                                                                          Mengetahui
                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran



 

NIP                                                                                                                                      NIP



























































PENGEMBANGAN SILABUS


Satuan Pendidikan        : SMK
Mata Pelajaran                                : IPS
Standar Kompetensi      : Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Kelas/Semester               : XI/1
Tahun Ajaran                  : 2011/2012


Kompetensi Dasar
Materi Pelajaran
Strategi Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan
Metode
Pengalaman Belajar
2.4  Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.5  Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.6  Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
1.   Mendeskirpsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
2.   Mendiskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
3.    Tipe situasi-situasi konflik: konflik inter-individu, antarindividu, antarkelompok.
4.   Mendeskripsikn keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarkat multikultural.
5.    Kerumunan adalah individu-individu yang berkumpul secara kebetulan di suatu tempat dan juga pada.
6.   Publik adalah kelompok yang bukan merupakan kesatun interksi terjadi secara tidak langsung melalui alat-alat komunikasi.
7.   Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H Cooley.
8.   Kelompok sosial yang terbentuk atas dasar perasaan individu terhadap kelompok itu.

- Ceramah
- Tanya jawab
- Penugasan
- Diskusi



Siswa mengetahui dan mampu menganalisis factor penyebab konflik sosial yang terjad dalam masyarakat.
40 JP
(20 ´ pertemuan)





-  Bagan
-  Buku lain yang relevan
-  Buku LKS
-  Buku Paket IPS XI





               



                                                                                                                                            ……………………... 2011
Kepala Sekolah                                                                                                                          Mengetahui
                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran



 

NIP                                                                                                                                      NIP










PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Satuan Pendidikan                :   SMK
Mata Pelajaran                       :   IPS
Standar Kompetensi              :   Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kelas/Semester                      :  XI/1
Tahun Ajaran                         :   2011/2012


Kompe-
tensi Dasar
Materi  Pelajaran
Teknik Penilaian
Ranah Penilaian
Ket.
Jenis Tagihan
Bentuk Tagihan
Instrumen
K
P
A
2.7  Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.8  Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.9  Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
1.     Mendeskirpsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
2.     Mendiskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
3.      Tipe situasi-situasi konflik: konflik inter-individu, antarindividu, antarkelompok.
4.     Mendeskripsikn keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarkat multikultural.
5.      Kerumunan adalah individu-individu yang berkumpul secara kebetulan di suatu tempat dan juga pada.
6.     Publik adalah kelompok yang bukan merupakan kesatun interksi terjadi secara tidak langsung melalui alat-alat komunikasi.
7.     Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H Cooley.
8.     Kelompok sosial yang terbentuk atas dasar perasaan individu terhadap kelompok itu.

Kuis











Pilihan ganda

Uraian











1.  Sebagai suatu masyarakat yangmajemuk maka konsekuensi logis yang sering terjadi adaah berupa…
a. kedamaian dengan penuh toleransi
b. konflik antar anggota masyarakat
c. persatuan etnis
d. kehidupan yang harmonis
e. kerja sama dan saling ketergantungan

2.  sebutkan bentuk individu – individu yang berkumpul secara kebetulan di suatu temapt dan juga pada waktu yang bersamaan !

3.  Sebutkan tipe – tipe kelompok sosial dalam masyakat multikultural yang diakibatkan gubungan anatara kelompok sosial dan masyarakat !
V







V











V


                                                                                                                                            ……………………... 2011
Kepala Sekolah                                                                                                                          Mengetahui
                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran



 

NIP                                                                                                                                      NIP














REKAYASA PEMBELAJARAN

                                                            Satuan Pendidikan    : SMK
                                    Mata Pelajaran           : IPS
                                    Kelas/Semester          : XI/1
                                    Materi Pokok                              : Konflik sosial
                                    Metode                        : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
                                    Pertemuan                  : 11 s.d. 19

   I.   Standar Kompetensi         : Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
  II.     Kompetensi Dasar           :
2.10 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.11Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.12Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
III.   Materi Pelajaran                 : 
1.     Mendeskirpsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
2.     Mendiskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
3.      Tipe situasi-situasi konflik: konflik inter-individu, antarindividu, antarkelompok.
4.     Mendeskripsikn keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarkat multikultural.
5.      Kerumunan adalah individu-individu yang berkumpul secara kebetulan di suatu tempat dan juga pada.
6.     Publik adalah kelompok yang bukan merupakan kesatun interksi terjadi secara tidak langsung melalui alat-alat komunikasi.
7.     Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H Cooley.
8.     Kelompok sosial yang terbentuk atas dasar perasaan individu terhadap kelompok itu.

IV.    Strategi Pembelajaran       :
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill yang Dikembangkan
I.    Pendahuluan
-   Motivasi      :   Siswa dapat mengetahui berbagai konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat beserta penyelesaiannya.
-   Prasyarat    :   Siswa telah mengetahui struktur sosial diferensiasi dan stratifikasi sosial.
 II.                    Kegiatan Inti
-   Guru            :   Menjelaskan pengertian konflik, tipe konflik, jenis-jenis kekerasan, sebab-sebab terjadinya konflik, dan cara memanajemen konflik.
-  Siswa           :   Mendengarkan penjelasan guru, bertanya, memberikan pendapat, dan memberi komentar tentang materi yang diberikan guru serta mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
III.  Penutup          :   -   Uji kompetensi lisan/tulisan
                                  -   Diskusi
225 menit








900 menit











225 menit
Personal dan akademik








Personal dan akademik











Personal dan akademik
V.     Media Pembelajaran :   
VI.    Penilaian                   :   
        A.     Jenis tagihan    :    Kuis, penugasan
        B.     Tindak Lanjut    : - Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
                                           - Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
                                          - Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII.   Sumber Bacaan        : - Buku IPS XI untuk SMK, LKS, Buku yang relevan lainnya.

                                                                                                                                            ……………………... 2011
Kepala Sekolah                                                                                                                          Mengetahui
                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran

 

NIP                                                                                                                                      NIP


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar