Rabu, 11 Januari 2012

Stratifikasi Sosial

Pengertian Stratifikasi Sosial
Stratifikasi Sosial berasal dari bahasa latin,yakni "stratum" yang berarti tingkatan dan "socius" yang berarti teman atau masyarakat. Stratifikasi Sosial berarti tingkatan sosial yang ada dimasyarakat. Berikut ini beberapa pendapat para ahli tentang definisi stratifikasi sosial:
1. Max Weber menyebutkan bahwa kekuasaan, hak istimewa dan prestiselah yang mnejadi dasar terciptanya stratifikasi sosial.
2. Cuber menyebutkan bahwa hak-hak individu yang berbeda menjadi penyebab kemunculan stratifikasi sosial.
3. Chinoy menyebutkan bahwa stratifikasi adalah proses, struktur dan sekaligus masalah. Maksudnya stratifikasi tidak hanya dapat dilihat sebagai salah satu dimensi dari diferensiasi atau proses pembedaan sosial, namun juga dapat dilihat sebagai sebuah struktur yang dihasilkan oleh proses pemisahan masyarakat kedalam kelompok-kelompok.
4. Macionis mendefinisikan stratifikasi sosial sebagai sistem kategori penjenjangan manusia dalam satu jenjang dari atas ke bawah (hirarki).
5. Kamanto Sunarto mendefinisikan stratifikasi sosial sebagai pembedaan anggota masyarakat berdasarkan status yang dimilikinya.
6. Berger mendefinisikan stratifikasi sosial sebagai penjenjangan masyarakat menjadi hubungan atasan-bawahan atas dasar kekuasaan, kekayaan dan kehormatan.
7. Pitrin A. Sorokin mendefinisikan bahwa sistem stratifikasi sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat dalam kelas-kelas secara bertingkat yang diwujudkan dalam kelas tinggi, sedang dan rendah.
8. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt. Stratifikasi sosial adalah sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.
9. Robert M.Z. Lawang. Stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu kedalam lapisan-lapisan hirarki menurut dimensi kekuasaan, privilege dan prestise.
10. Soerjono Soekanto. Stratifikasi sosial adalah pembedaan posisi seseorang atau kelompok dalam kedudukan berbeda-beda secara vertikal.
11. Bruce  J. Cohen. Stratifikasi sosial adalah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar