Rabu, 11 Januari 2012

Sifat Stratifikasi Sosial

Sifat Stratifikasi Sosial dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:
1. Stratifikasi Tertutup (Closed Social Stratification). Stratifikasi ini membatasi kemungkinan seseorang untuk melakukan mobilitas atau pindah lapisan baik itu lapisan atas maupun lapisan bawah. Dalam pelapisan ini salah satu jalan untuk memasukinya hanya melalui kelahiran, misal pada masyarakat berkasta.
2. Stratifikasi Sosial Terbuka (Openeda Social Stratification). Pada sistem ini setiap anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk melakukan mobilitas atau pindah dari satu lapisan ke lapisan yang lain. Contohnya pelapisan sosial terbuka ini dapat kita temui pada masyarakat negara maju atau negara industri.
3. Stratifikasi Sosial Campuran.  Pada kenyataannya kita tidak hanya menemui pelapisan sosial yang bersifat tertutup dan terbuka saja, Akan tetapi didalam kehidupan masyarakat dewasa ini kita juga mencapati campuran dari keduanya, seperti yang kita lihat pada masyarakat Bali. Dari sisi budaya mereka menggunakan sistem pelapisan sosial tertutup,seperti adanya empat kasta, yakni
brahmana, ksatria, waisya dan sudra. Akan tetapi dalam sistem ekonomi yang berjalan menggunakan sistem terbuka. Disinilah masing-masing anggota masyarakat bisa melakukan mobilitas berdasar kecakapannya tanpa memandang latar belakang kasta.










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar