Rabu, 11 Januari 2012

Pengertian Struktur Sosial

Struktur Sosial dapat dilihat dari bentuk, ciri-ciri dan fungsi. Dilihat dari bentuknya terdiri dari stratifikasi dan diferensiasi dan dilihat dari ciri-cirinya diantaranya adalah muncul pada kelompok masyarakat, berkaitan dengan kebudayaan, dapat berbah dan berkembang, serta dilihat dari fungsinya adalah fungsi identitas, fungsi kontrol dan fungsi pembelajaran. Secara harfiah struktur bisa diartikan sebagai susunan atau bentuk. Bila dilihat dari asal katanya, asal kata struktur dari bahasa latin "structum" yang berarti menyusun, membangun sebuah gedung atau secara umum dapat dimaknai sebagai kerangka.
Pengertian Struktur sosial
Para ahli sosiolog merumuskan definisi struktur sosial sebagai berikut:
a. George Simmel mengatakan bahwa struktur sosial itu hanya sekedar sekumpulan individu serta pola perilakunya namun masyarakat tidak independen dari individu yang membentuknya.
b. George C. Homans, struktur sosial merupakan hal yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari.
c. William Kornblum, struktur sosial adalah susunan yang dapat terjadi karena adanya pengulangan pola perilaku individu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar