RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 2 TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Kode Kompetensi : 5
Kompetensi Dasar : 5.1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit (6 x pertemuan)
1.
Tujuan Pembelajaran
1.1 Menjelaskan definisi struktur sosial
1.2 Mengidentifikasikan struktur sosial
1.3 Mendeskripsikan fungsi dan bentuk-bentuk
struktur sosial
2. Materi Ajar
2.1 Pengertian dan ciri struktur sosial
2.2 Fungsi dan bentuk struktur sosial
3. Metoda Pembelajaran
3.1
Ceramah
Bervariasi
3.2
Diskusi
Kelas
3.3
Pemberian
Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1
Buku-buku
Sosiologi
4.2
Buku-buku
pegangan sosiologi SLTA
4.3
Koran
4.4
Majalah
4.5
Kliping
4.6
Lingkungan
sekita
5. Kegiatan
Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1 Menggali informasi
tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan
ciri-cirinya.
5.2.2
Berdiskusi
kelas tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-
bentuknya.
5.3. Kegiatan Akhir :
5.3.1
Memberikan
kesimpulan.
5.3.2
Tanya
Jawab
5.3.3
Memberikan
pekerjaan rumah (PR)
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1.
Prosedur Penilaian
: 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2.
Jenis dan Bentuk Tes :
1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Essay
6.3.
Butir-butir Soal :
E s s a y
1. Apakah yang
dimaksud dengan struktur sosial
2. Jelaskan
ciri-ciri struktur sosial
3. Jelaskan fungsi
stuktur sosial
4. Jelaskan mengapa
penting untuk mempelajari struktur sosial
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs.
Gede Yenu Yani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi :
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
Kode
Kompetensi : 5
Kompetensi
Dasar : 5.1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur
sosial
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit (6 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Menjelaskan struktur sosial berdasarkan
pengertian dan ciri-cirinya
1.2 Mendeskripsikan struktur sosial menurut fungsi
dan bentuk-bentuknya
2.
Materi Ajar
2.1 Pengertian dan ciri struktur sosial
2.2 Fungsi dan bentuk struktur sosial
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4.
Sumber Belajar
4.1 Buku-buku
Sosiologi
4.2 Buku-buku
pegangan sosiologi/antropologi SLTA
4.3 Koran
4.4 Majalah
4.5 Kliping
4.6 Lingkungan
sekita
5
Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1 Menggali informasi
tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan
ciri-cirinya.
Berdiskusi kelas tentang struktur sosial
menurut fungsi dan bentuk-
bentuknya.
5.3
Kegiatan Akhir :
5.3.1
Memberikan kesimpulan.
5.3.2
Tanya Jawab
5.3.3 Memberikan tugas pekerjaan rumah (PR)
6. Penilaian Hasil Belajar
- Prosedur Penilaian : 1.
Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
- Jenis dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes
Tertulis : Essay
- Butir-butir Soal :
E
s s a y
1. Berikan Contoh fungsi kontrol ?
2. Kebudayaan Minangkabau menganut sistem
kekerabatan apa ?
3. Apakah yang kalian ketahui tentang Sistem
kekerabatan Patrilineal ?
4. Sebutkan
macam-macam sistem kekerabatan yang ada di Indonesia ?
5. Berikan contoh
fungsi pembelajaran ?
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi :
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Penyebab Konflik dan
Mobilitas Sosial
Kode
Kompetensi : 5
Kompetensi
Dasar : 5.1. Menganalisis faktor
penyebab konflik sosial
dalam masyarakat
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran
1.1 Menjelaskan konflik sosial berdasarkan
pengertiannya
1.2 Mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan
faktor-faktor penyebabnya
1.3 Mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan
bentuk pengendaliannnya
1.4 Menganalisis konflik sosial berdasarkan
dampak yang muncul
2. Materi Ajar
2.1 Pengertian konflik sosial
2.2 Faktor-faktor penyebab konflik sosial
2.3 Bentuk pengendalian konflik sosial
2.4 Dampak konflik sosial
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah
Bervariasi
3.2 Diskusi
Kelas
3.3 Pemberian
Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1 Buku-buku
Sosiologi
4.2 Buku-buku
pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran
4.4 Majalah
4.5 Kliping
4.6 Lingkungan
sekitar
6
Kegiatan Pembelajaran
5.1.
Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi
pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1 Menggali informasi
tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan
ciri-cirinya.
5.2.1
Berdiskusi
kelas tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-
bentuknya.
5.3. Kegiatan Akhir :
5.2.1
Bersama
siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.2.2
Penjajagan
hasil belajar melalui tanya jawab
5.2.3
Informasi
dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
a. Prosedur
Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
b. Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Essay
c. Butir-butir
Soal :
E s s a y
1. Apakah yang kalian ketahui tentang Konflik ?
2. Sebutkan macam-macam penyebab konflik ?
3. Siapakah tokoh yang mengemukakan empat faktor penyebab
konflik ?
4. Sebutkan contoh konflik antar
etnis ?
5. Apakah yang dimaksud dengan
komflik pribadi ?
6. Apakah yang dimaksud dengan
konflik in-group ?
7. Apa dampak positif konflik ?
8
Menunjukan
pihak ketiga untuk memberikan nasihat,
saran, dan pendapat untuk menyelesaikan konflik
disebut juga ?
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi :
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat
Multikultural
Kode Kompetensi :
6
Kompetensi Dasar :
6.1. Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 x pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran
1.1 Menjelaskan kelompok sosial berdasarkan
pengertiannya
1.2 Mendeskripsikan masyarakat multikultural
berdasarkan pengertiannya
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara kelompok
sosial dan masyarakat multikultural
2. Materi Ajar
2.1 Pengertian kelompok sosial
2.2 Pengertian masyarakat multikultural
2.3 Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat
multikultural
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1 Buku-buku Sosiologi
4.2 Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran/majalah
4.4 Kliping
4.5 Lingkungan sekita
5.
Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1 Menggali informasi
tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan
ciri-cirinya.
Mendiskusikan
tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-
bentuknya.
5.3. Kegiatan Akhir :
5.3.1
Memberikan
kesimpulan.
5.3.2
Tanya
Jawab
5.3.3
Memberikan
Pekerjaan Rumah (PR)
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1.
Prosedur Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2.
Jenis dan Bentuk Tes
: 1. Tes lisan
2.
Tes Tertulis : Pilihan Ganda dan Essay
6.3.Butir-butir
Soal :
E s s a y :
1. Apa yang dimaksud dengan Masyarakat multikultural ?
2. Apa yang dimaksud dengan
kelompok sosial ?
3. Berikan contoh Indonesia merupakan masyarakat
multikultural ?
4. Barack Obama yang
mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat memiliki latar belakang keluarga
yang terpengaruh oleh macam-macam budaya. Hal ini dimanfaatkannya untuk menarik
simpati masyarakat dalam setiap kampanye. Bagaimanakah menurut pendapatmu
tentang hal ini ?
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi :
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat
Multikultural
Kode Kompetensi :
6
Kompetensi Dasar :
6.2. Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial
dalam masyarakat multikultural
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Menjelaskan kelompok sosial berdasarkan
pengertiannya
1.2 Mendeskripsikan masyarakat multikultural
berdasarkan pengertiannya
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara kelompok
sosial dan masyarakat multikultural
2.
Materi Ajar
2.1 Pengertian kelompok sosial
2.2 Pengertian masyarakat multikultural
2.3 Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat
multikultural
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1 Buku-buku Sosiologi
4.2 Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran/majalah
4.4 Kliping
4.5 Lingkungan sekitar
5. Kegiatan
Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1 Menggali informasi
tentang masyarakat multikultural menurut faktor-
Faktor penyebabnya.
5.2.2 Berdiskusi kelas tentang masyarakat
multikultural di Indonesia
berdasarkan
karakteristiknya.
5.3
Kegiatan Akhir :
5.3.1
Memberikan
kesimpulan.
5.3.2
Tanya Jawab
5.3.3 Memberikan tugas Pekerjaan Rumah (PR)
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1.
Prosedur Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2.
Jenis dan Bentuk Tes
: 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Essay
6.3. Butir-butir Soal :
Essay :
1
Jelaskan pengertian kelompok sosial
2. Sebutkan macam – macam kelompok
sosial
3. Apa yang dimaksud dengan keluarga
luas
4. Sebutkan perbedaan antara
kelompok teritorial dan kelompok sosial yang bersifat geneologis dan teritorial
5. Jelaskan pengertian masyarakat
mltikultural menurut J.S. Furnival
6. Sebutkan Faktor – faktor penyebab
masyarakat multikultural
7. Mengapa kita perlu membentuk
masyarakat multikultural
8. Jelaskan perbedaan kelompok
sosial dengan kerumunan
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M. Pd. Drs. Gede Yenu Yani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan
Kelompok Sosial dalam Masyarakat
Multikultural
Kode Kompetensi :
6
Kompetensi Dasar :
6.3. Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok
sosial dalam masyarakat multikultural
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Menjelaskan solidaritas
mekanik dan solidaritas organik menurut Durkheim
1.2 Menjelaskan gemeinschaft
dan gesselschaft menurut F. Tonnies
1.3 Menjelaskan kelompok primer dan kelompok
sekunder menurut C.H Cooley dan E. Farris
1.4 Menjelaskan In-Group dan Out-Group menurut
W.G Summer.
2.
Materi Ajar
2.1
Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
2.2
Gemeinschaft dan gesselschaft
2.3 Kelompok
primer dan kelompok sekunder
2.4 In-group dan Out-group.
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1.Buku-buku Sosiologi
4.2.Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3.Koran
4.4.Majalah
4.5.Kliping
4.6.Lingkungan sekita
5.
Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
Berdiskusi dan
pemberian tugas tentang kelompok-kelompok sosial dalam
masyarakat Multikultural menurut
beberapa tokoh sosiologi.
5.3 Kegiatan
Akhir :
5.3.1
Bersama
siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.3.2
Penjajagan
hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3
Informasi
dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1.Prosedur
Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2.Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2.
Tes Tertulis :Essay
6.3.Butir-butir
Soal :
E s s a y
1
Jelaskan pengertian Solidaritas mekanik
2.
Jelaskan pengertian solidaritas Organik
3.
Jelaskan pengertian Gemeinschaft dan Gesellschaft
4.
Sebutkan cici – ciri masyarakat gemeinschafy
5.
Sebutkan contoh dari Gemeinschaft dan Gesellschaft
6.
Jelaskan perbedaan antara kelompok primer dengan kelompok sekunder
7.
Sebutkan contoh dari kelompok primer
dan kelompok sekunder
8.
Apa yang dimaksud dengan in-group feeling
9.
Sebutkan ciri – ciri dari in-grop
10.
Sebutkan contoh in-group feeling
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
XI/1
Standar Kompetensi :
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode
Kompetensi : 7
Kompetensi Dasar :
7.1. Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh
budaya asing, dan hubungan antarbudaya
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit (5 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Menjelaskan budaya dan
budaya lokal menurut pengertiannya
1.2 Menjelaskan budaya menurut unsur-unsurnya
1.3 Mengidentifikasi budaya lokal berdasarkan
macam-macamnya.
1.4 Mengidentifikasi masuknya budaya asing
melalui dampak yang ditimbulkannya
1.5 Mengidentifikasi budaya berdasarkan
hubungan antarbudaya
2.
Materi Ajar
2.1 Pengertian
budaya dan budaya lokal
2.2 Unsur-unsur
budaya
2.3 Macam-macam
budaya lokal di Indonesia
2.4 Dampak masuknya budaya asing
2.5 Hubungan antarbudaya
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.3 Diskusi Kelas
3.4 Pemberian Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1 Buku-buku Sosiologi
4.2 Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran
4.4 Majalah
4.5 Kliping
4.6 Lingkungan sekita
5
Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1
Menyimak
tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
5.2.2
Berdiskusi
tentang mavcam-macam budaya lokal di Indonesia
5.2.3
Diskusi
kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
5.2.4
Tugas
kelompok tentang hubungan antarbudaya
5.3
Kegiatan Akhir :
5.3.1
Bersama
siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.3.2
Penjajagan hasil
belajar melalui tanya jawab
5.3.3 Informasi
dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1 Prosedur
Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian
hasil belajar
6.2 Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis
6.3 Butir-butir
Soal :
E s s a y
1. Jelaskan pengertian
budaya menurut para ahli
2. Jelaskan
pengertian budaya lokal
3. Sebutkan 7
unsur kebdayaan yang bersifat universal
4. Sebutkan macam
– macam budaya lokal
5. Sebutkan contoh
kesenian budaya lokal
6. Sebutkan dan
menjelaskan 7 unsur kebudayaan masing – masing siswa
7. Sebutkan dampak
positif dan negatif masuknya kebudayaan asing ke Indonesia
8. Menjelaskan perbedaan sistem kepercayaan di
Indodnesia sebelum datangnya pengaruh agama – agama besar dan sesudah datangnya
pengaruh agama besar
9. Jelaskan fungsi
bahasa secara khusus
10.Menjelaskan pengertian Akulturasi, asimilasi, Sintetis
dan penetrasi
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs.
Gede Yenu Yani
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGEERANG SELATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi :
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode
Kompetensi : 7
Kompetensi Dasar : 7.2.
Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya
yang ada dimasyarakat setempat dalam kaitannya
dengan budaya nasional
Alokasi Waktu
: 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Mengidentifikasi keberagaman budaya
berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
1.2 Menganalisis keberagaman budaya berdasarkan
manfaatnya
1.3 Mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal
sesuai kondisi masyarakat setempat.
2.
Materi Ajar
2.1
Faktor-faktor penyebab keragaman budaya
2.2 Manfaat
keberagaman budaya
2.3
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1 Buku-buku Sosiologi
4.2 Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran
4.4 Majalah
4.5 Kliping
4.6 Lingkungan sekita
5.
Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1
Berdiskusi
kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor
Penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya
5.2.2
Tugas
kelompok tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat
5.3 Kegiatan Akhir
:
5.3.1
Bersama
siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.3.2
Penjajagan
hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3 Informasi dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1 Prosedur
Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2 Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes tertulis
6.3 Butir-butir
Soal :
E s s a y
1. Sebutkan faktor - faktor penyebab kebudayaan
2. Sebutkan
perbedaan setiap suku yang ada di Indonesia
3. Dari manakan
nenek moyang bangsa Indonesia berasal
4. Sebutkan
manfaat keberagaman budaya Indonesia
5. Menjelaskan mengapa sistem mata pencaharian
masyarakat Indonesia berbeda – beda
Tangerang,
Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
XI/2
Standar Kompetensi :
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode Kompetensi :
7
Kompetensi Dasar :
7.3. Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian
masalah akibat adanya keberagaman budaya
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
1.Tujuan Pembelajaran
1.1 Menjelaskan keberagaman budaya berdasarkan
masalah-masalah yang muncul.
1.2 Mendeskripsikan integrasi
nasional berdasarkan kepentingan dalam NKRI.
1.3 Mengidentifikasi upaya menjaga keselarasan antarbudaya
berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
2. Materi Ajar
2.1
Masalah-nasalah
yang muncul akibat keberagaman budaya
2.2
Pentingnya
integrasi nasional
2.3 Peran masyarakat dalam
menjaga keselarasan antarbudaya
2.4 Peran pemerintah dalam
menjaga keselarasan antarbudaya
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1 Buku-buku Sosiologi
4.2 Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran
4.4 Majalah
4.5 Kliping
4.6 Lingkungan sekita
5. Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1
Diskusi
kelompok tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
5.2.2
Menyimak
informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI.
5.2.3
Diskusi
kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan
antarbudaya.
5.3. Kegiatan Akhir :
5.3.1
Bersama
siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas.
5.3.2
Penjajagan
hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3
Informasi
dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1 Prosedur Penilaian
: 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2 Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes
lisan
2. Tes Tertulis : Essay
6.3 Butir-butir
Soal :
E s s a y
1. Jelaskan keragaman budaya yang muncul dalam kehidupan
sehar – hari
2. Sebutkan faktor – faktor yang mempengaruhi integrasi
nasional
3. Jelaskan pengertian integrasi nasional berdasarkan
para ahli
4. Jelaskan peran pemerintah dalam memelihara integrasi
nasional
5. Sebutkan perbedaan integrasi
nasional Indonesia pada masa orde baru dengan
masa reformasi
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs.
H. Ambiar M, Pd. Drs.
Gede Yenu Yani
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
XI/2
Standar
Kompetensi : Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
Kode
Kompetensi : 7
Kompetensi
Dasar : 7.4. Menunjukkan sikap toleransi dan empati
sosial
terhadap keberagaman budaya
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 x pertemuan)
1.
Tujuan Pembelajaran
1.1. Menunjukkan cara menghargai budaya orang
lain dalam sikap hidup sehari-hari.
1.2.
Menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya lokal
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Materi Ajar
2.1
Menghargai
budaya orang lain
2.2
Menjaga
dan melestarikan budaya lokal
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah
Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1 Buku-buku Sosiologi
4.2 Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran
4.4 Majalah
4.5 Kliping
4.6 Lingkungan sekita
5
Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan
Inti :
5.2.1.
Simulasi
tentang cara menghargai budaya orang lain.
5.2.2. Bermain peran tentang
cara menjaga dan melestarikan budaya lokal
5.3. Kegiatan
Akhir :
5.3.1. Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi
yang sudah dibahas.
5.3.2. Penjajagan hasil belajar melalui tanya
jawab
5.3.3. Informasi dan pemberian tugas
6.
Penilaian Hasil Belajar
6.1.Prosedur Penilaian
: 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2.Jenis dan Bentuk Tes :
1. Tes lisan
2. Tes
Tertulis : Essay
6.3.Butir-butir Soal :
E s s a y
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan empati dan toleransi
2. Sebutkan contoh dari sikap empati dan toleransi
3. Jelaskan cara menghargai budaya orang lain
4. Sebutkan sikap yang harus kita miliki untuk menghargai
kebudayaan orang lain
5. Jelaskan bagaimana cara
menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidpan sehari – hari
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi :
Memahami kehidupan sosial manusia
Kode
Kompetensi : 1
Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi interaksi
sebagai proses sosial
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (2 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Menjelaskan interaksi sosial
berdasarkan pengertiannya
1.2 Menjelaskan proses sosial berdasarkan pengertiannya
1.3 Mengidentifikasi interaksi sosial menurut syarat-syaratnya
2.
Materi Ajar
2.1 Pengertian interaksi sosial
2.2 Pengertian proses sosial
2.3 Pengertian
syarat-syarat interaksi sosial
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah
Bervariasi
3.2 Diskusi
Kelas
3.3 Pemberian
Tugas
4.
Sumber Belajar
4.1 Buku-buku
Sosiologi
4.2 Buku-buku
pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran/majalah
4.4 Kliping
4.5 Lingkungan
sekitar
5. Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan
Inti :
5.2.1 Mengkaji referensi
mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
5.2.2 Mengkaji referensi mengenai proses sosial
berdasarkan pengertiannya
5.2.3 Mendiskusikan tentang syarat-syarat
interaksi sosial
5.3 Kegiatan Akhir :
5.3.1 Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah
dibahas
5.3.2 Penjajagan hasil belajar
melalui tanya jawab
5.3.3 Informasi dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1 Prosedur Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2.Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Essay
6.3 Butir-butir
Soal :
E s s a y :
1. Jelaskan pengertian interaksi sosial
2. Jelaskan pengertian proses sosial
3. Jelaskan syarat-syarat
terjadinya interaksi sosial
4. Sebutkan faktor-faktor yang mendorong
terjadinya interaksi sosial
5.
Sebutkan 2 bentuk kontak sosial berdasarkan prosesnya
6.
Jelaskan 2 bentuk komunikasi sosial berdasarkan
prosesnya
7. Jelaskan pengertian sugesti dalam interaksi
sosial
8. Jelaskan pengertian identifikasi dalam
interaksi sosial
9. Jelaskan pengertian simpati dalam interaksi
sosial
10. Jelaskan pengertian imitasi dalam interaksi
sosial
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Lena Ayu S, Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi :
Memahami kehidupan sosial manusia
Kode Kompetensi :
1
Kompetensi Dasar :
1.2 Mendeskripsikan sosialisasi
sebagai proses
pembentukan kepribadian
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Menjelaskan sosialisasi berdasarkan
pengertiannya
1.2 Mengidentifikasi sosialisasi berdasarkan
media yang dilaluinya
1.3 Mendeskripsikan pembentukan kepribadian menurut
faktor-faktor yang mempengaruhinya
2. Materi Ajar
2.1 Pengertian sosialisasi
2.2 Media sosialisasi
2.3 Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan
kepribadian
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4.
Sumber Belajar
4.1 Buku-buku Sosiologi
4.2 Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran
4.4 Majalah
4.5 Kliping
4.6 Lingkungan sekitar
5. Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan
Inti :
5.2.1 Berdiskusi kelas tentang
sosialisasi berdasarkan pengertiannya.
5.2.2 Tugas kelompok mengenai sosialisasi
menurut media yang dilaluinya.
5.2.3
Berdiskusi kelas tentang pembentukan kepribadian menurut
faktor-faktor
yang
mempengaruhinya
5.3
Kegiatan Akhir :
5.3.1. Bersama siswa menyimpulkan pokok isi
materi yang sudah dibahas
5.3.2. Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3. Informasi dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1. Prosedur
Penilaian : 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2.Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes
lisan
2. Tes
Tertulis : Essay
6.3.Butir-butir
Soal :
E s s a y
1. Jelaskan pengertian sosialisasi
2. Sebutkan 3 tujuan sosialisasi
3. Jelaskan pengertian media sosialisasi
4. Sebutkan 4 contoh media sosialisasi
5. Berikan contoh sosialisasi represif
6. Berikan contoh sosialisasi partisipasif
7. Jelaskan pengertian sosialisasi primer
8. Jelaskan pengertian sosialisasi sekunder
9. Jelaskan pengertian kepribadian
10. Jelaskan hubungan antara sosialisasi dengan
kepribadian
11. Sebutkan 5 faktor yang berpengaruh terhadap
perkembangan kepribadian
12. Uraikan tahap-tahap perkembangan
kepribadian menurut G.H. Mead
13. Jelaskan hubungan antara
kebudayaan dan kepribadian
14. Uraikan ciri-ciri umum kepribadian orang
Indonesia
15. Temukan kelemahan dan
kelebihan kepribadian orang Indonesia
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Lena Ayu S, Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi :
Memahami kehidupan sosial manusia
Kode Kompetensi :
1
Kompetensi Dasar :
1.3. Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit (1 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1
Mengidentifikasi
interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar.
1.2 Mengidentifikasi interaksi sekunder berdasarkan
fenomena sosial di lingkungan sekitar.
2.
Materi Ajar
2.1 Interaksi
primer
2.2 Interaksi
sekunder
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah
Bervariasi
3.2 Diskusi
Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4.
Sumber Belajar
4.1 Buku-buku Sosiologi
4.2 Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
4.3 Koran
4.4 Majalah
4.5 Kliping
4.6 Lingkungan sekitar
5
Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1
Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena
sosial di
lingkungan sekitar.
5.2.2
Tanya
jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan
Sekitar.
5.3. Kegiatan Akhir :
5.3.1. Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi
yang sudah dibahas
5.3.2. Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3. Informasi dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1. Prosedur Penilaian
: 1. Penilaian proses belajar
2.
Penilaian hasil belajar
6.2. Jenis dan Bentuk Tes :
1. Tes lisan
2.
Tes Tertulis : Essay
6.3. Butir-butir Soal :
E s s a y
:
1. Jelaskan pengertian interaksi primer
2. Sebutkan 3 contoh interaksi primer
3. Jelaskan pengertian interaksi sekunder
4. Sebutkan 3 contoh interaksi sekunder
5.
Buatlah tabel perbandingan antara interaksi primer dan
sekunder berdasarkan kelebihan dan kelemahannya
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Lena Ayu S, Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi :
Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kode Kompetensi :
2
Kompetensi Dasar :
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme
dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
Alokasi Waktu :
14 x 45 menit (7 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Menjelaskan
proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat berdasarkan pengaruh
yang ditimbulkannya di berbagai daerah.
2.
Materi Ajar
2.1. Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa
di Dunia Timur
2.2. Masuknya kekuatan asing di Nusantara
melalui pembentukan kongsi dagang; perluasan kolonialisme Barat serta
terbentuknya pemerintahan Hindia Belanda; sistem tanam paksa; sistem politik
pintu terbuka; dan politik Etis.
2.3
Dampak
sosial, ekonomi, politik, dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat
di Nusantara.
2.4
Perlawanan
rakyat dan kerajaan-kerajaan di
Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Barat
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1 Buku-buku Sejarah SMA/SMK
yang berkaitan dengan materi ajar
4.2 Peta dan Lukisan Sejarah Dunia
4.3 Gambar dan foto tokoh-tokoh peristiwa
sejarah
4.4 Slide dan CD pembelajaran sejarah
4.5 Museum dan Perpustakaan
5. Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
Siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2.
Kegiatan Inti :
5.2.1 Mendiskusikan latar
belakang kedatangan orang-orang Eropa di Dunia Timur;
5.2.2 Mencari sumber informasi
tentang masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan;
perluasan kolonialisme Barat serta terbentuknya
pemerintahan Hindia Belanda; Sistem Tanam Paksa;
Sistem politik pintu ter Buka; dan Politik Etis.
5.2.3
Mengidentifikasi dampak sosial, ekonomi, politik dan
budaya akibat kolonialisme dan imperialisme di Nusantara.
5.2.4
Berdiskusi kelas mengenai perlawanan rakyat dan
kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imeprialisme.
5.3.
Kegiatan Akhir
5.3.1
Bersama
siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
5.3.2
Penjajagan
hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3
Informasi
dan pemberian tugas
6.
Penilaian Hasil Belajar
6.1 Prosedur Penilaian
: 1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2 Jenis dan Bentuk Tes :
1. Tes lisan
2. Tes Tertulis : Essay
6.3 Butir-butir Soal :
E s s a y
1. Sebutkan 3 faktor yang melatarbelakangi
kedatangan orang-orang Eropa di
Dunia
Timur
2. Jelaskan peranan kongsi
dagang (VOC) dalam memperluas kolonialisme
dan imperialisme Belanda di Nusantara
3. Sebutkan 3 faktor yang menyebabkan VOC
bubar
4. Jelaskan tujuan Gubernur
Jenderal Daendels membangun sarana jalan dan
pelabuhan di Indonesia
5. Jelaskan latar belakang
diterapkannya sistem tanam paksa oleh pemerintah
Hindia Belanda
6. Jelaskan tujuan sistem politik pintu
terbuka yang diterapkan pemerintah
Hindia Belanda di Indonesia
7. Jelaskan tujuan politik
Etis yang diterapkan oleh pemerintah Hindia Belanda
8. Sebutkan salah satu
contoh dampak kolonialisme dan imperialisme terhadap kehidupan politik,
ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat Indonesia
9. Sebutkan 4 contoh
perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Belanda di
Nusantara!
10. Sebutkan 4 contoh
kerajaan di Nusantara yang melakukan perlawanan
11. terhadap
kolonialisme dan imperialisme Belanda!
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Lena Ayu S, Pd.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi :
Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kode Kompetensi :
2
Kompetensi Dasar :
2.2. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran
nasional, identitas nasional, identitas Indonesia
dan
pergerakan kebangsaan Indonesia
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Mengidentifikasi proses terbentuknya kesadaran nasional,
identitas nasional, identitas
Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia sesuai dengan corak
perjuangannya.
2.
Materi Ajar
2.3. Faktor-faktor yang melatarbelakangi
munculnya pergerakan nasional di Indonesia
(faktor internal dan faktor eksternal)
2.2. Perkembangan pendidikan dan awal munculnya
kesadaran nasional.
2.3. Bentuk dan strategi organisasi pergerakan
nasional Indonesia .
2.4. Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta
terbentuknya identitas kebangsaan
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4. Sumber
Belajar
4.1 Buku-buku Sejarah SMA/SMK
yang berkaitan dengan materi ajar
4.2 Peta dan Lukisan Sejarah Dunia
4.3 Gambar dan foto tokoh-tokoh peristiwa
sejarah
4.4 Slide dan CD pembelajaran sejarah
4.5 Museum dan Perpustakaan
5. Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1
Mendiskusikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pergerakan nasional
di Indonesia (faktor internal dan faktor eksternal)
5.2.2. Mendiskusikan perkembangan pendidikan dan
awal munculnya kesadaran
nasional.
5.2.3. Menganalisis bentuk dan strategi organisasi
pergerakan nasional Indonesia .
5.2.4. Mendiskusikan gagasan persatuan dan
kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia
5.3
Kegiatan Akhir
5.3.1 Bersama siswa
menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
5.3.2 Penjajagan
hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.3 Informasi dan
pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1 Prosedur
Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian
hasil belajar
6.2 Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes
lisan
2. Tes Tertulis :
Essay
6.3 Butir-butir
Soal :
E s s a y :
1. Sebutkan faktor internal
yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional Indonesia
2. Sebutkan faktor eksternal yang
melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional
3. Jelaskan tujuan politik
Etis yang diterapkan pemerintah Hindia Belanda
4. Sebutkan contoh sekolah
formal yang dididirikan Belanda di Indonesia
5. Jelaskan tujuan pendidikan di jaman kolonial Belanda
6. Jelaskan latar belakang
lahirnya Boedi Utomo
7.
Sebutkan tokoh pendiri Boedi Utomo
8. Jelaskan tujuan Boedi Utomo
9. Jelaskan Tujuan
organisasi Sarekat Islam
10. Jelaskan Tujuan
organisasi Taman Siswa
11. Jelaskan semboyan pendidikan Ki Hajar
Dewantara
12. Jelaskan bentuk dan strategi perjuangan
organisasi pergerakan nasional Indonesia
13. Sebutkan contoh organisasi
pergerakan yang non-kooperasi
14. Jelaskan latar belakang
lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
15. Jelaskan pengaruh Sa Ayu umpah Pemuda
terhadap pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
16. Mengapa dizaman sekarang ini para
pemuda mulai kehilangan jati dirinya atau hilang rasa nasionalismenya
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Lena Ayu S, Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi :
Memahami Permasalahan Ekonomi dalam
Kaitannya dengan Kebutuhan Manusia,
Kelangkaan dan Sistem Ekonomi
Kode Kompetensi :
3
Kompetensi Dasar :
3.1. Mengidentifikasi kebutuhan
manusia
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit (1 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Mendeskripsikan kebutuhan
manusia sesuai dengan pengertiannya.
1.2 Mengidentifikasi
kebutuhan manusia sesuai dengan macamnya.
1.3 Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kebutuhan
manusia sesuai dengan sifatnya.
2. Materi Ajar
2.1. Pengertian kebutuhan
2.2. Macam-macam kebutuhan.
2.3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi
Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4.
Sumber Belajar
4.1 Buku-buku ekonomi
4.2 Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
4.3 CD Pembelajaran
4.4 Koran dan majalah ekonomi
5
Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
5.2.1
Mencari
informasi tentang pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan melalui berbagai sumber.
5.2.2
Mendiskusikan
secara kelompok tentang bermacam-macam
kebutuhan manusia di daerah tempat tinggal siswa.
5.2.3
Mendiskusikan
secara kelompok tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan di daerah tempat tinggal siswa
5.3
Kegiatan Akhir :
5.3.1. Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi
yang sudah dibahas
5.3.4. Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.5. Informasi dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1. Prosedur Penilaian
: 1. Penilaian proses belajar
2.
Penilaian hasil belajar
6.2. Jenis dan Bentuk Tes :
1. Tes lisan
2.Tes
Tertulis : Essay
6.3. Butir-butir Soal :
E s s a y :
1.
Jelaskan
pengertian kebutuhan dalam konteks ekonomi
2. Uraikan jenis-jenis
kebutuhan manusia
3. Berikan 3 contoh jenis
kebutuhan primer
4.
Berikan
3 contoh jenis kebutuhan sekunder
5.
Jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
6.
Berikan contoh kebutuhan berdasarkan sifat dan wujudnya
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Lena Ayu S, Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
X/2
Standar Kompetensi :
Memahami Permasalahan Ekonomi dalam Kaitannya
dengan Kebutuhan Manusia, Kelangkaan dan Sistem
Ekonomi
Kode Kompetensi :
3
Kompetensi Dasar :
3.2. Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang
langka dan Kebutuhan manusia yang tidak
terbatas
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran
1.1.Mengidentifikasi benda pemuas kebutuhan manusia sesuai
dengan jenis dan kegunaannya.
1.2 Mendeskripsikan kelangkaan
sesuai dengan pengertiannya.
1.3 Mengidentifikasi kelangkaan sesuai dengan
faktor-faktor penyebabnya.
1.4 Mengidentifikasi biaya peluang sesuai
dengan pengertiannya.
1.5 Menunjukkan contoh biaya peluang sesuai
dengan penyebabnya.
2. Materi Ajar
Kebutuhan
Manusia
2.1. Jenis-jenis dan kegunaan benda pemuas
kebutuhan manusia.
2.2. Pengertian kelangkaan.
2.3. Faktor-faktor penyebab
kelangkaan.
2.4. Pengertian biaya
peluang.
2.5. Contoh biaya peluang
pada kesempatan kerja.
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4.
Sumber Belajar
4.1 Buku-buku ekonomi
4.2 Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
4.3 CD Pembelajaran
4.4 Koran dan majalah ekonomi
5
Kegiatan Pembelajaran
5.1. Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
.
6.2.1
Mendiskusikan
secara kelompok tentang jenis dan
kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia serta contoh-contohnya dari berbagai
sumber.
6.2.2
Mendiskusikan
secara kelompok tentang arti kelangkaan dan penyebab kelangkaan di daerah
setempat dan sekitarnya.
5.2.3. Mendiskusikan secara kelompok tentang
kegiatan pemilihan pemuas kebutuhan untuk menemukan konsep biaya peluang
5.2.4. Mendiskusikan secara kelompok tentang
contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang
lain.
6.3 Kegiatan Akhir :
5.3.1. Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi
yang sudah dibahas
5.3.2 Penjajagan hasil
belajar melalui tanya jawab
5.3.3 Informasi dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1 Prosedur
Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian hasil belajar
6.2 Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertul : Essay
6.3 Butir-butir
Soal :
E s s a y :
1. Sebutkan benda-benda
pemuas kebutuhan manusia
2. Jelaskan kegunaan
benda-benda pemuas kebutuhan tersebut
3. Jelaskan pengertian kelangkaan dalam
konteks ekonomi
4.
Temukan faktor-faktor penyebab kelangkaan
5. Jelaskan pengertian biaya peluang
6. Berikan contoh biaya peluang sesuai dengan
penyebabnya
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA
TANGSEL Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Lena Ayu S, Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 2 KOTA TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
X/2
Standar Kompetensi :
Memahami Permasalahan Ekonomi dalam Kaitannya
dengan Kebutuhan Manusia, Kelangkaan dan Sistem
Ekonomi
Kode Kompetensi :
3
Kompetensi Dasar :
3.3. Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu
tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan
jasa diproduksi
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
1.1 Mengidentifikasi barang
dan jasa sesuai dengan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.
1.2 Mendeskripsikan sistem ekonomi sesuai dengan
pengertiannya.
1.3 Mendeskripsikan sistem ekonomi sesuai dengan macamnya.
1.4 Mengidentifikasi sistem ekonomi sesuai dengan caranya
dalam memecahkan masalah ekonomi.
2. Materi Ajar
Masalah Pokok Ekonomi :
2.1. Barang apa yang diproduksi
2.2. Bagaimana cara memproduksi
2.3. Untuk siapa barang diproduksi
Sistem Ekonomi :
2.4. Pengertian sistem
ekonomi
2.5. Macam-macam sistem
ekonomi
2.6. Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi
2.7 Cara memecahkan masalah ekonomi melalui
sistem ekonomi yang dianut
3. Metoda Pembelajaran
3.1 Ceramah Bervariasi
3.2 Diskusi Kelas
3.3 Pemberian Tugas
4.
Sumber Belajar
4.1 Buku-buku ekonomi
4.2 Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
4.3 CD Pembelajaran
4.4 Koran dan majalah ekonomi
5. Kegiatan Pembelajaran
5.1.
Kegiatan awal :
5.1.1. Apersepsi dengan
memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian
siswa ke arah materi pembelajaran
5.1.2 Informasi tujuan
pembelajaran
5.2. Kegiatan Inti :
.
5.2.1. Mendiskusikan masalah pokok ekonomi: apa,
bagaimana, dan untuk siapa
barang dan jasa diproduksi.
5.2.2. Mengidentifikasi barang dan jasa : apa dan
bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi melalui
studi lapangan pada produsen barang dan
Jasa.
5.2.3. Mengkaji referensi
tentang sistem ekonomi: pengertian, macam,
kebaikan
dan kelemahan.
5.2.4. Mendiskusikan cara sistem
ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi melalui contoh-contoh di berbagai
negara.
5.3. Kegiatan Akhir :
5.3.1. Bersama siswa menyimpulkan pokok isi
materi yang sudah dibahas
5.3.3
Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
5.3.4
Informasi dan pemberian tugas
6. Penilaian Hasil Belajar
6.1 Prosedur
Penilaian :
1. Penilaian proses belajar
2. Penilaian
hasil belajar
6.2 Jenis
dan Bentuk Tes : 1. Tes lisan
2. Tes Tertulis :Essay
6.3 Butir-butir
Soal :
E s s a y :
1.
Uraikan
masalah pokok ekonomi
2. Jelaskan pengertian sistem ekonomi
3. Sebutkan bentuk-bentuk sistem ekonomi
4.
Buatlah tabel perbandingan sistem ekonomi berdasarkan
kelebihan dan kelemahannya
5. Uraikan bagaimana cara sistem ekonomi dalam
memecahkan masalah
Ekonomi
6.
Mengapa dalam sistem ekonomi pasar lebih menguntungkan para pengusaha besar
7.
Sistem ekonomi apa yang paling cocok digunakan di Indonesia
8.
Sebutkan negara – negara yang menggunakan sistem ekonomi terpusat
9.
Untuk siapa barang dan jasa di produksi
10.
Apa yang harus dilakukan para pengusaha untuk mengatasi masalah ekonomi
Tangerang, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Lena Ayu S, Pd.
kok nggak ad yg klas XII nya ya Pak?
BalasHapus