Sabtu, 31 Maret 2012

Berita Tentang Google di Indonesia


Ini Dia Orang Nomor Satu Google Indonesia
Tenni Purwanti | Reza Wahyudi | Sabtu, 31 Maret 2012 | 12:37 WIB
Dibaca: 14430
|
Share:
Kompas.com/Tenni Purwanti
Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia.
JAKARTA, KOMPAS.com — Saat meresmikan kehadirannya di Indonesia, Google juga mengumumkan penunjukan Rudy Ramawy sebagai Country Head Indonesia pada Jumat (30/3/2012) di Jakarta.

"Pembicaraan dengan Google cukup panjang, sekitar satu tahun. Tapi secara resmi saya mulai masuk tim Google Indonesia pada Januari 2012. Hari ini, saya resmi menjabat sebagai Country Head," jelas Rudy dalam jumpa pers di Gedung Cyber 2, Jakarta.

Rudy Ramawy akan memimpin Google Indonesia untuk lebih mendekatkan diri kepada pengguna, mitra kerja, dan para stakeholder di Indonesia.

Tentang Rudy Ramawy
Rudy mendapat gelar sarjana di bidang Teknik Kimia dari University of California, Barkeley. Ia memulai karier di Procter and Gamble tahun 1994.

Pada tahun 1997, Rudy menjadi Direktur Sales and Marketing Sony Music Entertainment Indonesia. Tahun 1999, ia direkrut menjadi Managing Director untuk Warner Music Malaysia yang berkantor di Kuala Lumpur.

Rudy kembali ke Indonesia pada tahun 2003 dan bergabung kembali dengan Sony Music Entertainment Indonesia sebagai President Director dan sekaligus sebagai Regional Marketing Director untuk Asia Tenggara.

Tahun 2005, Rudy bergabung dengan Nantrindo Telepon Seluler (pemilik operator seluler Axis) sebagai Direktur dan Chief Marketing Officer.

Sebelum bergabung dengan Google, Rudy menjabat sebagai Direktur Programming dan Production RCTI.
Pemerintah Minta Google Bangun Server di Indonesia
Didik Purwanto | Reza Wahyudi | Sabtu, 31 Maret 2012 | 09:18 WIB
Dibaca: 5096
|
Share:
telepgraph.co.uk
Kantor pusat Google di California
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mendesak Google untuk membangun data center di Indonesia. Harapannya, biaya koneksi internet di Tanah Air bisa menjadi lebih murah.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi, saat membacakan pidato sambutan dari Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menjelaskan, pembangunan server itu juga sekaligus akan menjadi bukti komitmen Google di Indonesia.

"Harapannya Google mau membangun data center di Indonesia. Dengan semakin rendahnya biaya broadband, maka akan menghemat biaya operasional bisnis di sini," kata Bachrul selepas pembukaan kantor virtual Google di Indonesia di Gedung Cyber 2 Jakarta, Jumat (30/3/2012).

Pembangunan data center oleh Google di Indonesia ini dinilai perlu oleh pemerintah karena Indonesia merupakan pasar yang penting bagi perusahaan asing, tidak terkecuali Google.

Apalagi, dengan jumlah penduduk Indonesia melebihi 240 juta dan pertumbuhan internet sekitar 30 persen pada tahun 2011, maka hal tersebut juga tidak bisa dianggap hal yang remeh bagi Google.
Google juga dinilai aktif membangun usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia dengan menyelenggarakan Business Lokal Go Online, yaitu menyediakan sekitar 100.000 domain gratis bagi UKM di Indonesia dalam memasarkan usahanya.
Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy mengaku bahwa Google telah membangun data center di Singapura, Taiwan, dan Hongkong.

"Ketiganya itu sudah mampu meningkatkan layanan internet lebih cepat dan lebih baik, termasuk di Indonesia. Ketiganya untuk meng-cover Asia Pasifik," jelasnya.
Google Buka Kantor, Tak Ada Menteri yang Datang
Didik Purwanto | Tri Wahono | Sabtu, 31 Maret 2012 | 00:50 WIB
Dibaca: 10826
Komentar11
|
Share:
Kompas.com/Didik Purwanto
Dari kanan, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scott Marciel, Managing Director Google South East Asia Julian Persaud, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi dan Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy saat pembukaan kantor virtual Google di Indonesia, Gedung Cyber 2, Jakarta, Jumat (30/3/2012)
JAKARTA, KOMPAS.com — Tak satu pun menteri yang tampak dalam pembukaan kantor Google secara resmi di Indonesia, Jumat (30/3/2012) di Jakarta. Berdasarkan informasi, Google sebenarnya telah mengundang tiga menteri, yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring. Namun, hingga saat acara berlangsung, tidak satu pun menteri yang datang.
"Semua menteri tidak bisa hadir, mungkin sedang sibuk," kata Indonesia Country Consultant Google Henky Prihatna kepada Kompas.com saat pembukaan kantor virtual Google di Jakarta, Jumat (30/3/2012).
Dalam acara pembukaan kantor virtual Google di Indonesia, ternyata hanya ada pejabat yaitu Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto, dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scott Marciel.
Sementara perwakilan Google yang datang adalah Managing Director Google South East Asia Julian Persaud dan Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy.
Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo Gatot S Dewa Broto menjelaskan, pihak kementerian telah mendapatkan undangan dari Google. "Pak Tifatul diundang kok, tetapi karena ada sesuatu maka tidak memungkinkan datang," jelasnya
Masuk Indonesia, Google Ternyata Belum Punya Kantor
Tenni Purwanti | Reza Wahyudi | Jumat, 30 Maret 2012 | 17:56 WIB
Dibaca: 8033
|
Share:
Kompas.com/Tenni Purwanti
Peresmian tim Google Indonesia sekaligus perkenalan Country Head Google Indonesia, di Jakarta, Jumat (30/3/2012)
JAKARTA, KOMPAS.com - Google resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia pada hari ini, Jumat (30/3/2012).

Namun, kantor Google Indonesia baru akan diresmikan pada bulan April ini dan lokasi kantornya pun masih dirahasiakan.

"Untuk kantor, sedang dalam pembangunan. Kami belum bisa publikasikan dimana tempatnya. Kira-kira diresmikan April 2012," ujar Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia dalam jumpa pers di Gedung Cyber 2, Jakarta, Jumat (30/3/2012).

Menurut Rudy, kehadiran kantor Google Indonesia secara fisik tidak merupakan prioritas, karena selama ini, semua kegiatan dilakukan secara virtual.

Untuk kawasan Asia Pasifik misalnya, ada kantor di Singapura dan Taiwan yang bisa mendukung kegiatan operasional.

"Tenaga-tenaga ahli di bidangnya bisa membantu dari mana saja secara virtual tanpa batasan negara," tambahnya.
Google Resmi Berkantor di Indonesia
Tenni Purwanti | Reza Wahyudi | Jumat, 30 Maret 2012 | 17:43 WIB
Dibaca: 14502
|
Share:
telepgraph.co.uk
Kantor pusat Google di California
KOMPAS.com — Google resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia pada hari ini, Jumat (30/3/2012). Pembukaan kantor tersebut menandai keseriusan Google untuk berinvestasi di Tanah Air.
Google hadir di Indonesia adalah agar Google bisa lebih dekat dengan mitra-mitranya di Indonesia, seperti developer, pengiklan, dan operator. Selain itu, Google juga menawarkan layanan internet yang membuat kegiatan sehari-hari para pengguna di Indonesia menjadi lebih mudah.

"Sebetulnya Google masuk Indonesia sudah sejak lama, yakni sejak diresmikannya Google.co.id. Peresmian tim Google Indonesia merupakan strategi lanjutan dari apa yang sudah dilakukan Google untuk Indonesia, untuk menambah pengalaman berinternet masyarakat Indonesia," ujar Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia, dalam jumpa pers di Gedung Cyber 2, Jakarta, Jumat (30/3/2012).

Layanan berbahasa Indonesia yang telah dimiliki Google adalah Google Maps Indonesia, Google Terjemahan, dan juga toko Chrome Web Store yang diluncurkan bulan Februari 2012 lalu. Dalam Web Store ini, Google telah merangkul developer-developer lokal untuk mengembangkan aplikasi buatannya.

Tim Google Indonesia juga akan meningkatkan kerja sama dengan para pengusaha lokal dalam menjalankan berbagai program, seperti program Bisnis Lokal Go Online yang telah diluncurkan bulan Januari 2012 lalu.

Google telah bermitra dengan Bakrie Connectivity, APTIKOM, Melsa, dan Multiply.com untuk mengedukasi usaha kecil dan menengah (UKM).
Akhirnya... Google Buka Kantor di Indonesia
Didik Purwanto | Tri Wahono | Kamis, 22 Maret 2012 | 19:07 WIB
Dibaca: 20168
Komentar18
|
Share:
telepgraph.co.uk
Kantor pusat Google di California
JAKARTA, KOMPAS.com — Google akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia. Pembukaan kantor tersebut menandai keseriusan Google untuk berinvestasi di Tanah Air.
Seperti dilansir situs DailySocial, Google telah menyebar undangan kepada media dan pihak terkait untuk menghadiri pembukaan kantor perwakilan Google di Indonesia sekaligus pembukaan resmi operasi Google di Indonesia.
Acara tersebut akan berlangsung di Cyber 2 Tower Jalan HR Rasuna Said Blok X-5 Kuningan, Jakarta Selatan, pada Jumat, 30 Maret 2012 mulai pukul 13.00 WIB.
Rencananya, dalam acara ini akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Managing Director Google Southeast Asia Julian Persaud.
Selain meresmikan peluncuran kantor Google di Indonesia, Google juga akan menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan Country Head Google untuk Indonesia.
Kabarnya, mantan Direktur MNC Rudy Ramawy akan bergabung dengan Google untuk memimpin operasional Google di Indonesia. Selain itu, juga diperkenalkan Krishna Zulkarnaen sebagai Chief Marketing Google Indonesia.
Sekadar catatan, Google memang telah merencanakan untuk membuka kantor perwakilan di Indonesia. Bahkan sebelum kantor Google resmi beroperasi di Tanah Air, raksasa internet tersebut telah melakukan peluncuran produk-produknya di Indonesia


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar