RPP IPS KELAS XI SMK NEGERI 2 KOTA TANGSEL
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
|
Indikator
|
:
|
1. Menjelaskan definisi struktur sosial
2. Menjelaskan ciri-ciri struktur sosial
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan definisi struktur sosial
2. Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri struktur sosial
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengetian struktur sosial
2. Ciri-ciri struktur sosial
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang struktur sosial dalam masyarakat. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh status seseorang dalam kehidupan ber-masyarakat.
3. Menjelaskan pengertian struktur sosial, ciri-cirinya dan fungsinya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apakah yang dimaksud dengan struktur sosial ?
2. Jelaskan pengertian struktur sosial menurut Soerjono Soekanto !
3. Sebutkan 4 ciri-ciri struktur sosial !
4. Jelaskan mengapa penting untuk mempelajari struktur sosial !
Penilaian
1. Soal no. 1, 2 dan 4 masing-masing skor 2
2. Soal no. 3
Kriteria
|
Skor
|
a. Menyebutkan 4 ciri dan fungsi dengan benar dan tepat
b. Menyebutkan 3 ciri dan fungsi dengan benar dan tepat
Menyebutkan 2 ciri dan fungsi dengan benar dan tepat
Menyebutkan 1 ciri dan fungsi dengan benar dan tepat
d. Tidak menjawab soal
|
4
3
2
1
0
|
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
2 dan 3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
|
Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
Menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial
Menjelaskan fungsi-fungsi struktur sosial
|
I. Tujuan Pembelajaran
|
1. Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial
2. Siswa mampu menjelaskan fungsi-fungsi struktur sosial
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Bentuk-bentuk struktur sosial
2. Fungsi struktur sosial
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang struktur sosial dalam masyarakat. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh status seseorang dalam kehidupan ber-masyarakat.
3. Menjelaskan pengertian struktur sosial, ciri-cirinya dan fungsinya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Berikan Contoh fungsi kontrol ?
2. Kebudayaan Minangkabau menganut sistem kekerabatan apa ?
3. Apakah yang kalian ketahui tentang Sistem kekerabatan Patrilineal ?
4. Sebutkan macam-macam sistem kekerabatan yang ada di Indonesia ?
5. Berikan contoh fungsi pembelajaran ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
4 dan 5
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan konflik sosial berdasarkan pengertiannya
Mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan konflik sosial berdasarkan pengertiannya
2. Siswa mampu mengidentifikasikan konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengetian konflik
2. Faktor-faktor penyebab konflik
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang konflik dan faktor-faktor penyebabnya. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh status seseorang dalam kehidupan ber-masyarakat, misalnya seorang polisi menangkap maling ternyata anaknya.
3. Menjelaskan pengertian konflik dan faktor-faktor penyebabnya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 10 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apakah yang kalian ketahui tentang Konflik !
2. Sebutkan macam-macam penyebab konflik !
3. Siapakah tokoh yang mengemukakan empat faktor penyebab konflik ?
4. Sebutkan contoh konflik antar etnis !
5. Apakah yang dimaksud dengan komflik pribadi ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
6 dan 7
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannnya
Menganalisis konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannnya
2. Siswa mampu menganalisa konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Bentuk pengendalian konflik sosial
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang bentuk pengendalian konflik sosial. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh bentuk pengendalian sosial, seperti kompromi.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 6 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Mengapa konflik harus dikendalikan ?
2. Jelaskan pengertian kompromi !
3. Jelaskan yang dimaksud pengendalian konflik !
4. Sebutkan strategi yang paling efektif untuk mengendalikan konflik !
5. Jelaskan yang dimaksud forcing dalam pengendalian konflik !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
8
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
Indikator
|
:
|
Menganalisis konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
` Siswa mampu menganalisis konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Dampak konflik sosial
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang dampak adanya konflik sosial. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh kasus perang antar etnis madura dengan dayak di Kalimantan.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa akibatnya jika konflik terjadi antar kelompok sosial yang berbeda ?
2. Apa arti penting solidaritas kelompok ?
3. Sebutkan contoh konflik yang terjadi antar negara !
4. Sebutkan dampak dari adanya konflik sosial secara umum !
5. Apa akibatnya jika konflik sosial tidak segera diatasi ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
9 dan 10
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakatmultikultural
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
Mendeskripsikan masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
2. Siswa mampu mendeskripsikan masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengertian kelompok sosial
2. Pengertian masyarakat multikultural
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang kelompok sosial dan karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh kelompok sosial dan masyarakat multikultural.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang dimaksud kelompok sosial ?
2. Apa yang dimaksud masyarakat multikultural ?
3. Jelaskan perbedaan kelompok sosial dengan kerumunan !
4. Sebutkan ciri-ciri dalam masyarakat multikultural !
5. Apa yang dimaksud komunitas?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
11
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakatmultikultural
|
Indikator
|
:
|
Mendeskripsikan hubungan antara kelompok sosial dan masyarakat multikultural
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mendeskripsikan hubungan antara kelompok sosial dan masyarakat multikultural
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural di Indonesia. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh kelompok sosial dengan kerumunan.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Jelaskan kelompok sosial sebagai unsur pembentuk masyarkat multikultural !
2. Jelaskan kelompok sosial sebagai dinamisator pembentuk masyarkat multikultural !
3. Jelaskan kelompok sosial sebagai pengikat pembentuk masyarkat multikultural !
4. Apa yang dimaksud dengan kelompok sosial ?
5. Apa yang dimaksud dengan masyarakat ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
12
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Indikator
|
:
|
Mendeskripsikan masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
|
Mengidentifikasikan masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mendeskripsikan masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
2. Siswa mampu mengidentifikasikan masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
2. Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural dan karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh ras mongoloid dan ras negroid.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sebutkan faktor penyebab timbulnya masyarkat multikultural di Indonesia !
2. Sebutkan keanekaragaman masyarkat Indonesia berdasarkan partai atau golongan !
3. Jelaskan perbedaan suku batak dengan suku sunda !
4. Sebutkan partai-partai yang ada di Indonesia !
5. Sebutkan yang termasuk golongan pribumi !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
13 dan 14
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan pengertian solidaritas mekanik dan solidaritas organik menurut pendapat Durkheim
Menjelaskan pengertian gemeinschaft dan gesseischaft menurut pendapat F. Tonnies
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian solidaritas mekanik dan solodaritas organik menurut pendapat Durkheim
2. Menjelaskan pengertian gemeinschaft dan gesseischaft menurut pendapat F. Tonnies
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengertian solodaritas mekanik dan solidaritas organik.
2. Komunitas
3. Pengertian gemeinschaft dan gesseischaft menurut pendapat F. Tonnies.
4. Kelompok sosial teratur dan kelompok sosial tidak teratur.
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang solidaritas mekanik dan solidaritas organik serta paguyuban dan patembayan. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh komunitas mekanik dan organik.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang dimaksud solidaritas mekanik ?
2. Apa yang dimaksud solidaritas organik ?
3. Apa yang dimaksud dengan komunitas ?
4. Apa yang dimaksud gemeinschaft ?
5. Apa yang dimaksud gesseischaft ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
15 dan 16
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan pengertian kelompok primer dan kelompok sekunder menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
Menjelaskan pengertian in-group dan out-group menurut pendapat W.G. Summer
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian kelompok primer dan kelompok sekunder menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
2. Menjelaskan pengertian in-group dan out-group menurut pendapat W.G. Summer
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengertian kelompok primer dan kelompok sekunder C.H. Cooley dan E. Farris.
2. Pengertian in-group dan out-group menurut W.G. Summer.
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang pengertian kelompok primer dan kelompok sekunder serta in-group dan out-group. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh kelompok primer teratur dan kelompok sekunder.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang dimaksud kelompok primer ?
2. Apa yang dimaksud kelompok sekunder ?
3. Apa yang dimaksud in-group ?
4. Apa yang dimaksud out-group ?
5. Sebutkan yang termasuk kelompok primer !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
17
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antar budaya
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan budaya dan budaya lokal menurut pengertiannya
Menjelaskan budaya menurut unsur-unsurnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian budaya dan budaya lokal
2. Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur budaya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengertian budaya dan budaya lokal
2. Unsur-unsur budaya
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang pengertian budaya dan budaya lokal serta unsur-unsur budaya. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh hasil ciptaan manusia seperti pakain dan sebagainya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang dimaksud budaya dan kebudayaan ?
2. Sebutkan unsur-unsur budaya !
3. Apa yang dimaksud budaya tradisional dan budaya modern ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
18
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antar budaya
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasikan budaya lokal berdasarkan macam-macamnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasikan budaya lokal berdasarkan macam-macamnya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Macam-macam budaya lokal di Indonesia
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh budaya betawi seperti tanjidor.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sistem kekerabatan apa yang dianut budaya batak ?
2. Apa yang dihasilkan dari budaya minangkabau ?
3. Apa yang dihasilkan dari budaya bali ?
4. Apa yang dari budaya aceh ?
5. Apa yang dihasilkan dari budaya sunda ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
19
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antar budaya
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasi masuknya budaya asing melalui dampak yang ditimbulkannya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasi masuknya budaya asing melalui dampak yang ditimbulkannya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Dampak masuknya budaya asing
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang dampak masuknya budaya asing ke Indonesia. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh mode yang berasal dari negara Perancis.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang dimaksud akulturasi ?
2. Apa yang dimaksud asimilasi ?
3. Apa yang dimaksud sintesis ?
4. Apa yang dimaksud penetrasi ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
20
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antar budaya
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasikan hubungan antar budaya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasikan hubungan antar budaya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Hubungan antar budaya
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang hubungan antar budaya. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh budaya betawi.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan sunda ?
2. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan jawa ?
3. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan islam ?
4. Bagaimana hubungan budya jawa dengan islam ?
5. Bagaiamana hubungan budaya aceh dengan islam ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
21
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendiskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasi keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasikan keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang faktor-faktor penyebab keberagaman budaya. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh faktor penyebab keberagaman budaya, seperti keberagaman suku, bahasa dan sebagainya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sebutkan faktor-faktor yang menjadi penyebab keberagaman budaya Indonesia !
2. Kenapa adat perkawinan suku betawi dengan suku sunda berbeda. Jelaskan !
3. Mengapa sistem kekrabatan akan berpengaruh terhadap adat istiadat masyarakat setempat ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
22
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendiskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
|
Indikator
|
:
|
Menganalisis keberagaman budaya berdasarkan manfaatnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menganalisis keberagaman budaya berdasarkan manfaatnya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Manfaat keberagaman budaya
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang manfaat keberagaman budaya. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh manfaat keberagaman budaya, seperti toleransi.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sebutkan manfaat keberagaman budaya !
2. Kenapa timbul multikulturalisme ?
3. Kenapa timbul toleransi antar budaya ?
4. Bagaimana bila terjadi tidak adanya toleransi antar umat?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
23
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendiskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
|
Indikator
|
:
|
Mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh budaya bali seperti subak dan ngaben.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang dimaksud budaya palang pintu yang ada di budaya betawi ?
2. Apa yang dimaksud dengan subak ?
3. Apa yang dimaksud dengan ngaben ?
4. Berikan contohnya budaya Sunda !
5. Berikan contohnya budaya Aceh yang sudah akulturasi dengan budaya Islam !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
24
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan keberagaman budaya berdasarkan masalah-masalah yang muncul
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu Menjelaskan keberagaman budaya berdasarkan masalah-masalah yang muncul
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh konflik.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Kenapa terjadi konflik antar suku. Jelaskan !
2. Kenapa terjadi akulturasi budaya. Jelaskan !
3. Kenapa terjadi asimilasi budaya. Jelaskan !
4. Kenapa terjadi sistesis budaya. Jelaskan !
5. Kenapa terjadi penetrasi budaya. Jelaskan !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
25
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
|
Indikator
|
:
|
Mendeskripsikan integrasi nasional berdasarkan kepentingan dalam NKRI
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mendeskripsikan integrasi nasional berdasarkan kepentingan dalam NKRI
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Pentingnya integrasi nasional
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang pentingnya integrasi nasional. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh integrasi nasional seperti persatuan suku jawa dengan sunda.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sebutkan manfaat adanya integrasi nasional !
2. Jelaskan bilamana terjadi konflik antar suku !
3. Jelaskan bilamana negara kita menjadi negara bagian !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
26
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasi upaya menjaga keselarasan antarbudaya berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasikan upaya menjaga keselarasan antarbudaya berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya
2. Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang peran masyarakat dan pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh peran masyarakat dalam membangun bangsa seperti mendirikan masjid, gereja dan sebagainya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Bagaimana peran masyarakat dalam melestarikan budaya nasional?
2. Bagaimana peran pemerintah dalam melestarikan budaya nasional ?
3. Kenapa masyarakata kota dengan desa toleransinya berbeda ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
27
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
|
Indikator
|
:
|
Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
Menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidupan sehari-hari
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menunjukkan cara menghargai budaya orang lain dalam sikap hidup sehari-hari
2. Siswa mampu menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidupan sehari-hari
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
II. Materi Pembelajaran
1. Menghargai budaya orang lain
2. Menjaga dan melestarikan budaya lokal
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang menghargai budaya orang lain. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh menghargai budaya batak, seperti melestarikan kain ulos.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan sunda ?
2. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan jawa ?
3. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan islam ?
4. Bagaimana hubungan budya jawa dengan islam ?
5. Bagaiamana hubungan budaya aceh dengan islam ?
6. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan sunda ?
7. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan jawa ?
8. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan islam ?
9. Bagaimana hubungan budya jawa dengan islam ?
10. Bagaiamana hubungan budaya aceh dengan islam ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
30
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
|
Indikator
|
:
|
Menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidupan sehari-hari
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidupan sehari-hari
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Menjaga dan melestarikan budaya lokal
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh melestarikan budaya suku asmat yang ada di papua.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap kelompok beranggotakan 4 orang) kepada peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a. Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b. Buku-buku Sosilogi
c. Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d. Koran
e. Majalah
f. Kliping
g. Lingkungan sekitar
VII. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan sunda ?
2. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan jawa ?
3. Bagaimana hubungan budaya betawi dengan islam ?
4. Bagaimana hubungan budya jawa dengan islam ?
5. Bagaiamana hubungan budaya aceh dengan islam ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar