PROGRAM TAHUNAN
Satuan
Pendidikan : SMK Kelas/Semester : XI/1
Mata
Pelajaran : IPS Tahun
Ajaran : 2011/2012
Semester
|
Standar
Kompetensi
|
Materi Pokok/Kompetensi
Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
I
|
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan
mobilitas sosial
|
1.1
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2
Menganalisis faktor
penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
9 JP
9 JP
|
|
|
|
Jumlah
|
18 JP
|
|
I
|
2. Mendeskripsikan
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
2.3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
6 JP
6 JP
6 JP
|
|
|
|
Jumlah
|
36
|
|
…………………………...
2011
Kepala
Sekolah Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
![]() |
![]() |
NIP NIP
PROGRAM SEMESTER
Mata
Pelajaran :IPS
Kelas :XI
Semester :1
Tahun
Ajaran :2011 – 2012
Standar
Kompetensi : Memahami struktur
sosial serta berbagai faktor
penyebab konflik dan mobilitas sosial
Bab.
|
Materi
Pokok/Kompetensi Dasar
|
Jml
Jam
|
Bulan
|
Ket.
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
Januari
|
|||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
32
|
33
|
34
|
1
|
Mendeskripsikan bentuk-bentuk
struktur sosial dalam fenomena kehidupan
|
20
|
|
|
|
´
|
´
|
´
|
´
|
´
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Persiapan
penerimaan rapor
|
|
|
|
|
-
Struktur sosial diferensiasi dan
stratifikasi soial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Ulangan
Harian 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
Menganalisis faktor
penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
´
|
´
|
|
|
|
|
|
´
|
´
|
´
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Konflik
sosial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
- Diferensiasi
sosial dan berbagai bentuk stratifikasi sosial di masyarakat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Ulangan
Harian 2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
|
Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
´
|
´
|
´
|
´
|
´
|
|
|
|
|
|
|
||
|
- Hubungan
antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Ulangan
Harian 3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
||
|
Ulangan
Harian 4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Latihan
Ulangan Umum Semester 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah
|
90
|
|
Keterangan:
|
:
|
On Job Training
|
|
:
|
Kegiatan tengah
semester
|
|
:
|
Libur bulan Ramadan
dan sesudah Idul Fitri
|
|
:
|
Latihan ulangan umum
semester 1
|
|
:
|
Ulangan umum
semester 1
|
|
:
|
Libur semester 1
|
…………………………...
2011
Kepala
Sekolah Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
![]() |
![]() |
NIP NIP
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Satuan
Pendidikan : SMK Kelas/Semester : XI/1
Mata
Pelajaran : IPS Tahun
Ajaran : 2011/2012
I.
Jumlah minggu dalam semester 1
No.
|
Bulan
|
Jumlah
Minggu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Januari
|
2
5
4
4
5
4
4
|
|
Total
|
28
|
II.
Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
No.
|
Kegiatan
|
Jumlah
Minggu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Kegiatan tengah
semester
Libur bulan Ramadan
dan sesudah hari raya Idul Fitri
Latihan ulangan umum
semester 1
Ulangan umum
semester 1
Persiapan penerimaan
rapor
Libur semester 1
On Job Training
|
1
4
1
1
1
2
3
|
|
Total
|
13
|
III.
Jumlah minggu efektif dalam semester 1
Jumlah
minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 28 minggu
– 13 minggu
= 15 minggu
efektif
…………………………...
2011
Kepala
Sekolah Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
![]() |
![]() |
NIP NIP
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : IPS
Standar Kompetensi : Memahami
struktur sosial serta berbagai faktor penyebab
konflik dan mobilitas sosial
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Ajaran : 2011/2012
Kompetensi Dasar
|
Materi Pelajaran
|
Strategi Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Bahan
|
|
Metode
|
Pengalaman Belajar
|
||||
1.1
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2
Menganalisis faktor
penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
1. Mendiskripsikan
bentuk – bentu struktur sosial dalam fenomena kehidupan.
2. Faktor –
faktor pembentuk ketidaksamaan sosial
3. Stratifikasi
sosial adalah pembedaan-pembedaan status dan peranan sosial warga masyarakat
yang bersifat hierarkis (bertingkat-tingkat).
4. Lembaga /
Institusi merupakan pola terorganisasi dari kepercayaan dan perilaku yang
dipusatkan pada kebutuhan dasar sosial. Institusi dibentuk untuk memenuhi
suatu kebutuhan tertentu.
5. Stratifikasi
sosial atau pelapisan sosial dapat dibedakan dalam pelapisan sosial
berdasarkan ekonomi, mata pencaharian, pendidikan, dan pelapisan sosial
berdasarkan sosil politik.
6. Menganalisis
Faktor Penyebab Konflik Sosial dalam Masyarakat.
7. Konflik
Sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
8. struktur
sosial dan mobilitas sosial.
|
- Ceramah
- Tanya
jawab
- Penugasan
- Diskusi
|
Siswa
mengetahui segala permasalahan yang berkaitan dengan struktur sosial dan
berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
|
20 JP
(10 ´ pertemuan)
|
- Bagan
- Buku lain yang relevan
- Buku LKS
- Buku paket IPS XI
|
…………………………...
2011
Kepala
Sekolah Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
![]() |
![]() |
NIP NIP

PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : IPS
Standar
Kompetensi :
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab
konflik dan mobilitas sosial
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Ajaran : 2011/2012
Kompe-
tensi Dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Teknik Penilaian
|
Ranah Penilaian
|
Ket.
|
||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tagihan
|
Instrumen
|
K
|
P
|
A
|
|||
1.1
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2
Menganalisis faktor
penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
1. Mendiskripsikan
bentuk – bentu struktur sosial dalam fenomena kehidupan.
2. Faktor –
faktor pembentuk ketidaksamaan sosial
3. Stratifikasi
sosial adalah pembedaan-pembedaan status dan peranan sosial warga masyarakat
yang bersifat hierarkis (bertingkat-tingkat).
4. Lembaga /
Institusi merupakan pola terorganisasi dari kepercayaan dan perilaku yang
dipusatkan pada kebutuhan dasar sosial. Institusi dibentuk untuk memenuhi
suatu kebutuhan tertentu.
5. Stratifikasi
sosial atau pelapisan sosial dapat dibedakan dalam pelapisan sosial
berdasarkan ekonomi, mata pencaharian, pendidikan, dan pelapisan sosial
berdasarkan sosil politik.
6. Menganalisis
Faktor Penyebab Konflik Sosial dalam Masyarakat.
7. Konflik
Sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
8. struktur
sosial dan mobilitas sosial.
|
Kuis
|
-Pilihan ganda
- Uraian
|
1.Integrasi
dalam kehidupan masing – masing kelompok sosial, disebut integrasi pada
tingkat …
a. Mikro
b. Makro
c.
d. Menyeluruh
e. Terbatas
2.Sebutkan
pengaruh – pengaruh sosio kultural yang dapat mempengaruhi bentuk kepribadian
atau nilai-nilaio kemanusiaan !
3.Jelaskan
pengertian struktur sosial menurut kamus sosiologi dan kependudukan tulisan
Hartini G. klasta Saputra !
|
V
V
|
|
V
|
|
……………………... 2011
Kepala
Sekolah Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
![]() |
![]() |
NIP NIP
REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Struktur
Sosial Diferensiasi dan Stratifikasi Soaial
Metode : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
Pertemuan : 1 s.d. 10
I. Standar
Kompetensi : Memahami struktur sosial
serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
II. Kompetensi
Dasar
:
1.3
Mendeskripsikan bentuk-bentuk
struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.4
Menganalisis faktor penyebab konflik
sosial dalam masyarakat
III. Materi
Pelajaran :
1.
Mendiskripsikan bentuk – bentu struktur
sosial dalam fenomena kehidupan.
2.
Faktor – faktor pembentuk ketidaksamaan
sosial
3.
Stratifikasi sosial adalah
pembedaan-pembedaan status dan peranan sosial warga masyarakat yang bersifat
hierarkis (bertingkat-tingkat).
4.
Lembaga / Institusi merupakan pola
terorganisasi dari kepercayaan dan perilaku yang dipusatkan pada kebutuhan
dasar sosial. Institusi dibentuk untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu.
5.
Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial
dapat dibedakan dalam pelapisan sosial berdasarkan ekonomi, mata pencaharian,
pendidikan, dan pelapisan sosial berdasarkan sosil politik.
6.
Menganalisis Faktor Penyebab Konflik Sosial
dalam Masyarakat.
7.
Konflik Sosial diidentifikasi berdasarkan
bentuk pengendaliannya
8.
struktur sosial dan mobilitas sosial.
IV. Strategi
Pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life
Skill yang Dikembangkan
|
I. Pendahuluan
- Motivasi : Dengan mempelajari struktur sosial
diferensiasi dan stratifikasi sosial, siswa dapat mengetahui konflik yang
terjadi di masyarakat.
- Prasyarat : Mengetahui kasus-kasus konflik sosial.
II. Kegiatan Inti
- Guru : Memberikan penjelasan tentang semua yang
berhubungan dengan struktur sosial diferensiasi dan stratifikasi sosial.
- Siswa : Mendengarkan penjelasan guru, bertanya,
memberikan pendapat, dan memberi komentar tentang materi yang diberikan guru
serta mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
III. Penutup : - Uji kompetensi lisan/tulisan
- Penugasan,
- Ulangan
harian 1.
|
225 menit
900 menit
225 menit
|
Personal
dan akademik
Personal
dan akademik
Personal
dan akademik
|
V. Media Pembelajaran :
VI. Penilaian :
A. Jenis
tagihan : Kuis, penugasan
B. Tindak
Lanjut : - Siswa dinyatakan berhasil
jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
- Memberikan program remidi untuk siswa yang
tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
- Memberikan program pengayaan untuk siswa yang
tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : - Buku
IPS XI untuk SMK
- Buku LKS
- Buku yang relevan lainnya
……………………...
2011
Kepala
Sekolah Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
![]() |
![]() |
NIP NIP

PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : IPS
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan kelompok
sosial dalam masyarakat multikultural
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Ajaran :
2011/2012
Kompetensi Dasar
|
Materi Pelajaran
|
Strategi Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Bahan
|
|
Metode
|
Pengalaman Belajar
|
||||
2.4 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.5 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
2.6 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
1. Mendeskirpsikan
berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
2. Mendiskripsikan
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
3. Tipe situasi-situasi
konflik: konflik inter-individu, antarindividu, antarkelompok.
4. Mendeskripsikn
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarkat multikultural.
5. Kerumunan adalah individu-individu yang
berkumpul secara kebetulan di suatu tempat dan juga pada.
6. Publik
adalah kelompok yang bukan merupakan kesatun interksi terjadi secara tidak
langsung melalui alat-alat komunikasi.
7. Kelompok
primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H Cooley.
8. Kelompok
sosial yang terbentuk atas dasar perasaan individu terhadap kelompok itu.
|
- Ceramah
- Tanya
jawab
- Penugasan
- Diskusi
|
Siswa
mengetahui dan mampu menganalisis factor penyebab konflik sosial yang terjad
dalam masyarakat.
|
40 JP
(20 ´ pertemuan)
|
- Bagan
- Buku lain yang relevan
- Buku LKS
- Buku Paket IPS XI
|
……………………...
2011
Kepala
Sekolah Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
![]() |
![]() |
NIP NIP

PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : IPS
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Ajaran : 2011/2012
Kompe-
tensi Dasar
|
Materi
Pelajaran
|
Teknik Penilaian
|
Ranah Penilaian
|
Ket.
|
||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tagihan
|
Instrumen
|
K
|
P
|
A
|
|||
2.7 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.8 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
2.9 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
1. Mendeskirpsikan
berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
2. Mendiskripsikan
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
3. Tipe situasi-situasi
konflik: konflik inter-individu, antarindividu, antarkelompok.
4. Mendeskripsikn
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarkat multikultural.
5. Kerumunan adalah individu-individu yang
berkumpul secara kebetulan di suatu tempat dan juga pada.
6. Publik
adalah kelompok yang bukan merupakan kesatun interksi terjadi secara tidak
langsung melalui alat-alat komunikasi.
7. Kelompok
primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H Cooley.
8. Kelompok
sosial yang terbentuk atas dasar perasaan individu terhadap kelompok itu.
|
Kuis
|
Pilihan
ganda
Uraian
|
1.
Sebagai suatu masyarakat yangmajemuk maka
konsekuensi logis yang sering terjadi adaah berupa…
a. kedamaian
dengan penuh toleransi
b. konflik
antar anggota masyarakat
c. persatuan
etnis
d. kehidupan
yang harmonis
e. kerja
sama dan saling ketergantungan
2.
sebutkan bentuk individu – individu yang
berkumpul secara kebetulan di suatu temapt dan juga pada waktu yang bersamaan
!
3.
Sebutkan tipe – tipe kelompok sosial dalam
masyakat multikultural yang diakibatkan gubungan anatara kelompok sosial dan
masyarakat !
|
V
V
|
|
V
|
|
……………………...
2011
Kepala
Sekolah Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
![]() |
![]() |
NIP NIP
REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : XI/1
Materi
Pokok : Konflik sosial
Metode :
Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
Pertemuan : 11 s.d. 19
I. Standar
Kompetensi : Mendeskripsikan
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
II. Kompetensi Dasar :
2.10 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.11Mendeskripsikan
perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.12Mendeskripsikan
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
III. Materi Pelajaran :
1. Mendeskirpsikan
berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
2. Mendiskripsikan
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
3.
Tipe situasi-situasi konflik: konflik
inter-individu, antarindividu, antarkelompok.
4.
Mendeskripsikn keanekaragaman kelompok sosial
dalam masyarkat multikultural.
5.
Kerumunan
adalah individu-individu yang berkumpul secara kebetulan di suatu tempat dan
juga pada.
6.
Publik adalah kelompok yang bukan merupakan
kesatun interksi terjadi secara tidak langsung melalui alat-alat komunikasi.
7.
Kelompok primer dan kelompok sekunder
dijelaskan menurut pendapat C.H Cooley.
8.
Kelompok sosial yang terbentuk atas dasar
perasaan individu terhadap kelompok itu.
IV. Strategi
Pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life
Skill yang Dikembangkan
|
I. Pendahuluan
- Motivasi : Siswa dapat mengetahui berbagai konflik
sosial yang terjadi dalam masyarakat beserta penyelesaiannya.
- Prasyarat : Siswa telah mengetahui struktur sosial
diferensiasi dan stratifikasi sosial.
II. Kegiatan
Inti
- Guru : Menjelaskan pengertian konflik, tipe
konflik, jenis-jenis kekerasan, sebab-sebab terjadinya konflik, dan cara
memanajemen konflik.
- Siswa : Mendengarkan penjelasan guru, bertanya,
memberikan pendapat, dan memberi komentar tentang materi yang diberikan guru
serta mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
III. Penutup : - Uji
kompetensi lisan/tulisan
- Diskusi
|
225 menit
900 menit
225 menit
|
Personal
dan akademik
Personal
dan akademik
Personal
dan akademik
|
V. Media Pembelajaran :
VI. Penilaian :
A. Jenis
tagihan : Kuis, penugasan
B. Tindak
Lanjut : - Siswa dinyatakan berhasil
jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
- Memberikan program remidi untuk siswa
yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
- Memberikan program pengayaan untuk siswa
yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : - Buku IPS XI untuk SMK, LKS, Buku
yang relevan lainnya.
……………………...
2011
Kepala
Sekolah Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
![]() |
![]() |
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar