Kamis, 03 Mei 2012

Prestasi Peserta Olimpade Sains Semakin Merata


Olimpiade Sains
Prestasi Peserta Olimpade Sains Semakin Merata
Ester Lince Napitupulu | Nasru Alam Aziz | Rabu, 18 April 2012 | 19:08 WIB
Dibaca: 1909
|
Share:
Dharma DexaMemasuki tahun ke-5, Olimpiade Sains Kuark 2011 diikuti oleh 82.000 siswa SD/MI dari 152 kota/kabupaten di 33 provinsi di Indonesia.
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebanyak 27.156 siswa SD/MI dari 210 kabupaten/kota di 33 provinsi lolos ke babak semifinal Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2012. Mereka terseleksi dari 86.758 peserta.
Direktur PT Kuark Internasional Sanny Djohan mengatakan, peserta yang berprestasi kini semakin merata, hingga ke daerah terpencil. "Bukan cuma anak-anak kota yang bisa berprestasi di bidang sains. Peserta yang dari daerah terpencil juga tidak kalah prestasinya," kata Sanny, Rabu (18/4/2012) di Jakarta.
Kegiatan OSK yang terbuka untuk semua siswa SD ini, kata Sanny, bertujuan untuk mengembangkan minat sains pada anak-anak sejak dini. "Melalui OSK, kami ingin menunjukkan bahwa semua anak Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk menggali potensi dirinya dan berprestasi," kata Sanny.
Program OSK yang digelar majalah komik sains Kuark ini dilakukan sejak tahun 2007. Awalnya hanya diminati 255 murid SD, yang dibagi menjadi tiga tingkat, meliputi tingkat I untuk kelas I-II, tingkat II (III- IV), dan tingkat III (V-VI). Tiap tahun peminat bertambah dan pada tahun 2012 mencapai hampir 87.000 siswa SD/MI.
Sanny menjelaskan, peserta yang masuk babak semifinal akan diseleksi lagi pada 28 April. Yang memenuhi syarat, bakal ikut berkompetisi dalam acara puncak final pada 30 Juni di Jakarta. Peserta yang berhasil di babak final akan mendapat medali emas, perak, perunggu, dan penghargaan khusus.
Menurut Sanny, di Surabaya bakal ada perusahaan sponsor yang mendukung babak semifinal yang diikuti 1.200 peserta. Perusahaan tersebut tidak hanya bakal membagikan T-Shirt, tetapi juga menciptkan permainan-permainan sains yang mengasyikkan dan dapat dipelajari dengan banyak cara.
"Di Jakarta untuk babak final juga nanti akan ada kunjungan ke pabrik atau perusahaan. Mudah-mudahan segera ada perusahaan yang membuka diri pada kunjungan generasi muda bangsa yang kelak akan jadi ilmuwan untuk memajukan negeri ini," kata Sanny.
Gatot Suarman, Ketua Pelaksana OSK 2012 Kabupaten/Kota Bima, menyatakan bahagia dan terkejut karena sebanyak 169 peserta dari Bima bisa masuk semifinal. "Walaupun berasal dari pelosok, mereka bisa membuktikan diri dalam bidnag sains. Saya optimistis, akan ada anak Bima yang lolos ke babak final," kata Gatot.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar