Senin, 30 Januari 2012

Kebudayaan Nusa Tenggara Timur

Pengantar

Mitra Praja Utama | Nusa Tenggara Timur - Informasi Pariwisata dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur adalah Provinsi yang terdiri dari tiga kepulauan besar dan yang disingkat menjadi (Flores, Sumba, Timor dan Alor). Provinsi Nusa Tenggra Timur, yang terdiri dari 646 pulau-pulau besar dan kecil.

Dari jumlah tersebut hanya 218 pulau yang memiliki penduduk dan terdapat 598 tidak memiliki penduduk, seperti pulau Berbatu, Alang-alang dan Savanah dengan pasir pantai yang bisa mendapat investasi besar untuk di exploitasi.

Letak astronomis Nusa Tengara Timur berada pada 8 - 12 lintang selatan dan 188 – 125 lintang barat, kondisi geografis seperti pengaruh iklim dan potensi keindahan alam Nusa Tenggara Timur.

Kelompok pulau-pulau di Nusa Tenggara Timur menyebar dari pulau-pulau di Manggarai Barat dimana pulau Komodo dan Rinca yang seperti Varanus Komodoensis, Hewan purba yang masih hidup sampai sekarang, pulau-pulau kecil di Riung dengan taman laut yang membuat dunia kagum, ini akan lebih menakjubkan dengan keindahan alam perbukitan dengan danau tiga warna Kelimutu.

Teluk Maumere dengan terumbu karang dan ikan dihiasi indah adalah sumber daya alam yang tidak akan ada jika tidak diintegrasikan dengan snorkeling standart internasional dipulau Koppa dan Teluk Kupang yang kaya berbagai macam taman yang indah.

Desa Boty dengan budaya primitive terintegrasi dengan budaya yang unik dengan keajaiban Belu dan Pasola dengan pertunjukan Kuda dan lempar lembing serta mau menunjukan betapa beraninya pemuda bangsa ini dalam perjuangan melawan penjajah

Desa Tradisional Lai Tarung dengan megalitik yang menarik dan terus memegang kostum dan warisan tradisional nenek moyang bangsa ini menunjukan bagaimana menjadi bangsa yang berbudaya berapresiasi kepada leluhur

Perkembangan Nusa Tenggara Timur terus didorong untuk mensejahterakan rakyat, namun warisan terdisional oleh nenek moyang tidak dapat dilupakan. Mereka harus dijaga agar obyek wisata bagi wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.

Nusa Tenggara Timur dapat ditempuh malalui udara, yaitu Kupang dari berbagai daerah di Indonesia dan dari Australia. Maumere dapat ditempuh dari Jakarta, Surabaya dan Denpasar. Waingapu dapat dicapai dari Jakarta, Surabaya dan Denpasar, Labuan Bajo dapat ditempuh melalui perjalanan di udara dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, Mataram dan Bima, sementara itu melalui Laut dapat di tempuh dari Ende, Maumere, Larantuka, Kalabahi dan Kupang, untuk transportsi Darat ditempuh melalui dari Bima ke Labuan Bajo.

Di Kupang ada 5 jenis penerbangan diantaranya adalah Merpati Nusantara Airlines, Batavia Air, Garuda City, Trans Nusa dan Lion Air, Sementara itu pengiriman layanan ditangani oleh Pelni (Pelayanan Nasional) Kapal Seperti MS (Motor Ship) Awu, Sirimau, Bukit Siguntang.
Untuk mencapai wilayah seluruh NTT Ada juga 4 Kapal serbaguna. Sementara itu layanan penyeberangan ditangani oleh PT. ASDP (Sungai dan Penyebrangan) Such PMS (Passenger Motor Ship) Umakala, Ile Ape, lle mandiri dan PMS Kambonira, selian itu ada 2 Feri, yaitu Experss Bahari dan Sinar Gemilang transportasi.

DATANG KE NUSA TENGGARA TIMUR
KENALI DAN CINTAI BUDAYA BANGSAMU

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar