Kategori:Budaya Aceh
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Subkategori
Kategori ini memiliki 2 subkategori berikut, dari total 2.Halaman dalam kategori "Budaya Aceh"
Kategori ini memiliki 9 halaman, dari total 9.
BDG |
RS |
TU |
Tari Bines
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Artikel ini perlu dirapikan agar memenuhi standar Wikipedia Merapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifikasi artikel. Setelah dirapikan, tolong hapus pesan ini. |
Tari Bines ditarikan oleh para wanita dengan cara duduk berjajar
sambil menyanyikan syair yang berisikan dakwah atau informasi
pembangunan. Para penari melakukan gerakan dg perlahan kemudian
berangsur-angsur menjadi cepat dan akhirnya berhenti seketika secara
serentak.
Didong
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah kesenian rakyat Gayo yang dikenal dengan nama Didong, yaitu suatu kesenian yang memadukan unsur tari, vokal, dan sastra. Didong dimulai sejak zaman Reje Linge XIII. Kesenian ini diperkenalkan pertama kali oleh Abdul Kadir To`et. Kesenian didong lebih digemari oleh masyarakat Takengon dan Bener Meriah.
Daftar isi[sembunyikan] |
[sunting] Makna
Ada yang berpendapat bahwa kata “didong” mendekati pengertian kata
“denang” atau “donang” yang artinya “nyanyian sambil bekerja atau untuk
menghibur hati atau bersama-sama dengan bunyi-bunyian”. Dan, ada pula
yang berpendapat bahwa Didong berasal dari kata “din” dan “dong”. “Din”
berarti Agama dan “dong” berarti Dakwah.
[sunting] Fungsi
Pada awalnya didong digunakan sebagai sarana bagi penyebaran agama Islam melalui media syair.
Para ceh didong (seniman didong) tidak semata-mata menyampaikan tutur
kepada penonton yang dibalut dengan nilai-nilai estetika, melainkan di
dalamnya bertujuan agar masyarakat pendengarnya dapat memaknai hidup
sesuai dengan realitas akan kehidupan para Nabi dan tokoh yang sesuai
dengan Islam. Dalam didong ada nilai-nilai religius, nilai-nilai
keindahan, nilai-nilai kebersamaan dan lain sebagainya. Jadi, dalam
ber-didong para ceh tidak hanya dituntut untuk mampu mengenal
cerita-cerita religius tetapi juga bersyair, memiliki suara yang merdu
serta berperilaku baik. Pendek kata, seorang ceh adalah seorang seniman
sejati yang memiliki kelebihan di segala aspek yang berkaitan dengan
fungsinya untuk menyebarkan ajaran Islam. Didong waktu itu selalu
dipentaskan pada hari-hari besar Agama Islam.
[sunting] Menurut Perkembangan
Penari Didong di masa Hindia Belanda
Dalam perkembangannya, didong tidak hanya ditampilkan pada hari-hari besar agama Islam, melainkan juga dalam upacara-upacara adat
seperti perkawinan, khitanan, mendirikan rumah, panen raya, penyambutan
tamu dan sebagainya. Para pe-didong dalam mementaskannya biasanya
memilih tema yang sesuai dengan upacara yang diselenggarakan. Pada
upacara perkawinan misalnya, akan disampaikan teka-teki yang berkisar
pada aturan adat perkawinan. Dengan demikian, seorang pe-didong harus
menguasai secara mendalam tentang seluk beluk adat perkawinan. Dengan
cara demikian pengetahuan masyarakat tentang adat dapat terus
terpelihara. Nilai-nilai yang hampir punah akan dicari kembali oleh para
ceh untuk keperluan kesenian didong.
Penampilan didong mengalami perubahan setelah Jepang masuk ke Indonesia. Sikap pemerintah Jepang
yang keras telah “memporak-porandakan” bentuk kesenian ini. Pada masa
itu, didong digunakan sebagai sarana hiburan bagi tentara Jepang yang
menduduki tanah Gayo.
Hal ini memberikan inspirasi bagi masyarakat Gayo untuk mengembangkan
didong yang syairnya tidak hanya terpaku kepada hal-hal religius dan
adat-istiadat, tetapi juga permasalahan sosial yang bernada protes
terhadap kekuasaan penjajah Jepang. Pada masa setelah proklamasi, seni
pertunjukan didong dijadikan sebagai sarana bagi pemerintah dalam
menjembatani informasi hingga ke desa-desa khususnya dalam menjelaskan
tentang Pancasila, UUD 1945 dan semangat bela negara.
Selain itu, didong juga digunakan untuk mengembangkan semangat
kegotong-royongan, khususnya untuk mencari dana guna membangun gedung sekolah, madrasah, mesjid, bahkan juga pembangunan jembatan. Namun, pada periode 1950-an ketika terjadi pergolakan DI/TII kesenian didong terhenti karena dilarang oleh DI/TII.
Akibat dilarangnya didong, maka muncul suatu kesenian baru yang disebut
saer, yang bentuknya hampir mirip dengan didong. Perbedaan didong denga
saer hanya dalam bentuk unsur gerak dan tari. Tepukan tangan yang
merupakan unsur penting dalam didong tidak dibenarkan dalam saer.
Dewasa ini didong muncul kembali dengan lirik-lirik yang hampir sama ketika zaman Jepang, yaitu berupa protes (anti kekerasan). Bedanya, dewasa ini protesnya ditujukan kepada pemerintah yang selama sekian tahun menerapkan Aceh sebagai Daerah Operasi Militer,
sehingga menyengsarakan rakyat. Protes anti kekerasan sebenarnya bukan
hanya terjadi pada kesenian didong, melainkan juga pada bentuk-bentuk kesenian lain yang ada di Aceh.
[sunting] Syair Didong
[sunting] Ama (Ayah)
Ama Inë
Ini Pongotni gayo inë
Kute takengen besilo nge musarik
Ulahni politik jema si jago - jago
Bier pe i dusun bier pe isi lëngkik
Laingni kékék numé makin gurë inë…
Ini Pongotni gayo inë
Kute takengen besilo nge musarik
Ulahni politik jema si jago - jago
Bier pe i dusun bier pe isi lëngkik
Laingni kékék numé makin gurë inë…
Geré Né aman Rakyat ngé usik
Mukim orom Gecik ke meh mukelö
Reje orom imem si musasat sidik
Bewene panik lagu cekakni benno inë…
Mukim orom Gecik ke meh mukelö
Reje orom imem si musasat sidik
Bewene panik lagu cekakni benno inë…
Beluhni Nyawa gere neh tékëk
Ara bercengkék ara si berdere inë…
Dup Meta mara gere ara si macik
Sempat ilen kedek pemimpin ni jewe iné…
Ara bercengkék ara si berdere inë…
Dup Meta mara gere ara si macik
Sempat ilen kedek pemimpin ni jewe iné…
Dop ara pe jeda mantong ilen mangik
umpama ni senik nge mujadi bute
Ara pe reta gere neh terdedek
Nge roloh mutik kupi pantan sile inë…
umpama ni senik nge mujadi bute
Ara pe reta gere neh terdedek
Nge roloh mutik kupi pantan sile inë…
Ama….. Bayak bajungku inë…
Enge emeh merke jema si lisik
dele nge mu teldek kuren tembege inë…
Taring murense umah jamur unik
Kering nge repek ko supu serule inë…
Enge emeh merke jema si lisik
dele nge mu teldek kuren tembege inë…
Taring murense umah jamur unik
Kering nge repek ko supu serule inë…
Yatim pe delë simen anak merek
Mongot orom kedek enge meh musede
Iwan atewe nge lagu si sewek
Gere ke macik ko musara Gayo inë…
Mongot orom kedek enge meh musede
Iwan atewe nge lagu si sewek
Gere ke macik ko musara Gayo inë…
Ama..aaaa Ini pongotni gayo iné…
Ike kite engon sentan kite telek
Si tukang angik kara pihak ketige inë…
Akal iyayon kati rusak rasik
Sampe bersenik jema sara inë inë…
Ike kite engon sentan kite telek
Si tukang angik kara pihak ketige inë…
Akal iyayon kati rusak rasik
Sampe bersenik jema sara inë inë…
Kalang iatas terbang puke kelik
Kurek orom itik i tuyuh nge cico inë…
Gere meteh lewen sahen si dedek
Bier pe ama ecek renye i pekaro inë…
Kurek orom itik i tuyuh nge cico inë…
Gere meteh lewen sahen si dedek
Bier pe ama ecek renye i pekaro inë…
Munyenoh ken ulu ulahni si cerdik
Parok i pantik nyenohi ken Rejë ama …ooo
Rakyat si ogoh sabe kona pecek
Gere meteh ujung ralik si munangung risiko inë…
Parok i pantik nyenohi ken Rejë ama …ooo
Rakyat si ogoh sabe kona pecek
Gere meteh ujung ralik si munangung risiko inë…
Sentan kite timang orom kite balik
Pongot orom kedik nge meh musede
ikeruhni berawang le jema munekik
Enge osop sampik emut si munire inë…
Pongot orom kedik nge meh musede
ikeruhni berawang le jema munekik
Enge osop sampik emut si munire inë…
Ama…aaaaaaa Bayakku inë…eee
Wooo inë ee..ee..eeee
Wooo inë ee..ee..eeee
Itetahmi cara boh ulaken ku ralik
Enti neh mupésék ko kerawang Gayo
Kati teduh mara kati rede sonek
Tekaren si kotek tengkamen si mulie inë…
Enti neh mupésék ko kerawang Gayo
Kati teduh mara kati rede sonek
Tekaren si kotek tengkamen si mulie inë…
Ike masih ara ilén sifét si sérék
Lebah orom unik tetap we berdéwë inë…
Amaten agama edet pe iolek
Oya baru mersik kao urang gayo inë…
Lebah orom unik tetap we berdéwë inë…
Amaten agama edet pe iolek
Oya baru mersik kao urang gayo inë…
Agih ni agih mongot bersebuku
Sampon ko lauh mujaril ari mata
Sampon ko lauh mujaril ari mata
[sunting] Terjemahan
Dalam Pembuatan [1]
[sunting] Céh
Para ceh yang turut berjasa mengembangkan dan melestarikan didong di tanah Gayo 'diantaranya adalah: Ceh Tjuh Ucak, Basir Lakkiki Abd. Rauf, Ecek Bahim, Sali Gobal, Daman, Idris Sidang Temas, Sebi, Utih Srasah, Beik, Tabrani, Genincis, S. Kilang, Ibrahim Kadir, Mahlil, Bantacut, Dasa, Ceh Ucak, Suwt, Talep, Aman Cut, Abu Kasim, Syeh Midin, M. Din, Abu Bakar Gayo, Ishak Ali / Ceh Sahaq, Aris Teruna Jaya, Tirmino Jaya, Mahlil Lewa, Dan Ceh kucak Kabri Wali, Yang Begitu Dikenal Dikalangan Masyarakat Gayo.
[sunting] Pemain dan Peralatan
Satu kelompok kesenian didong biasanya terdiri dari para “ceh” dan
anggota lainnya yang disebut dengan “penunung”. Jumlahnya dapat mencapai
30 orang, yang terdiri atas 4--5 orang ceh dan sisanya adalah penunung.
Ceh adalah orang yang dituntut memiliki bakat yang komplit dan
mempunyai kreativitas yang tinggi. Ia harus mampu menciptakan
puisi-puisi dan mampu menyanyi. Penguasaan terhadap lagu-lagu juga
diperlukan karena satu lagu belum tentu cocok dengan karya sastra yang
berbeda. Anggota kelompok didong ini umumnya adalah laki-laki dewasa.
Namun, dewasa ini ada juga yang anggotanya perempuan-perempuan dewasa.
Selain itu, ada juga kelompok remaja. Malahan, ada juga kelompok didong
remaja yang campur (laki-laki dan perempuan). Dalam kelompok campuran
ini biasanya perempuan hanya terbatas sebagai seorang Céh.
Peralatan yang dipergunakan pada mulanya bantal (tepukan bantal) dan
tangan (tepukan tangan dari para pemainnya). Namun, dalam perkembangan
selanjutnya ada juga yang menggunakan seruling, harmonika, dan alat
musik lainnya yang disisipi dengan gerak pengiring yang relatif
sederhana, yaitu menggerakkan badan ke depan atau ke samping.
[sunting] Jalannya Pementasan
Pementasan didong ditandai dengan penampilan dua kelompok (Didong Jalu)
pada suatu arena pertandingan. Biasanya dipentaskan di tempat terbuka
yang kadang-kadang dilengkapi dengan tenda. Semalam suntuk kelompok yang
bertanding akan saling mendendangkan teka-teki dan menjawabnya secara
bergiliran. Dalam hal ini para senimannya akan saling membalas
“serangan” berupa lirik yang dilontarkan olah lawannya. Lirik-lirik yang
disampaikan biasanya bertema tentang pendidikan, keluarga berencana,
pesan pemerintah (pada zaman Orba), keindahan alam maupun kritik-kritik
mengenai kelemahan, kepincangan yang terjadi dalam masyarakat. Benar
atau tidaknya jawaban akan dinilai oleh tim juri yang ada, yang biasanya
terdiri dari anggota masyarakat yang memahami ddidong ini secara
mendalam
Tari Guel
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tari Guel adalah salah satu khasanah budaya Gayo di NAD.
Guel berarti membunyikan. Khususnya di daerah dataran tinggi gayo,
tarian ini memiliki kisah panjang dan unik. Para peneliti dan koreografer tari mengatakan tarian ini bukan hanya sekedar tari. Dia merupakan gabungan dari seni sastra, seni musik dan seni tari itu sendiri.
Dalam perkembangannya, tari Guel timbul tenggelam, namun Guel menjadi tari tradisi terutama dalam upacara adat
tertentu. Guel sepenuhnya apresiasi terhadap wujud alam, lingkkungan
kemudian dirangkai begitu rupa melalui gerak simbolis dan hentakan
irama. Tari ini adalah media informatif. Kekompakan dalam padu padan
antara seni satra, musik/suara, gerak memungkinkan untuk dikembangkan
(kolaborasi) sesuai dengan semangat zaman, dan perubahan pola pikir
masyarakat setempat. Guel tentu punya filosofi berdasarkan sejarah
kelahirannya. Maka rentang 90-an tarian ini menjadi objek penelitian
sejumlah surveyor dalam dan luar negeri.
Pemda Daerah Istimewa Aceh
ketika itu juga menerjunkan sejumlah tim dibawah koodinasi Depdikbud
(dinas pendidikan dan kebudayaan), dan tersebutlah nama Drs Asli Kesuma,
Mursalan Ardy, Drs Abdrrahman Moese, dan Ibrahim Kadir yang terjun
melakukan survey yang kemudian dirasa sangat berguna bagi generasi muda,
seniman, budayawan untuk menemukan suatu deskripsi yang hampir sempurna
tentang tari guel. Sebagian hasil penelitian ini yang saya coba
kemukakan, apalagi memang dokumen/literatur tarian ini sedikit bisa
didapatkan.
[sunting] Mimpi Sengeda
Berdasarkan cerita rakyat
yang berkembang di tanah Gayo. tari Guel berawal dari mimpi seorang
pemuda bernama Sengeda anak Raja Linge ke XIII. Sengeda bermimpi bertemu
saudara kandungnya Bener Meria yang konon telah meninggal dunia karena
pengkhianatan. Mimpi itu menggambarkan Bener Meria memberi petunjuk
kepada Sengeda (adiknya), tentang kiat mendapatkan Gajah putih sekaligus
cara meenggiring Gajah
tersebut untuk dibawa dan dipersembahakan kepada Sultan Aceh
Darussalam. Adalah sang putri Sultan sangat berhasrat memiliki Gajah
Putih tersebut.
Berbilang tahun kemudian, tersebutlah kisah tentang Cik Serule,
perdana menteri Raja Linge ke XIV berangkat ke Ibu Kota Aceh Darussalam
(sekarang kota Banda Aceh). Memenuhi hajatan sidang tahunan Kesutanan
Kerajaan. Nah, Sengeda yang dikenal dekat dengan Serule ikut dibawa
serta. Pada saat-saat sidang sedang berlangsung, Sengeda rupanya
bermain-main di Balai Gading sambil menikmati keagungan Istana Sultan.
Pada waktu itulah ia teringat akan mimpinya waktu silam, lalu sesuai
petunjuk saudara kandungnya Bener Meria ia lukiskanlah seekor gajah
berwarna putih pada sehelai daun Neniyun (Pelepah rebung bambu), setelah
usai, lukisan itu dihadapkan pada cahaya matahari.
Tak disangka, pantulan cahaya yang begitu indah itu mengundang
kekaguman sang Puteri Raja Sultan. Dari lukisan itu, sang Putri menjadi
penasaran dan berhasrat ingin memiliki Gajah Putih dalam wujud asli.
Permintaan itu dikatakan pada Sengeda. Sengeda menyanggupi menangkap
Gajah Putih yang ada dirimba raya Gayo untuk dihadapkan pada tuan puteri
dengan syarat Sultan memberi perintah kepada Cik Serule. Kemudian dalam
prosesi pencarian itulah benih-benih dan paduan tari Guel berasal:
Untuk menjinakkan sang Gajah Putih, diadakanlah kenduri dengan meembakar
kemenyan; diadakannya bunyi-bunyian dengan cara memukul-mukul batang
kayu serta apa saja yang menghasilkan bunyi-bunyian. Sejumlah kerabat
Sengeda pun melakukan gerak tari-tarian untuk memancing sang Gajah.
Setelah itu, sang Gajah yang bertubuh putih nampak keluar dari persembunyiaannya. Ketika berpapasan dengan rombongan Sengeda, sang Gajah tidak mau beranjak dari tempatnya. Bermacam cara ditempuh, sang Gajah masih juga tidak beranjak. Sengeda yang menjadi pawang pada waktu itu menjadi kehilangan ide untuk menggiring sang Gajah.
Lagi-lagi Sengeda teringat akan mimpi waktu silam tentang beberapa
petunjuk yang harus dilakukan. Sengeda kemudian memerintahkan rombongan
untuk kembali menari dengan niat tulus dan ikhlas sampai menggerakkan
tangan seperti gerakan belalai gajah: indah dan santun. Disertai dengan
gerakan salam sembahan kepada Gajah ternyata mampu meluluhkan hati sang
Gajah. Gajah pun dapat dijinakkan sambil diiringi rombongan. Sepanjang
perjalanan pawang dan rombongan, Gajah putih sesekali ditepung tawari
dengan mungkur (jeruk purut) dan bedak hingga berhari-hari perjalanan
sampailah rombongan ke hadapan Putri Sultan di Pusat Kerajaan Aceh
Darussalam.
Begitulah sejarah dari cerita rakyat di Gayo, walaupun kebenaran
secara ilmiah tidak bisa dibuktikan, namun kemudian Tari Guel dalam
perkembangannya tetap mereka ulang cerita unik Sengeda, Gajah Putih dan
sang Putri Sultan. Inilah yang kemudian dikenal temali sejarah yang
menghubungkan kerajaan Linge dengan Kerajaan Aceh Darussalam begitu
dekat dan bersahaja.
Begitu juga dalam pertunjukan atraksi Tari Guel, yang sering kita
temui pada saat upacara perkawinan, khususnya di Tanah Gayo, tetap
mengambil spirit pertalian sejarah dengan bahasa dan tari yang indah:
dalam Tari Guel. Reinngkarnasi kisah tersebut, dalam tari Guel, Sengeda
kemudian diperankan oleh Guru Didong yakni penari yang mengajak Beyi
(Aman Manya ) atau Linto Baroe untuk bangun dari tempat persandingan
(Pelaminan). Sedangkan Gajah Putih diperankan oleh Linto Baroe
(Pengantin Laki-laki). Pengulu Mungkur, Pengulu Bedak diperankan oleh
kaum ibu yang menaburkan breuh padee (beras padi) atau dikenal dengan
bertih.
[sunting] Penari
Di tanah Gayo, dahulunya dikenal begitu banyak penari Guel. Seperti
Syeh Ishak di Kampung Kutelintang-Pengasing, Aman Rabu di kampung
Jurumudi-Bebesan, Ceh Regom di Toweran. Penari lain yang kurun waktun 1992 sampai 1993
yang waktu itu masih hidup adalah Aman Jaya-Kampung Kutelintang,
Umer-Bebesan, Syeh Midin-Silih Nara Angkup, Safie-Gelu Gele
Lungi-Pengasing, Item Majid-Bebesan. Mereka waktu itu rata-rata sudah
berusia 60-an. Saat ini sudah meninggal sehingga alih generasi penari
menjadi hambatan serius.
Walaupun ada penari yang lahir karena bakat sendiri, bukan langsung
diajarkan secara teori dan praktik oleh para penari pakar seperti
disebutkan, keterampilan menari mereka tak sepiawai para pendahulunya.
Begitu juga pengiring penggiring musik tetabuhan seperti Rebana semakin
langka, apalagi ingin menyamakan dengan seorang dedengkot almarhum Syeh
Kilang di Kemili Bebesan.
Tari Guel dibagi dalam empat babakan baku. Terdiri dari babak Mu natap, Babak II Dep, Babak III Ketibung, Babak IV Cincang Nangka. Ragam Gerak atau gerak dasar adalah Salam Semah (Munatap ), Kepur Nunguk, Sining Lintah, Semer Kaleng (Sengker Kalang), Dah-Papan. Sementara jumlah para penari dalam perkembangannya terdiri dari kelompok pria dan wanita berkisar antara 8-10 ( Wanita ), 2-4 ( Pria ). Penari Pria dalam setiap penampilan selalu tampil sebagai simbol dan primadona, melambangkan aman manyak atau lintoe Baroe dan Guru Didong. Jumlah penabuh biasanya minimal 4 orang yang menabuh Canang, Gong, Rebana, dan Memong. Tari Guel memang unik, pengalaman penulis merasakan mengandung unsur dan karakter perpaduan unsur keras lembut dan bersahaja. Bila para pemain benar-benar mengusai tarian ini, terutama peran Sengeda dan Gajah Putih maka bagi penonton akan merasakan ketakjuban luar biasa. Seolah-olah terjadinya pertarungaan dan upaya memengaruhi antara Sengeda dan Gajah Putih. Upaya untuk menundukkan jelas terlihat, hingga kipasan kain kerawang Gayo di Punggung Penari seakan mengandung kekuatan yang luar biasa sepanjang taarian. Guel dari babakan ke babakan lainnya hingga usai selalu menawarkan uluran tangan seperti tarian sepasang kekasih di tengah kegundahan orang tuanya. idak ada yang menang dan kalah dalam tari ini, karena persembahan dan pertautan gerak dan tatapan mata adalah perlambang Cinta. Tapi sayang, kini tari Guel itu seperti kehilangan Induknya, karena pemerintah sangat perhatian apalagi gempuran musik hingar modern seperti Keyboar pada setiap pesta perkawinan di daerah itu.
Tari Ratéb Meuseukat
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tari Ratéb Meuseukat merupakan salah satu tarian Aceh yang berasal dari Aceh. Nama Ratéb Meuseukat berasal dari bahasa Arab yaitu ratéb asal kata ratib artinya ibadat dan meuseukat asal kata sakat yang berarti diam.
Diberitakan bahwa tari Ratéb Meuseukat ini diciptakan gerak dan gayanya oleh anak Teungku Abdurrahim alias Habib Seunagan (Nagan Raya), sedangkan syair atau ratéb-nya diciptakan oleh Teungku Chik di Kala, seorang ulama di Seunagan, yang hidup pada abad ke XIX. Isi dan kandungan syairnya terdiri dari sanjungan dan puji-pujian kepada Allah dan sanjungan kepada Nabi, dimainkan oleh sejumlah perempuan dengan pakaian adat Aceh. Tari ini banyak berkembang di Meudang Ara Rumoh Baro di kabupaten Aceh Barat Daya.
Pada mulanya Ratéb Meuseukat dimainkan sesudah selesai mengaji pelajaran agama malam hari, dan juga hal ini tidak terlepas sebagai media dakwah.
Permainannya dilakukan dalam posisi duduk dan berdiri. Pada akhirnya
juga permainan Ratéb Meuseukat itu dipertunjukkan juga pada upacara
agama dan hari-hari besar, upacara perkawinan dan lain-lainnya yang
tidak bertentangan dengan agama.
Saat ini, tari ini merupakan tari yang paling terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan keindahan, kedinamisan dan kecepatan gerakannya. Tari ini sangat sering disalahartikan sebagai tari Saman milik suku Gayo.
Padahal antara kedua tari ini terdapat perbedaan yang sangat jelas.
Perbedaan utama antara tari Ratéb Meuseukat dengan tari Saman ada 3
yaitu, pertama tari Saman menggunakan bahasa Gayo, sedangkan tari Ratéb Meuseukat menggunakan bahasa Aceh.
Kedua, tari Saman dibawakan oleh laki-laki, sedangkan tari Ratéb
Meuseukat dibawakan oleh perempuan. Ketiga, tari Saman tidak diiringi
oleh alat musik, sedangkan tari Ratéb Meuseukat diiringi oleh alat musik, yaitu rapa’i dan geundrang.
Keterkenalan tarian ini seperti saat ini tidak lepas dari peran salah seorang tokoh yang memperkenalkan tarian ini di pulau Jawa yaitu Marzuki Hasan atau biasa disapa Pak Uki.
[sunting] Kepustakaan
- Panitia Penyelenggara MTQ Tingkat Nasional ke 12. 1981. Petunjuk Beberapa Jenis Kesenian Tradisional Aceh dan Tempat-Tempat Darmawisata dalam Acara MTQ Nasional ke-XII di Banda Aceh. Banda Aceh.
Tari Saman
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan
dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.[1]
Daftar isi[sembunyikan] |
[sunting] Makna dan Fungsi
Tari saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.
Sebelum saman dimulai yaitu sebagai mukaddimah atau pembukaan, tampil
seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat
setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain
dan penonton.
Lagu dan syair
pengungkapannya secara bersama dan kontinu, pemainnya terdiri dari
pria-pria yang masih muda-muda dengan memakai pakaian adat. Penyajian
tarian tersebut dapat juga dipentaskan, dipertandingkan antara group
tamu dengan grup sepangkalan (dua grup). Penilaian ditititk beratkan
pada kemampuan masing-masing grup dalam mengikuti gerak, tari dan lagu
(syair) yang disajikan oleh pihak lawan.
[sunting] Paduan Suara
Tari Saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik,
akan tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka
yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka
sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah. Tarian
ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syech. Karena
keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam
menampilkan tarian ini, maka para penari dituntut untuk memiliki
konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan
sempurna. Tarian ini khususnya ditarikan oleh para pria.
Pada zaman dahulu,tarian ini pertunjukkan dalam acara adat tertentu,diantaranya dalam upacara memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Selain itu, khususnya dalam konteks masa kini, tarian ini
dipertunjukkan pula pada acara-acara yang bersifat resmi,seperti
kunjungan tamu-tamu Antar Kabupaten dan Negara,atau dalam pembukaan sebuah festival dan acara lainnya.
[sunting] Nyanyian
Nyanyian para penari menambah kedinamisan dari tarian saman. Cara menyanyikan lagu-lagu dalam tari saman dibagi dalam 5 macam :
1. Rengum, yaitu auman yang diawali oleh pengangkat.
2. Dering, yaitu regnum yang segera diikuti oleh semua penari.
3. Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.
4. Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak
5. Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.
2. Dering, yaitu regnum yang segera diikuti oleh semua penari.
3. Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.
4. Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak
5. Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.
[sunting] Gerakan
Tarian saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar
dalam tarian saman: Tepuk tangan dan tepuk dada.Diduga,ketika
menyebarkan agama islam,syeikh
saman mempelajari tarian melayu kuno,kemudian menghadirkan kembali
lewat gerak yang disertai dengan syair-syair dakwah islam demi memudakan
dakwahnya.Dalam konteks kekinian,tarian ritual yang bersifat religius
ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan-pertunjukan.
Tarian saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik,kerena hanya
menampilkan gerak tepuk tangan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang,kirep,lingang,surang-saring (semua gerak ini adalah bahasa Gayo)
[sunting] Penari
Pada umumnya,Tarian saman dimainkan oleh belasan atau puluhan
laki-laki, tetapi jumlahnya harus ganjil.Pendapat Lain mengatakan Tarian
ini ditarikan kurang lebih dari 10 orang,dengan rincian 8 penari dan 2
orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi.Namun, dalam perkembangan
di era modern yang menghendaki bahwa suatu tarian itu akan semakin
semarak apabila ditarikan oleh penari dengan jumlah yang lebih banyak.
Untuk mengatur berbagai gerakannya ditunjuklah seorang pemimpin yang
disebut syeikh. Selain mengatur gerakan para penari,Syeikh juga bertugas
menyanyikan syair-syair lagu saman. yaitu ganit.
Tari Seudati
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tari Seudati di Samalanga, Bireuen (1907)
Tari Seudati adalah nama tarian yang berasal dari provinsi Aceh. Seudati berasal dari kata Syahadat, yang berarti saksi/bersaksi/pengakuan terhadap Tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad utusan Allah.
Tarian ini juga termasuk kategori Tribal War Dance atau Tari
Perang, yang mana syairnya selalu membangkitkan semangat pemuda Aceh
untuk bangkit dan melawan penjajahan. Oleh sebab itu tarian ini sempat
dilarang pada zaman penjajahan Belanda, tetapi sekarang tarian ini diperbolehkan kembali dan menjadi Kesenian Nasional Indonesia.
Tambo
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tambo adalah alat musik tradisional Aceh.
Tambo terbuat dari batang iboh, kulit sapi, dan rotan sebagai alat
peregang kulit. Bentuknya sejenis tambur dan dimainkan dengan cara
dipukul. Pada zaman duhulu, tambo berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menandakan datangya waktu salat dan untuk mengumpulkan warga ke meunasah guna membicarakan masalah-masalah-masalah yang ada dalam suatu kampung. Saat ini, tambo sudah jarang digunakan karena adanya teknologi modern berupa mikrofon.
Tari Likok Pulo
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tari Likok Pulo adalah tari yang berasal dari Aceh. Tarian ini lahir sekitar tahun 1849, diciptakan oleh seorang ulama tua berasal dari Arab yang hanyut di laut dan terdampar di Pulo Aceh. Tari ini diadakan sesudah menanam padi
atau sesudah panen padi, biasanya pertunjukan dilangsungkan pada malam
hari bahkan jika tarian dipertandingkan dapat berjalan semalam suntuk
sampai pagi. Tarian dimainkan dengan posisi duduk bersimpuh, berbanjar,
atau bahu membahu.
Seorang pemain utama yang disebut cèh berada di tengah-tengah pemain. Dua orang penabuh rapa'i berada di belakang atau sisi kiri dan kanan pemain. Sedangkan gerak tari hanya memfungsikan anggota tubuh bagian atas, badan, tangan, dan kepala. Gerakan tari pada prinsipnya ialah gerakan oleh tubuh,
keterampilan, keseragaman atau kesetaraan dengan memfungsikan tangan
sama-sama ke depan, ke samping kiri atau kanan, ke atas, dan melingkar
dari depan ke belakang, dengan tempo mula lambat hingga cepat.
[sunting] Referensi
Badan Arsip Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
- Likok Pulo Bakadma Universiti Kebangsaan Malaysia
- Penampilan Likok Pulo oleh Unit Kesenian Aceh (UKA) ITB
Ulèëbalang
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ulèëbalang atau Hulu Balang dalam bahasa Melayu adalah golongan bangsawan dalam masyarakat Aceh yang memimpin sebuah kenegerian atau nanggroë, yaitu wilayah setingkat kabupaten dalam struktur pemerintahan Indonesia sekarang. Ulee balang digelari dengan gelar Teuku untuk laki-laki atau Cut untuk perempuan.
Daftar isi[sembunyikan] |
[sunting] Penetapan Uleebalang
Uleebalang, ditetapkan oleh adat secara turun-temurun. Mereka menerima kekuasaan langsung dari Sultan Aceh. Uleebalang ini merupakan penguasa nanggroe
atau raja-raja kecil yang sangat berkuasa di daerah mereka
masing-masing. Sewaktu mereka memangku jabatan sebagai Uleebalang di
daerahnya, mereka harus disahkan pengangkatannya oleh Sultan Aceh. Surat
Pengangkatan ini dinamakan Sarakata yang dibubuhi stempel Kerajaan Aceh Cap Sikureung.
[sunting] Kewajiban
Tugas Uleebalang adalah:
- Memimpin Nangroe-nya dan mengkoordinir tenaga-tenaga tempur dari daerah kekuasaannya bila ada peperangan.
- Menjalankan perintah-perintah atau instruksi dari Sultan; menyediakan tentara atau perbekalan perang bila dibutuhkan oleh Sultan, dan membayar upeti kepada Sultan.
Namun demikian mereka masih tetap sebagai pemimpin yang merdeka dan
bebas melakukan apa saja terhadap rakyat yang berada di wilayahnya.
Misalnya dalam hal pengadilan atau melaksanakan hukuman.
Ketika kewibawaan Kesultanan Aceh
masih kuat, Sultan memiliki hak istimewa atas wilayah Nangroe. Hak-hak
ini hanya dimiliki oleh Sultan, sedangkan Uleebalang tidak.
Misalnya hak untuk menghukum seseorang yang bersalah, hak untuk me- ngeluarkan mata uang, hak untuk membunyikan meriam pada waktu matahari terbenam, dan hak untuk mendapat panggilan dengan sebutan Daulat.
Hak-hak ini sebenarnya dimaksudkan untuk mencegah Uleebalang melakukan kesewenang-wenangan, terutama yang berhubungan dengan pemberian hukuman terhadap seorang yang bersalah.
Misalnya hak untuk menghukum seseorang yang bersalah, hak untuk me- ngeluarkan mata uang, hak untuk membunyikan meriam pada waktu matahari terbenam, dan hak untuk mendapat panggilan dengan sebutan Daulat.
Hak-hak ini sebenarnya dimaksudkan untuk mencegah Uleebalang melakukan kesewenang-wenangan, terutama yang berhubungan dengan pemberian hukuman terhadap seorang yang bersalah.
Namun ketika kewibawaan Sultan sudah melemah, terutama pada abad ke
XIX dan awal abad XX (sesudah kesultanan Aceh tidak ada lagi). Yang
menetapkan hukuman terhadap seseorang yang bersalah di Nangroe-nangroe
adalah para Uleebalang.
[sunting] Aparatur
Dalam memimpin pemerintahan Nangroe, Uleebalang dibantu oleh:
- Banta, yaitu adik laki-laki atau saudara Uleebalang, yang juga bertindak sebagai Uleebalang, bila yang bersangkutan berhalangan.
- Kadhi atau Kali, yang membantu dalam hukom, yaitu yang dipandang mengerti mengenai hukum Islam.
- Rakan, yaitu sebagai pengawal Uleebalang, yang dapat diperintahnya untuk bertindak dengan tangan besi. Rakan yang terbaik dalam perang diberi gelar Panglima Prang, sedangkan pimpinan-pimpinan pasukan kecil yang biasa diberi gelar Pang.
[sunting] Wilayah-wilayah
Nangroe-nangroe tersebut di atas, pada umumnya berlokasi di pantai
bagian timur dan pantai bagian barat Aceh. Di bawahnya terdapat pula
sejumlah mukim
yang terdiri atas beberapa buah gampong atau yang disebut pula dengan
istilah meunasah. Tetapi tidak semua nangroe mengenal lembaga mukim. Di
wilayah pantai timur dan di pantai barat, tidak terdapat apa yang
disebut mukim.
Di Aceh Besar, sebagai pusat pemerintahan Sultan, terdapat federasi mukim-mukim yang sangat berkuasa. Yaitu[1]:
- Sagi XXV Mukim, dibentuk dari 25 Mukim.
- Sagi XXVI Mukim, dibentuk dari 26 Mukim.
- Sagi XXII Mukim, dibentuk dari 22 Mukim.
Di daerah "Keureuto" yaitu di bagian pantai Timur dan sebagian wilayah Kabupaten Aceh Utara sekarang, terdapat apa yang disebut dengan istilah Ulebalang Cut (Uleebalang kecil). Uleebalang Lapan (Uleebalang Delapan), dan Uleebalang Peut (Uleebalang Empat). Namun kedudukan dari bermacam jenis Uleebalang ini, berada di bawah Uleebalang Chik.
Di sini berdiri sebuah federasi yang terdiri dari 8 nanggroe. Setiap nanggroe dipimpin oleh seorang Ulebalang Cut. Federasi ini dinamakan dengan Uleebalang Lapan. Federasi Keureuto di pimpin oleh seorang uleebalang bergelar Teuku Chik. Salah satunya yang terkenal adalah Teuku Chik Ditunong, suami dari Cut Mutia.
Didalam Keureuto terdapat juga empat daerah yang disebut Uleebalang Peut,
diperintah oleh Dewan Tuha Peut. Wewenang Tuha Peut ialah hal-hal yang
berkaitan dengan pengadilan, Teuku Chik tidak dapat memutuskan suatu
perkara tanpa adanya persetujuan Tuha Peut. [2]
Setiap daerah yang termasuk dari daerah Uleebalang Peut dimpin oleh seorang Ben yang bergelar Teuku Ben. Cut Mutia adalah anak dari Teuku Ben Daud, pemimpin daerah Uleebalang Peut Pirak. [3]
Setiap daerah yang termasuk dari daerah Uleebalang Peut dimpin oleh seorang Ben yang bergelar Teuku Ben. Cut Mutia adalah anak dari Teuku Ben Daud, pemimpin daerah Uleebalang Peut Pirak. [3]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar